Ide Membuat Rak Majalah Atau Buku Dari Karton Bekas yang Unik, Cantik dan Praktis

Ide Membuat Rak Majalah Atau Buku Dari Karton Bekas yang Unik, Cantik dan PraktisMemiliki rumah yang indah, bersih dan tertata rapi tentunya adalah impian untuk semua orang. Nah, biasanya untuk menata rumah sedemikian rupa agar bisa terlihat indah para pemiliknya membeli barang-barang yang diyakini dapat membuat tampilan rumah mereka menjadi lebih indah dan juga menarik. Bahkan ada sebagian orang yang rela mengeluarkan kocek yang tidak sedikit demi membeli semua barang-barang mulai dari barang sederhana sampai barang yang mewah sekalipun. Dan memang inilah faktanya, di zaman seperti sekarang ini semua orang berlomba-lomba untuk menampilkan yang terbaik, dan itu semata-mata karena gengsi yang dimilikinya. Selain itu, pada zaman sekarang juga semua orang khususnya wanita memiliki pola belanja yang sudah tidak bisa terkontrol lagi.

Nah, sebanarnya jika kita kreatif dan bisa memanfaatkan barang yang ada, kita semua bisa membuat barang-barang sederhana untuk di rumah kita. Tentunya dengan cara ini kita bisa lebih menghemat, dan uangnya bisa dibelikan akan kebutuhan yang lainnya. Salah satu barang yang sederhana yang bisa kita buat sendiri ini misalkan rak atau tempat menyimpan majalah dan buku-buku yang lainnya. Nah, meskipun pada umumnya harga barang ini relatif murah namun alangkah baiknya anda membuatnya sendiri di rumah. Anda bisa membuat barang ini berapa pun yang diinginkan, karena bahan-bahan yang diperlukannya juga sangatlah sederhana juga tidak akan membuat anda harus mengeluarkan uang yang banyak.

Dengan adanya rak sederhana ini akan membuat rumah tampak rapi, karena ini akan menghindari anda untuk menyimpan majalah ataupun buku-buku yang lainnya secara sembarangan. Rak ini juga bisa dibuat khusus bagi anak ataupun adik anda untuk menyimpan buku-buku pelajaran sekolah. Nah, penasaran bagaimana cara membuatnya? Untuk itu sebaiknya anda langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

  • 2 buah karton bekas makanan
  • 1 lembar kertas kado
  • Lem secukunya
  • Selotif secukupnya
  • Gunting

Apabila alat dan bahan seperti di atas sudah disiapkan, sekarang anda bisa langsung simak tutorialnya di bawah ini.

Tutorial Rak atau Tempat Majalah Dari Karton Bekas yang Unik, Cantik dan Praktis

Ide Membuat Rak Majalah Atau Buku Dari Karton Bekas yang Unik, Cantik dan Praktis1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu, ambil salah satu karton yang telah disiapkan sebelumnya, kemudian potong bagian sisi atas sebelah kanan dengan menggunakan gunting, dan ulangi cara yang sama untuk sisi karton sebelah kiri. Lakukan langkah ini untuk karton yang lain.  Lalu, ambil salah satu karton yang telah dipotong dan jika bagian karton telah terbuka, kemudian gunting kembali sedikit bagian karton sebelah atas seperti pada gambar di atas.
Ide Membuat Rak Majalah Atau Buku Dari Karton Bekas yang Unik, Cantik dan Praktis2. Setelah itu, gunting karton bagian depan beberapa cm dari permukaan seperti pada gambar di atas pada karton yang sama.
Ide Membuat Rak Majalah Atau Buku Dari Karton Bekas yang Unik, Cantik dan Praktis3. Lalu, ambil karton lainnya yang telah kita potong sebelumnya, kemudian potong bagian depan karton tersebut. Jika pada karton yang lainnya dipotong beberapa cm dari permukaan, berbeda dengan karton satu ini. Dimana pada karton yang satu ini anda diharuskan memotong tepat pada permukaan bawah seperti pada gambar di atas ini, lalu potong sedikit bagian atas karton tersebut.
Ide Membuat Rak Majalah Atau Buku Dari Karton Bekas yang Unik, Cantik dan Praktis4. Setelah itu, satukan karton yang telah kita proses tadi dengan arah berhadapan hingga membentuk ruang seperti pada gambar dan rekatkan dengan menggunakan selotif agar ke dua karton tersebut tidak terlepas. Selanjutnya, rekatkan juga bagian bawah karton dengan  menggunakan selotif.
Ide Membuat Rak Majalah Atau Buku Dari Karton Bekas yang Unik, Cantik dan Praktis5. Kemudian, potong sisi karton yang telah dibentuk pada bagian sisi karton sebelah kanan hingga setengah tinggi karton tersebut, lalu potong bagian karton yang tidak diperlukan seperti gambar di atas.
Ide Membuat Rak Majalah Atau Buku Dari Karton Bekas yang Unik, Cantik dan Praktis6. Lalu, potong badan karton bagian depan dan belakang karton dengan arah menyerong. Setelah itu, buka kertas kado yang telah disiapkan, lalu lem seluruh bagian karton dan bungkus karton tersebut dengan rapi. Nah, dengan begitu rak atau tempat menyimpan majalah sudah selesai, dan yang terakhir anda bisa menambahkan hiasan lainnya agar tampilannya lebih menarik.

Itulah tutorial rak atau tempat untuk menyimpan majalah dan buku lainnya. Setelah anda menyimak tutorial di atas, tidak ada salahnya anda menyimak tips dan saran di bawah ini.

Tips dan Saran

Pemilihan Karton

Nah, dalam hal ini pemilihan karton sangatlah penting. Disini anda dituntut untuk memilih karton dengan kualitas yang baik, karena kualitas karton ini menentukan umur atau panjangnya waktu tempat majalah ini bisa digunakan. Anda juga perlu memperhatikan ukuran dari karton yang anda pilih, karena semakin besar karton yang anda pilih maka semakin besar pula ukuran tempat majalah yang anda buat, dan begitu pula dengan sebaliknya.

Pemilihan Kertas Kado

Selain karton pemilihan kertas kado juga sangatlah penting. Meskipun tidak ada anjuran untuk menggunakan kertas kado seperti apa, tetapi jika anda ingin membuat tempat majalah menjadi lebih cantik maka pilihlah kertas kado dengan motif yang menarik dan bisa disesuaikan dengan tema ruangan atau untuk siapa tempat majalah tersebut anda buat. Misalkan jika tempat tersebut dibuat khusus untuk anda, maka anda bisa memilih kertas kado dengan motif bunga atau yang lainnya sesuai selera anda. Jika tempat majalah tersebut dibuat untuk suami anda, maka pilihkan bungkus kado yang sesuai dengan tema laki-laki atau bisa saja anda pilih kertas kado dengan motif batik. Nah, jika tempat majalah tersebut dibuat khusus untuk anak ataupun adik, maka anda bisa memilih kertas kado dengan motif animasi atau gambar kartun lainnya.

Kreatif

Kreatif juga merupakan syarat yang harus dipenuhi, karena jika anda kreatif maka ini akan menentukan hasil tempat majalah yang anda buat. Nah, jika menginginkan tempat majalah yang dibuat menjadi lebih menarik lagi maka anda bisa menghias tempat majalah tersebut dengan berbagai macam aksesoris. Dan anda bisa memilih aksesoris apapun sesuai dengan selera, dan tentunya pemilihan aksesoris ini juga perlu disesuaikan dengan tema atau untuk siapa tempat majalah ini anda buat seperti halnya pemilihan kertas kado.

Nah, itulah tips dan saran yang mungkin bisa membantu. Memanfaatkan barang bekas akan lebih baik dibandingkan jika kita harus membuangnya. Dengan hal ini juga maka kita akan membantu mengurangi pemasokan jumlah sampah, sehingga dapat menghindari terjadinya bencana yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh timbunan sampah. Selain barang yang dihasilkan bermanfaat untuk diri sendiri, tindakan kita dalam memanfaatkan barang bekas juga bermanfaat untuk kelestarian bumi kita.

 

Berikut Video yang Bisa Anda Simak

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)