Ide Membuat Vas Bunga Cantik Dari Botol Bekas

Ide Membuat Vas Bunga Cantik Dari Botol Bekas Kegiatan berkebun memang menjadi salah satu aktivitas yang disukai sebagian besar kaum hawa. Menata pekarangan rumah dan kebun dibelakang rumah agar terlihat rapih, cantik dan menarik memang selalu identik dengan tangan-tangan para wanita yang menyenangi kegiatan menata agar terlihat cantik dan menarik. Namun tahukan anda, selain dapat mempercantik pekarangan rumah, ternyata kegiatan berkebun juga baik untuk kesehatan.

Ditengah kehidupan kota besar, kegiatan berkebun bisa menjadi salah satu alternatif untuk rekreasi sekaligus sebagai kegiatan yang menyehatkan. Saking menyenangkan dan memberikan banyak keuntungan terhadap kesehatan, sebagian besar orang menyebutkan bahwa berkebun merupakan penawar dari kehidupan yang sibuk dan anti kotor.

Selain membuat seseorang menjadi lebih segar agar berdekatan dengan tumbuh-tumbuhan yang menghasilkan oksigen, rupanya berkebun juga bisa mengurangi tingkat stres dalam tubuh, meningkatkan mood dan juga membuat tubuh menjadi lebih lentur. Bukan hanya itu, bagi anda para orangtua yang seringkali dibuat kehabisan ide pergi rekreasi bersama dengan keluarga, kegiatan yang satu ini bisa dijadikan alternatif untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga tercinta.

Hanya saja, perlu diingat, jika anda membawa serta nak-anak ketika berkebun, sebaiknya hindarkan buah hati dari pestisida. Setiap pestisida mengandung racun sebab dibuat dari bahan kimia. Untuk itulah, sewaktu membawa serta mereka berkotor-kotoran menata tanaman, pastikan pula jika bunda menjauhkan mereka dari jangkauan pestisida yang akan berbahaya jika masuk dalam tubuhnya. Seperti halnya pada orang dewasa, pestisida juga akan berdampak buruk pada kesehatan, hanya saja dampaknya akan lebih rentan jika terjadi pada anak-anak.

Nah, setelah mengetahui kegiatan berkebun memiliki banyak manfaat dan merupakan kegiatan yang menyenangkan. Mungkin saat ini anda mulai tertarik dengan kegiatan yang satu ini. Ya, namanya juga baru, anda mungkin akan disibukan dengan permasalahan yang umum seperti belum memiliki tanaman dan peralatan lain seperti pot atau vas bunga. Bagi anda yang memiliki banyak budget yang tersedia, mungkin anda bisa langsung membelinya di pasar. Namun bagaimana dengan anda yang memiliki bugdet terbatas? Nah, sebelumnya kita simak terlebih dahulu tips dan tricks ketika berkebun untuk pemula.

Tips dan Trick Berkebun Untuk Pemula

Siapkan Lahan

Menyiapkan lahan dan menentukan tempat untuk berkebun menjadi hal yang pertama yang harus anda putuskan. Berkebun untuk pemula, sebenarnya tidak perlu ditempat khusus dan langsung menyiapkan lahan yang luas, dipekarangan rumah atau halaman belakang rumah bisa anda jadikan sebagai tempat berkebun dan menata tanaman.

Mulailah dari Tanaman yang Murah dan Tidak Mudah Mati

Jika anda adalah seorang pemula dalam hal berkebun, maka anda tidak akan mengetahui resiko apa saja yang bisa terjadi dengan tanaman anda. Selain itu, tanaman memerlukan pemeliharaan yang intensip. Untuk itu, ada baiknya mulailah dengan tanaman yang murah sebagai percobaan. Yang murah tidak berarti selamanya tidak menarik, anda bisa memilih tanaman yang cantik dan tidak mudah mati.

Manfaatkan Tanaman yang Sudah Ada

Untuk memulai berkebun atau menanam di pekarangan rumah bagi apra pemula, ada baiknya jika anda memulainya dengan tanaman yang sudah ada sebagai percobaan. Dengan demikian setelah anda mengetahui hasilnya bagus, barulah anda bisa beralih ke tanaman yang anda inginkan dan anda impikan. Dengan demikian, dengan pengalaman yang cukup, anda akan bisa mengatasi segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi dengan tanaman kesayangan anda. Cobalah untuk mencari tanaman di sekitar rumah yang bisa dirawat, jika anda tidak mendapatkannya. Cobalah minta pada tetangga yang bisa memberikan tanaman biasa pada anda. Atau jika masih tidak didapatkan, maka mungkin membeli tanaman yang murah akan menjadi pilihan terakhir anda.

Belanja Peralatan Sesuai Dengan Kebutuhan

Jika sudah ditentukan kesemuanya, maka selanjutnya adalah belanja. Kegiatan belanja ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak harus membeli peralatan yang baru. Yang bekaspun masih bisa digunakkan. Sebelum memutuskan membeli segala peralatan baru, sebaiknya cek terlebih dahulu ke gudang anda, mungkin masih ada barang-barang atau perlengkapan yang masih bisa digunakan. Keluarkan semua peralatan yang ada digudang dan periksa peralatan mana yang masih bisa dipakai. Sementara untuk melengkapinya anda bisa membelinya ditoko bangunan.

Nah, seperti salah satunya, kali ini kita akan buat vas bunga dari botol bekas. Vas ini akan berguna bagi anda yang baru saja memanen bunga atau memetik bunga di pekarangan atau kebun yang telah dibuatnya. Ketika anda sudah bisa memetik bunga dari pekarangan rumah, bunga-bunga tersebut bisa anda tata di vas bunga yang cantik. Dan yang menarik, vas bunga kali ini tidak perlu membeli, sebab kita akan membuatnya dari botol bekas. Seperti apa? Yuk, kita simak berikut ini.

Bahan-Bahan yang Harus Dipersiapkan

  • 1 buah botol plastik bekas
  • Lem kayu
  • Benang kasur
  • 1 buah pisau cutter
  • 1 buah spidol permanen
  • 1 bauh gunting
  • 1 buah kuas
  • cat kayu
  • korek api
  • 1 buah lilin

Inilah Dia Langkah-Langkahnya

Ide Membuat Vas Bunga Cantik Dari Botol Bekas

1. Langkah yang pertama, bersihkan terlebih dahulu botol dari merknya kemudian ambil spidol dan buat garis melingkar dibagian bawah leher botol untuk kemudian akan kita putus.

Ide Membuat Vas Bunga Cantik Dari Botol Bekas 2. Selanjutnya, nyalakan lilin dengan korek api, kemudian bakar sebentar pisau cutter. Hal ini untuk memudahkan sewaktu memotong bagian botol. Selanjutnya potong bagian yang sudah ditandai dengan spidol tadi.

Ide Membuat Vas Bunga Cantik Dari Botol Bekas 3. Setelah terpotong, buat garis memanjang ke bawah dengan ukuran lebar kura-kira 1 cm. Lakukan hal yang sama hingga ke seluruh bagian botol.

Ide Membuat Vas Bunga Cantik Dari Botol Bekas 4. Selanjutnya potong-potong garis tersebut keseluruhan.

Ide Membuat Vas Bunga Cantik Dari Botol Bekas 5. Setelah selesai, mekarkan bagian botol ke arah yang berlawanan hingga kesemua bagiannya menjadi mekar sempurna.

Ide Membuat Vas Bunga Cantik Dari Botol Bekas 6. Setelah itu, lipat masing-masing potongan kebagian dalam dengan bagian satu disisipkan kebagian depannya saling bersilangan.

Ide Membuat Vas Bunga Cantik Dari Botol Bekas
7. Setelah terlipat semuanya, kita cat untuk mempercantik penampilannya, cat keseluruhan bagian. Selain itu, kita berikan lilitan benang untuk membuatnya terlihat menarik. Sebelum melilitkan benang pastikan anda telah terlebih dahulu melumuri bagian permukaan botol dengan lem kayu.

Dan kini vas bunga dari botol bekas kita telah selesai. Karya cantik dari bahan bekas ini tentunya akan dengan mudah bisa anda praktikan dirumah.

Berikut Video yang Bisa Anda Saksikan 

 

Loading...

Loading...