Ide Membuat Rak Serbaguna Dari Kaleng Cat BekasSeringkali kita dibuat pusing ketika peralatan atau perabotan dirumah mengalami kerusakan. Hal seperti ini tentu saja akan membuat daftar belanjaan semakin banyak dan membuat keuangan yang harus kita keluarkan menjadi semakin banyak. Hanya saja, keuangan bulanan yang seringkali tidak cukup untuk menunjang hal-hal yang tidak terduga seperti kerusakan tersebut tentu akan membuat kita merasa pusing bagaimana mencari solusi untuk mengatasi hal demikian. Sehingga pada akhirnya, dengan terpaksa kita harus mengorbankan kebutuhan lain dan mengalokasikan uang tersebut untuk membeli peralatan atau perabotan yang rusak dirumah. Terlebih lagi jika anak anda tiba-tiba sakit atau masih ada kebutuhan yang belum terpenuhi. Ahhh, sudah pasti hal ini akan sangat memusingkan dan membuat anda kebingungan bagaimana mengalokasikan keuangan untuk hal seperti ini.

Nah, berbicara mengenai perabotan rumah yang seringkali mengalami kerusakan maka mungkin alternatif lain adalah dengan memperhatikan kualitas peralatan sewaktu anda membelinya. Barang yang memiliki kualitas tinggi mungkin memiliki masa pakai yang lebih lama sehingga kerusakan bisa dikurangi. Dengan demikian, sebaiknya sebelum anda membeli barang, ada baiknya pertimbangkan dulu kualitasnya. Jangan sampai, karena harga yang murah membuat anda lantas tergiur untuk membelinya.

Baca Juga:

Selain itu, ketika anda mendapati barang-barang dirumah rusak atau perbotan anda mengalami kendala, ada baiknya jangan dulu dibuang dan cepat memutuskan untuk membeli yang baru. Bukan hanya akan membuang banyak uang, hal ini juga akan membuat anda semakin kesulitan mengalokasikan keuangan.

Ada baiknya, lihat kembali dan pertimbangkan untuk memperbaikinya. Jika kerusakan yang didapat hanyalah berupa kerusakan kecil dan anda merasa bisa memperbaikinya sendiri, maka tidak ada salahnya melakukannya. Dengan demikian perabotan bisa kembali digunakan dan tak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun, jika anda merasa kerusakan tersebut parah, cobalah bawa ke tukang reparasi atau ahlinya, jangan malu menggunakan barang rusak yang diperbaiki. Yang terpenting adalah tidak terlalu banyak keuangan yang anda keluarkan dan barang-barang bisa anda kenakan kembali.

Ada begitu banyak perabotan dan peralatan yang ada dirumah yang memiliki fungsi yang berbeda-beda diantaranya untuk memasak, membersihkan rumah dan menyimpan sesuatu seperti lemari atau rak. Berbicara mengenai rak, biasanya tempat ini digunakan untuk menyimpan barang-barang seperti buku, majalah, gelas-gelas dan sebagainya. Hanya saja, biasanya kita seringkali kesulitan sewaktu mau menyimpan barang-barang yang kecil. Ukuran rak yang terlalu besar, umumnya sering digunakan untuk menyimpan barang-barang dengan ukuran yang besar pula, sehingga membuat barang-barang berukuran kecil yang kita letakan menjadi tertindih atau terutupi yang pada akhirnya membuat kita kesulitan sewaktu ingin mengambil atau mencari barang tersebut.

Hanya saja, jika anda membeli rak berukuran kecil, maka mungkin anda harus siap dengan bugdet yang harus dipersiapkan. Rak berukuran kecil biasanya bisa anda dapatkan di toko meubel atau mall-mall. Namun selain membeli, mengapa tidak kita buat sendiri rak kecil tersebut? Tentunya dibuat dari barang-barang bekas yang mudah anda jumpai. Selain akan menghemat biaya, anda juga bisa me-recycle barang-barang bekas menjadi sesuatu yang berguna. Sementara untuk caranya tentu saja begitu mudah dan simple. Nah, untuk mempermudah anda melakukan tutorial kali ini, maka kita simak terlebih dahulu hal apa saja yang harus anda lakukan sebelum memulai tutorial kali ini.

Tips yang Harus Anda Lakukan Sebelum Membuat Rak Serbaguna

Luangkan Waktu

Mengingat rak serbaguna ini akan kita buat langsung sendiri, maka akan dibutuhkan waktu untuk membuatnya. Jika anda adalah wanita karir atau ibu rumah tangga yang sibuk dengan pekerjaan rumah dan menjaga anak-anak, maka sebaiknya atur terlebih dahulu waktu dan buat jadwal kapan anda akan mulai membuatnya. Dengan demikian, pembuatan rak ini tidak akan terkendala atau bercampur dengan waktu anda bersama dengan keluarga.

Persiapkan Barang dan Bahan

Mengingat barang yang akan kita buat berbentuk perabotan rumah seperti rak. Maka mungkin bahan-bahan yang akan anda butuhkan bisa anda dapatkan ditoko bangunan. Untuk itu, mempersiapkan barang dan bahan sebelum memulai tutorial akan mempermudah anda.

Perhatikan Kehati-hatian

Barang dan bahan yang digunakan mungkin akan asing untuk para wanita, sebab umumnya bahan ini adalah peralatan yang sering digunakan oleh pra pria. Untuk itu, diperluka kehati-hatian untuk menjaga keamanan, jangan sampai membuat tangan anda iritasi atau mengenai bagian yang sensitif seperti mata atau wajah.

Siapkan Peralatan yang Menunjang Keselamatan

Mengingat pembuatan rak ini melibatkan bahan dan peralatan keras dan berat, maka jika akan dilakukan atau dikerjakan oleh ibu rumah tangga atau wanita. Sebaiknya, persiapkan terlebih dahulu peralatan yang bisa menunjang keselamatan, misalkan helm, masker dan sarung tangan. Penggunaan alat keselamatan akan membantu ibu dan para wanita lain tetap terjaga keselamatannya dan tidak akan merubah atau mengotori tangan. Dengan demikian, sebelum memulai eksekusi, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu peralatan berikut ya.

Nah, selanjutnya baru kita bisa mulai membuat rak serbaguna. Rak ini tentunya bisa anda fungsikan sebagai tempat menyimpan barang-barang berukuran kecil seperti misalkan kunci, bolpoin, penghapus atau peralatan kantor lainnya dengan ukuran yang sesuai. Sehingga tidak akan kesulitan sewaktu menyimpan peralatan tersebut dan tidak akan pusing sewaktu anda mncarinya saat sedang dibutuhkan. Seperti apa? Kita simak berikut ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

  • 3-6 buah kaleng cat bekas
  • 1 buah kuas berukuran besar
  • 1 buah kuas berukuran kecil
  • 1 buah pewarna kain
  • Lem aibon

Inilah Dia Langkah-Langkahnya

Ide Membuat Rak Serbaguna Dari Kaleng Cat Bekas

1. Langkah pertama berikan lem aibon pada bagian sisi kaleng cat yang pertama dengan menggunakan kuas.

Ide Membuat Rak Serbaguna Dari Kaleng Cat Bekas2. Kemudian rekatkan dengan kaleng lain. Jika anda memiliki tiga kaleng maka bagian satunya bisa diletakan dibagian atas dengan direkatkan menggunakan lem aibon, kemudian biarkan hingga kering.

Ide Membuat Rak Serbaguna Dari Kaleng Cat Bekas3. Apabila sudah mengering, selanjutnya cat semua bagian permukaan kain agar warnanya lebih menarik serta tampilannya lebih cantik, begitupun dengan bagian dalamnya.

Ide Membuat Rak Serbaguna Dari Kaleng Cat Bekas
4. Setelah selesai, anda akan mendapatkan bentuk kaleng yang seperti gambar diatas.

Dan kini rak serbaguna yang dibuat dari kaleng cat bekas sudah selesai dan bisa digunakan. Mudah bukan? Selamat mencoba.

Berikut Video yang Bisa Anda Saksikan 

 

Loading...

Loading...