Ide Membuat Wadah Lampu Dari Botol Bekas yang Unik dan Menarik

Ide Membuat Wadah Lampu Dari Botol Bekas yang Unik dan Menarik

Di zaman yang sudah serba modern ini, mungkin rasanya kurang cocok ya jika kita tidak meng-update segala perlatan dan barang-barang yang kita miliki? Inilah rupanya yang membuat daya beli masyarakat kita saat ini menjadi lebih konsumtif. Pola pikir dan gengsi yang lebih tinggi, membuat masyarakat cenderung lebih memilih membelanjakan uangnya untuk membeli peralatan terbaru yang menarik dibandingkan dengan kembali mempergunakan barang-barang yang lama. Keinginan untuk terlihat berbeda dan 'up to date' membuat pola pikir masyarakat saat ini lebih cenderung pada pola belanja yang sudah tidak terkontrol, sehingga barang-barang lama yang sebenarnya masih bisa mereka gunakan akan dengan mudah mereka buang atau tinggalkan. Meski tidak semua lapisan masyarakat melakukan hal yang serupa, namun nyatanya masih ada saja masyarakat yang memiliki prinsip demikian.

Nah, jika dibiarkan terus menerus, sebenarnya bukan hanya uang yang banyak yang dihabiskan. Namun juga akan menambah jumlah daftar sampah atau barang bekas yang juga mempengaruhi angka kenaikan sampah. Sebenarnya jika kita teliti, barang-barang yang anda buang mungkin masih bisa digunakan kembali. Menggunakan kembali barang-barang yang sudah dibuang atau kurang memiliki daya guna yang lebih umumnya dinamakan dengan daur ulang. Adapun tujuan dari daur ulang yakni menjadikan bahan bekas menjadi yang diolah menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah timbulnya sampah yang sebenarnya masih bisa difungsikan menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi pemakaian energi, mengurangi polusi, mengurangi bahan baku dan masih banyak lagi.
Selain dapat digunakan kembali, ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Manfaat utama jelas adalah keuntungan secara ekonomi dari barang yang tidak terpakai menjadi barang yang bernilai atau sesuatu yang berharga. Meskipun ada sedikit waktu yang akan dibutuhkan untuk mendaur ulang barang-barang tersebut.

Hanya saja, waktu yang dipergunakan ini tentunya akan setimpal dengan manfaat yang didapat dari mendaur ulang sampah atau barang-barang yang sudah tak lagi dipakai menjadi sesuatu barang yang berharga atau bahkan memiliki nilai jual yang akan bisa mendatangkan keuntungan finansial untuk kita sendiri. Dan tentunya, kegiatan mendaur ulang ini akan jauh lebih berharga dibandingkan dengan membakar sampah yang akan menimbulkan populasi dan mencemari lingkungan, yang pada akhirnya akan menambah buruk atau memperparah terhadap iklim global. Nah, untuk mengetahui lebih jauh seperti apa tips mudah dalam mendaur ulang barang-barang tak terpakai dirumah, kita simak tips berikut ini.

Tips dan Trik Mudah Mendaur Ulang

Bongkar Gudang dan Pilih Kembali Barang-Barang yang Bisa Dimanfaatkan

Sebelum anda memutuskan untuk membuang atau membakar barang-barang tak terpakai yang ada digudang anda, sebaiknya pilih kembali dan kumpulkan barang-barang yang sekiranya masih bisa dipergunakan kembali.

Luangkan Waktu

Jika anda sudah selesai mengumpulkan barang-barang dari gudang yang masih bisa dikenakan, namun anda adalah orang yang sibuk bekerja setiap harinya. Maka sebaiknya, luangkan terlebih dahulu atau buat jadwal kapan anda bisa santai dan mengerjakan barang-barang yang akan anda daur ulang. Sebab, seperti dijelaskan diatas untuk memulai sebuah daur ulang, mungkin akan membutuhkan sedikit waktu yang banyak.

Cari Sumber yang Di Internet

Saat ini internet adalah media yang mampu membuat kita menjadi lebih pintar jika kita menggunakannya dengan bijak. Ada begitu banyak tutorial di website atau video yang menjelaskan bagaimana membuat sesuatu dari barang-barang bekas. Untuk itu, tidak ada salahnya meluangkan waktu dan mencari sumber-sumber mudah yang bisa anda aplikasikan dirumah. Selanjutnya, barulah setelah itu anda bisa memutuskan bahan mana yang akan digunakan. Setelah didapat, maka mulailah untuk mempelajarinya dan luangkan waktu untuk mulai mengeksekusi barang daur ulang apa yang akan anda buat sebuah karya.

Belanja Barang yang Dibutuhkan Bukan yang Diinginkan

Ketika anda sudah mendapatkan sumber terpercaya diinternet. Maka langkah selanjutnya adalah mulai berbelanja ke toko terdekat yang ada disekitar rumah anda. Namun, untuk menghemat biaya yang dikeluarkan, maka ada baiknya belanjalah sesuai dengan kebutuhan. Sebelum belanja buat terlebih daftar barang apa yang akan anda beli. Selain akan mempermudah anda mengingat semua daftar belanjaan anda. Hal ini juga akan membantu anda untuk menghemat pengeluaran dan tidak usah membeli barang atau peralatan yang tidak diperlukan. Setelah selesai memilih dan mendapatkan barang yang anda cari, sebaiknya lekaslah ke kasir dan segera membayar, agar anda tidak tergoda membeli perlengkapan lain yang tidak anda butuhkan. Barang-barang yang sudah anda dapatkan selanjutkan akan bisa anda buat dirumah. Dengan demikian sebuah peralatan yang cantik akan bisa anda ciptakan tanpa harus membeli.

Nah, salah satunya seperti kali ini, kita akan buat tutorial bagaimana cara membuat wadah lampu dari botol bekas. Bagi anda yang ingin membawa nuansa lebih romantis atau sesuatu yang beda dengan pencahayaan yang lebih lembut. Wadah lampu kali ini akan berguna untuk anda. Dengan pembuatan yang mudah dan bahan-bahan yang sederhana, anda akan dapat menciptakan karya yang unik dari barang-barang bekas yang mungkin kita pikir sudah tak lagi dapat digunakan. Seperti apa tutorialnya? Yuk, kita simak berikut ini.

Bahan-Bahan yang Harus Dipersiapkan

  • 1 buah botol plastik bekas berukuran besar
  • 1 buah kuas
  • 1 buah spidol
  • 1 buah pisau cutter berukuran besar
  • 1 buah bola lampu 5 watt beserta dengan colokannya
  • Lem kayu
  • Lem aibon
  • Benang Kasur

Inilah Dia Langkah-Langkahnya

Ide Membuat Wadah Lampu Dari Botol Bekas yang Unik dan Menarik

1. Langkah pertama, bersihkan terlebih dahulu botol dari merknya. Kemudian buat garis putus-putus dibagian leher botol dan potong bagian leher botol ini menggunakan pisau cutter.

Ide Membuat Wadah Lampu Dari Botol Bekas yang Unik dan Menarik

2. Potong pula dibagian tengah botol. Nah, bagian inilah yang akan kita gunakan sebagai wadah lampu yang akan kita buat.

Ide Membuat Wadah Lampu Dari Botol Bekas yang Unik dan Menarik

3. Selanjutya, ambil kuas dan lem aibon kemudian lem dibagian leher botol secara merata.

Ide Membuat Wadah Lampu Dari Botol Bekas yang Unik dan Menarik

4. Baru masukkan, dudukan lampu yang sudah disertai dengan kabel, kemudian rekatkan dengan kuat dan biarkan hingga kering.

Ide Membuat Wadah Lampu Dari Botol Bekas yang Unik dan Menarik

5. Untuk mempercantik penampilannya, kita akan hias dengan menggunakan benang kasur. Caranya, lumuri terlebih dahulu bagian permukaan botol dengan lem kayu kemudian lilitkan benang hingga menutupi bagian permukaan botol dengan sempurna, lakukan hal yang sama hingga seluruh permukaannya tertutupi dengan benang.

Dan kini wadah lampu kita sudah selesai. Anda tinggal memasukan bola lampu pada dudukannya dan colokan kabel pada tempatnya agar lampu menyala. Mudah bukan? Selamat Mencoba.

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

 

Loading...

Loading...