Ide Membuat Bingkai Photo yang Unik dan Kreatif Dari Kardus Bekas dan Tali

Photo merupakan secarik kertas yang berisikan gambar diri kita yang diabadikan dalam sebuah momen tertentu. Dengan adanya photo maka kita semua bisa mengingat dan mengenang momen-momen yang telah terjadi. Biasanya momen-momen yang sering diabadikan yakni momen spesial seperti pernikahan, ulang tahun dan yang lainnya.

Namun, sekarang seiring dengan berkembangnya zaman maka semua bidang pun ikut berkembang salah satunya bidang teknologi. Perkembangan zaman seperti ini membuat teknologi semakin canggih saja, ya hal ini bisa kita buktikan sendiri dengan banyak ditemukannya gadget atau hp yang menyediakan aplikasi kamera. Untuk itu sekarang ini berphoto bukanlah ketika pada momen tertentu saja, namun kini kita bisa berphoto kapanpun menginginkannya dengan menggunakan hp. Dengan photo atau gambar diri ini biasanya semua orang berlomba-lomba untuk menampilkan yang terbaik dari dirinya, bahkan sekarang ini telah tersedia sebuah akun instagram untuk mengunggah dan memamerkan photo masing-masing.

Selain disimpan dan diunggah pada akun tentunya kita juga memerlukan photo untuk dipajang di rumah bukan? Ya, hal ini juga dilakukan sekaligus untuk mendekorasi rumah agar terlihat lebih mempesona. Ketika hendak memajang photo pastinya kita tidak bisa terlepas dari bingkai photo, karena jika menempelkannya dengan cara yang cuma-cuma maka akan mempengaruhi penampilan rumah kita.

Dewasa ini banyak sekali orang yang memproduksi bingkai photo untuk dijual dan dijajakan di toko-toko. Mulai dari harga yang rendah hingga yang tinggi sekalipun kini sudah tersedia. Namun, sebenarnya tanpa membeli pun kita bisa mendapatkan bingkai photo ini yaitu dengan membuatnya sendiri. Selain hemat, membuat bingkai sendiri juga bisa disesuaikan dengan selera atau keinginan masing-masing. Seperti halnya sekarang ini, kami disini memiliki tutorial bingkai photo unik yang bisa and kerjakan sendiri di rumah. Bingkai photo ini hanyalah terbuat dari bahan-bahan bekas yang sederhana, namun meskipun begitu hasil yang akan didapatkan sangatlah menarik, tidak hanya membuat photo anda menjadi lebih mempesona tetapi ruangan rumah anda juga akan disulap menjadi lebih indah. Di bawah ini merupakan alat dan bahan, serta tutorial bingkai photo unik yang bisa anda simak.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

  • Photo yang akan ditempelkan pada bingkai
  • Kardus secukupya
  • Tali/benang kasur/benang wol
  • Lakban bening atau lakban kertas
  • Gunting
  • Cutter
  • Pensil atau pen
  • Lem tembak
  • Kertas
  • Penggaris

Tutorial Bingkai Photo yang Unik dan Cantik

1. Langkah pertama yaitu, ambil kertas yang telah disiapkan, lalu cetak bentuk dan ukuran photo yang telah disiapkan pada kertas tersebut. Setelah itu, gunting bentuk photo pada kertas lebih kecil dibandingkan dengan ukuran photo sebenarnya.
2. Selanjutnya, ambil kardus yang telah disiapkan lalu cetak kertas yang sebelumnya telah digunting pada kardus tersebut. Lebihi lebar kardus dan tinggi kardus dari kertas kira-kira 4 cm untuk sekelilingnya. Kemudian gunting kardus sesuai dengan bentuk dan ukuran yang telah dibuat, lalu potong bentuk persegi panjang bagian dalam pada kardus tersebut dengan menggunakan cutter. Buat dua kardus dengan bentuk seperti ini dan tempelkan menjadi satu.
3. Setelah itu, ambil tali atau benang kasur dan tempelkan ujung tali tersebut pada kardus dengan menggunakan lem. Selanjutnya bungkus seluruh bagian kardus dengan tali tersebut hingga permukaan dari kardus tidak terlihat. Ketika membungkusnya aplikasikan sedikit demi sedikit lem pada kardus agar tali bisa merekat dengan sempurna dan tidak terlepas kembali
4. Langkah yang terakhir yaitu, tempelkan photo pada bingkai tersebut dan rekatkan bagian belakang photo dengan menggunakan lakban yang telah disiapkan.

Itulah tutorial yang bisa anda simak. Setelah menyimak tutorial di atas tidak ada salahnya anda menyimak tips dan saran di bawah ini.

Tips dan Saran

Jadilah Pribadi yang Kreatif

Ketika mendaur ulang barang bekas seperti halnya sekarang ini maka anda dituntut untuk kreatif agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih. Kekreatifan seseorang dan yang lainnya biasanya memiliki perbedaan, untuk itu dalam hal inilah kesempatan untuk anda dalam menonjolkan kelebihan yang anda miliki. Misalkan pada bingkai photo yang telah dibuat ini anda bisa menambahkan kreasi lain agar bingkai photo terlihat lebih menarik lagi, seperti menambahkan pernak pernik pada setiap sisi bingkai tersebut, atau bisa saja anda menambahkan bunga dengan ukuran kecil pada setiap sudut-sudut bingkai tersebut.

Berani Bermain Warna

Semakin banyak warna maka semakin menarik hasil yang akan didapatkan. Untuk itu jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih menarik lagi anda harus berani bermain warna. Bermain warna disini maksudnya yaitu anda bisa memanfaatkan tali dengan warna yang lainnya, atau bisa saja anda menggunakan tali bukan hanya satu warna saja melainkan beberapa warna. Jika memungkinkan anda bisa meggunakan warna tali yang berbeda untuk setiap photo yang akan anda pajang.

Mencoba Bentuk Lain

Pada umumnya bingkai photo ini memiliki bentuk persegi panjang atau mengikuti bentuk photo. Namun, jika merasa bosan dengan bentuk seperti itu maka anda bisa mencoba bentuk lainnya seperti bentuk hati, bentuk bulat dan bentuk-bentuk unik lainnya sesuai dengan selera. Jika bingkai tersebut anda buat khusus untuk adik atau anak anda, maka anda bisa meminta keinginannya agar anda bisa membuatkan bingkai dengan bentuk sesuai apa yang dia inginkan.

Saran Penyimpanan

Bingaki photo yang telah dibuat tersebut cocok disimpan diberbagai ruangan rumah, misalkan anda menyimpanya di dinding ruang tamu, kamar dan lainnya. Tidak hanya bisa ditempelkan pada dinding saja tetapi bingkai ini juga cocok disimpan di atas meja di sudut ruang tamu rumah anda atau pada lemari kaca anda. Tidak hanya itu, anda juga bisa menyimpan beberapa photo dengan ukuran yang lebih kecil pada bingkai tersebut. Selain itu anda juga tidak harus menyimpan bingkai photo ini secara tunggal, karena anda bisa menggabungkan beberapa buah bingkai.

Memanfaatkan barang bekas akan lebih berarti dibandingkan jika kita harus membelinya. Selain bisa menghasilkan suatu barang yang unik, maka kita juga bisa mengurangi jumlah sampah dalam setiap tahunnya. Selain itu kita juga bisa membantu untuk mengurangi terjadinya bencana seperti banjir yang disebabkan oleh timbunan sampah. Mulai dari sekarang yuk ajak saudara dan teman-teman anda agar bisa manfaatkan barang-barang bekas dan tidak membuangnya dengan cara yang cuma-cuma.

 

Berikut Video yang Bisa Anda Saksikan

Loading...

Loading...