Kosmetik lazimnya digunakan agar wajah terlihat lebih cantik, nantinya bisa mendongkrak rasa percara diri. Ini lumrah dilakukan oleh wanita, namun ada kalanya lantaran ingin memiliki wajah glowing, lalu menggunakan beragam kosmetik yang mengandung merkuri. Hal ini yang perlu diwaspadai, kenali ciri kulit wajah terkena merkuri sebelum jadi lebih parah.

Baca Juga:

Jangan terlalu percaya pada produk kosmetik yang menjanjikan kulit wajah lebih putih dalam waktu cepat. Jika pun benar membuat wajah lebih putih secara instan, perlu diwaspadai kandungan di dalamnya, jangan-jangan benar mengandung merkuri.

jerawat

Ciri Kosmetik Berbahan Merkuri

Sebelum membahas ciri kulit wajah terkena merkuri, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri produk kosmetik yang mengandung merkuri. Perlu diingat merkuri adalah zat berbahaya yang bisa berakibat fatal untuk kulit.

Merkuri sebenarnya adalah logam berat yang ada di alam, zat ini dikenal juga dengan nama raksa atau Hg dalam symbol kimia. Namun meskipun biasa ada di alam, namun zat ini cukup beracun dan tentunya mengganggu kesehatan.

Produk kecantikan yang mengandung merkuri biasa ada dalam produk pencerah ataupun pemutih kulit. Ini sempat dianggap wajar ada kosmetik yang dijual bebas di Indonesia. Namun pada beberapa kasus, merkuri dalam kosmetik ini ada yang sampai menyebabkan kanker, sehingga perlu diwaspadai.

Penggunaan merkuri pada kosmetik ada yang organik ada juga yang anorganik. Merkuri organic biasa ada pada pembersih riasan dan mascara. Sementara yang anorganik biasa ada pada krim pemutih maupun produk sabun yang menanjikan kulit lebih putih.

Sebenarnya merkuri pada suatu produk tidak bisa dideteksi karena biasanya dikemas dalam wadah tanpa label. Sehingga, Anda perlu waspada jika ada penjual pemutih wajah yang dikemas tanpa label. Bisa jadi mengandung merkuri dan sangat membahayakan.

Ciri Kulit Wajah Terkena Merkuri

Anda tentu harus berhati-hati saat membeli produk kecantikan, namun bagaimana jika terlanjur memakai produk kecantikan yang mengandung merkuri? Jika sudah terlanjut, kulit Anda butuh detoks untuk menghilangkan zat berbahaya dari merkuri.

Kosmetik dengan bahan merkuri memang punya efek mencerahkan bahkan memutihkan kulit wajah. Namun efek jangka panjangnya sangat mengerikan, apalagi jika tiba-tiba penggunaannya distop, ada beberapa ciri yang bisa dikenali pada wajah yang sudah terpapar merkuri.

Seperti dikutip dari harapanrakyat.com, ada beberapa ciri kulit wajah terkena merkuri, diantaranya timbul jerawat kecil pada kulit wajah. Jerawat ini juga disertai gatal-gatal seperti ruam.

Selain itu, ada juga efeknya yang memunculkan bintik hitam pada area tertentu pada wajah. Bintik hitam ini biasanya tidak merata di seluruh kulit wajah.

Selanjutnya jika kosmetik yang Anda gunakan awalnya memberi efek putih, lama kelamaan bisa berubah jadi warna abu-abu bahkan bisa sampai menghitam seperti flek.

Ciri lainnya kulit wajah yang sudah terpapar merkuri adalah berasa perih saat terkena sinar matahari. Anda tidak akan tahan jika berada di luar ruangan saat siang hari.

Sementara penggunaan pemutih wajah dengan kandungan merkuri di dalamnya juga bisa mengakibatkan ruam pada kulit. Ciri kulit wajah terkena merkuri juga bisa dilihat pada warna kulit juga bisa berubah, tapi bukan berubah menjadi cerah, melainkan bisa abu sampai kehitam-hitaman.

Ada juga yang sampai terbentuk jaringan parut pada wajah yang menggunakan krim pemutih dengan merkuri. Selain itu ada yang mudah terkena infeksi, baik bakteri maupun jamur. Hal ini terjadi lantaran ketahanan kulit sangat rentan ketika sudah terpapar merkuri.

Selain terlihat efeknya pada kulit wajah, penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri juga bisa dilihat dari gejala tubuh yang metabolismenya terganggu, seperti pusing, gemetar, pengliharan terganggu, mual-mual, susah tidur, emosi, depresi, bahkan bisa sampai pikun.

Sangat mengerikan memang, karena itu yang perlu Anda lakukan adalah berhati-hati. Jangan terburu-buru ingin melihat hasil yang maksimal, sehingga mengabaikan kesehatan kulit wajah.

Jika sudah terlihat ciri kulit wajah terkena merkuri di atas, maka segeralah datangi dokter agar bisa ditangani lebih awal. Apalagi jika Anda sudah memakai produk kecantikan yang menjanjikan efek putih dalam waktu singkat. ***

 

Loading...