Memiliki rumah yang indah merupakan dambaan untuk semua orang. Dengan rumah yang indah dipercaya dapat membuat pemiliknya menjadi lebih nyaman untuk tinggal disana, selain itu rumah yang indah juga bisa membuat siapa saja orang yang melihatnya merasa kagum dan tentunya hal tersebut dapat membuat bangga seseorang yang memilikinya. Nah, untuk membuat rumah seperti itu tentunya hal-hal yang mendukung haruslah dipenuhi, mulai dari design rumah yang bagus, pemilihan warna rumah yang sesuai, juga hal-hal lain yang mendukungnya. Namun, selain itu penampilan di dalam rumah juga tentunya tidak boleh dilupakan, karena tidak mungkin penampilan di luar rumah indah namun di dalam rumah tidak diperhatikan bukan? Dan jika seperti itu tentunya akan mustahil saja usaha membuat tampilan rumah menjadi indah dan menarik. Karena itu sama halnya jika penampilan seseorang diluar cantik, namun hatinya tidak baik dan tentunya itu akan mempengaruhi semuanya begitu juga dengan rumah. Baca juga: Desain rumah minimalis

Untuk membuat tampilan dalam rumah menjadi indah biasanya yaitu dengan mendekorasi rumah sedemikian rupa. Mulai dari pemilihan barang yang menarik dan juga penempatan barang tersebut dalam setiap ruangan. Namun tidak hanya itu, keindahan di dalam rumah juga bisa diciptakan dengan disimpannya hiasan-hiasan seperti foto, lukisan, lampu yang unik dan juga disimpannya vas dengan bunga-bunga yang indah di atasnya dalam setiap ruangan. Dan untuk memenuhinya memang pada saat ini banyak sekali di luar sana orang yang menjual berbagai macam jenis bunga tertentu untuk menghiasi setiap sudut ruangan rumah kita. Baik itu bunga asli maupun bunga palsu pun kini sudah tersedia. Namun, biasanya kebanyakan orang terutama ibu-ibu rumah tangga lebih memilih membeli bunga palsu, ya mengapa tidak karena jika membeli bunga asli untuk disimpan di dalam ruangan tentunya bunga tersebut tidak akan bertahan lama dan justru hanya akan mencemari ruangan saja.

Baca Juga:

Nah, untuk mendapatkan bunga palsu yang digunakan untuk menghiasi ruangan di dalam rumah sebenarnya anda tidak usah susah-susah membeli. Mengapa? Ya, karena bunga tersebut bisa dibuat sendiri di rumah. Jika anda membuat bunga ini sendiri di rumah anda bisa membuatnya berapun jumlah bunga tersebut sesuai dengan keinginan anda dan tentunya cara ini akan lebih menghemat dibandingkan dengan harus membeli langsung bunga yang sudah jadi. Anda penasaran bagaimana tutorial membuat bunga hiasan tersebut? Nah, jika anda penasaran dan ingin mencobanya alangkah baiknya anda langsung simak bahan-bahan yang diperlukan serta tutorialnya di bawah ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

  • Kertas tisu berwarna hijau dan warna lain secukupnya
  • Koran secukupnya
  • Kawat
  • Lem
  • Styrefoam bulat
  • Gunting
  • Obeng
  • Lem panas

Tutorial Bunga Dari Kertas

1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu, lipat kertas tisu yang telah disiapkan dengan ukuran 5x5 cm seperti pada gambar di atas. Lalu, gunting sisi-sisi yang menyatu pada kertas tisu tersebut agar kertas tisu bisa terpisah.
2. Setelah itu, lipatkan kertas tisu hingga menjadi bentuk segitiga dan lipatkan hingga 3 kali lipatan. Lalu potong pada salah satu sudut segitiga tersebut seperti pada gambar di atas, lalu buka semua kertas tisu tersebut hingga pada akhirnya akan berbentuk kelopak bunga.
3. Selanjutnya, lipat kertas tisu berwarna hijau hingga beberapa kali lipatan dan potong hingga berbentuk persegi panjang. Lalu, bungkus sedikit kawat bagian atas yang telah disiapkan dengan kertas tisu berwarna hijau tersebut dan rekatkan dengan lem agar tidak terlepas. Kemudian, ambil salah satu kelopak bunga yang telah dibentuk dan aplikasikan lem pada bagian tengah kelopak tersebut. Lalu, lipat kelopak bunga tersebut menjadi dua bagian dan aplikasikan lagi lem di tengah-tengah lipatan kelopak bunga tersebut, selanjutnya tempelkan kawat bagian atas yang telah dibungkus pada bagian kelopak yang telah diaplikasikan lem. Kemudian, lipatkan kelopak tersebut melingkari kawat tersebut dengan diberikan sedikit tekanan agar bagian kelopak satu dan lainnya menyatu. Setelah itu, rapikan bagian atas kelopak bunga tersebut, lalu cabut kawat pada kelopak itu, dan satukan bagian kelopak satu dan lainnya yang masih terpisah dengan menggunakan lem. Lakukan cara yang sama untuk lembaran kelopak lainnya.
4. Selanjutnya, ambil kawat yang lain dan potong kawat menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama panjang. Lalu, bungkus seluruh kawat dengan menggunakan beberapa lembar koran yang telah dipotong berbentuk persegi panjang. Lalu, bungkus kembali kawat yang sebelumnya telah dibungkus oleh koran dengan menggunakan kertas tisu berwarna hijau sebagai tangkai.
5. Setelah itu, lubangi styrofoam berbentuk bulat dengan menggunakan obeng yang telah disiapkan sebelumnya. Lalu, masukan tangkai bunga pada lubang tersebut, kemudian lem dengan menggunakan lem panas.
6. Aplikasikan seluruh bagian styrofoam dengan lem, lalu lapisi dengan menggunakan kertas tisu berwarna ungu hingga warna dasar dari styrofoam tidak terlihat. Lalu, aplikasikan lem kembali dan tempelkan kelopak-kelopak bunga yang telah dibentuk pada seluruh bagian styrofoam.
7. Kemudian, potong kertas tisu berwarna hijau hingga berbentuk persegi panjang. Lalu, lipatkan menjadi berbentuk segitiga, dan potong sedikit tepi-tepi segitiga tersebut, sedangkan pada sudut atas potong dengan arah melengkung. Potong kembali tepi-tepi kertas tisu tersebut dengan menggunakan gunting bergerigi, setelah itu buka dan jadilah bentuk daun. Setelah itu tempelkan kertas berbentuk daun tersebut di depan dan belakang pada kawat yang telah dibungkus dengan kertas tisu berawarna hijau. Agar daun terlihat lebih natural maka kerutkan daun tersebut di dalam lipatan kain.
8. Setelah itu, tempelkan daun tersebut pada batang bunga dengan membungkus bagian kawat daun dengan kertas tisu berwarna hijau. Dan simpan bunga tersebut pada vas yang telah tersedia.

Tips dan Saran

Kreatif

Nah, agar bunga yang dibuat lebih cantik dan menarik lagi, maka dalam hal ini anda membutuhkan kekeratifan. Kekreatifan disini maksudnya anda tidak harus selalu terpacu dengan tutorial di atas. Dimana anda bisa mengganti warna bunga sesuai dengan selera anda. Tidak hanya itu, anda juga bisa  memilih styrofoam dengan ukuran yang lebih kecil lagi sehingga bunga yang dihasilkan akan lebih kecil pula, dan anda bisa menyimpan beberapa bunga pada vas. Pemilihan vas juga sangatlah menentukan keindahan, dimana agar lebih indah anda bisa menyimpan bunga tersebut pada vas yang indah pula.

Saran Penyimpanan

Bunga yang telah anda buat tersebut tentunya tidak akan disimpan secara sembarangan bukan? Nah, untuk itu anda perlu memperhatikan letak penyimpanan bunga ini. Anda bisa menyimpan bunga tersebut di ruangan mana pun yang anda mau, misalkan pada meja di ruang tamu, meja di teras rumah atau ditempat lainnya. Selain disimpan dalam pas dan dijadikan hiasan rumah, bunga ini juga sangat cocok dijadikan sebagai hiasan dalam bingkai foto atu mungkin anda jadikan hiasan pada kado untuk teman, sahabat dan keluarga anda.

 

Berikut Video yang Bisa Anda Saksikan

 
Loading...

Loading...