Inilah 5 Hal yang Tidak Anda Duga Dapat Menghancurkan Pernikahan

Pernikahan merupakan awal hidup baru untuk dua sejoli yang saling mencintai. Dalam pernikahan semua pasangan tentunya mengingankan kehidupan pernikahannya bahagia dan langgeng selamanya. Untuk mewujudkan itu semua tentunya tidak semudah ketika kita membalikan kedua telapak tangan, karena diperlukan kerja keras dan usaha.

Pernikahan yang bahagia dan langgeng akan membawa dampak positif untuk pasangan yang menjalankannya. Dengan cinta yang mereka miliki, dengan kebahagiaan yang mereka dapatkan maka mereka pun akan hidup damai dan nyaman dalam sebuah keluarga. Segala impian dan angan-angan tentunya telah mereka rencanakan agar kehidupan pernikahan ke depannya menjadi lebih baik lagi.

Namun, tidak ada seorang pun yang bisa menebak nasib atau keadaan. Meskipun kita telah menjaga hubungan pernikahan dengan sebaik mungkin, rencana telah tersusun rapi, benteng yang kokoh telah didirikan, tetapi masalah dalam pernikahan itu ibaratkan angin, meskipun telah dihalau dengan segala cara bahkan dengan benteng yang kokoh sekali pun ia akan dengan mudahnya bisa masuk melalu celah-celah. Dimana masalah dalam pernikahan tersebut mengakibatkan pernikahan menjadi buruk.

Hal yang dapat menghancurkan pernikahan

Tanpa kita duga dan tanpa kita sadari bahkan permasalahan yang menyebabkan hubungan pernikahan menjadi buruk terletak dalam diri kita sendiri. Hal-hal yang kita anggap baik selama ini belum tentu itu baik untuk pernikahan kita. Oleh karena itulah dengan sebisa mungkin anda harus menghindari hal-hal tidak terduga yang dapat menghancurkan hubungan pernikahan.

Lantas hal tidak terduga apa saja yang dapat menghancurkan pernikahan? Untuk mengetahuinya anda bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

5 Hal yang Tidak Anda Duga Dapat Menghancurkan Pernikahan

Mempermasalahkan hal kecil

Masalah dan pertengkaran dalam rumah tangga atau pernikahan merupakan bumbu penyedap untuk pernikahan itu sendiri. Namun jika masalah dan pertengkaran itu terjadi secara terus menerus justru yang ada pernikahan akan menjadi hancur. Nah, biasanya tanpa kita duga masalah kecil selalu menghmapiri pernikahan yang tengah kita jalani bersama pasangan. Karena menganggap masalah kecil tersebut spele, maka tidak jarang jika kita mempermasalahkan itu semua tanpa pernah memikirkan akibat ke depannya.

Ingatlah jangan pernah memandang masalah kecil sebagai masalah spele dalam pernikahan, karena pada kenyataannya hal yang dapat membuat jengkel yaitu masalah kecil tersebut. Sebisa mungkin hindarilah pertengkaran bersama pasangan yang disebabkan karena masalah kecil tersebut, jika bisa selesaikan masalah tersebut dengan sebaik mungkin. Karena jika tetap dipermasalahkan, masalah kecil yang dianggap spele tersebut akan menjadi besar. Dan inilah salah satu penyebab yang dapat menghancurkan pernikahan tanpa kita duga sebelumnnya.

Salah menempatkan prioritas

Semua orang tentunya memiliki kesibukan masing-masing, begitu pula dengan pasangan dalam pernikahan. Ada orang yang berkata bahwa ketika dua insan yang saling mencintai mereka akan saling mengerti satu sama lain, menerima kekurangan dan menerima kelebihan pasangannya sendiri.

Nah, karena pendapat tersebutlah banyak pasangan yang justru malah menyalahgunakan itu semua. Maksudnya mereka masing-masing mementingkan atau memprioritaskan kepentingan pribadinya, dengan alasan karena pasangan sudah mengerti dan bisa memakluminya.

Dalam sebuah pernikahan kita tidak hidup sendiri lagi seperti biasanya, ada pasangan dan rumah tangga yang harus dipikirkan. Oleh sebab itulah, prioritaskan pasangan dan rumah tangga yang sedang dijalin bersama pasangan. Karena jika tetap memprioritaskan masalah pribadi dan mengabaikan pasangan serta rumah tangga, maka akan mustahil jika pernikahan bahagia akan di depan mata, karena justru yang ada kehancuran menunggu di depan mata.

Mengagumi pasangan lain

Tidak jarang kita senantiasa mengakui bahwa orang lain memiliki segala yang lebih baik dibandingkan dengan kita. Tidak jarang jika pasangan yang sudah menikah mengira bahwa pasangan orang lain lebih baik dan lebih hebat dari pasangannya, lebih mengagumkan, lebih menarik, lebih sederhana dan lain sebagainya. Bahkan tanpa kita duga sebelumnya keadaan tersebut dapat mengarah pada perselingkuhan. Meskipun sebelumnya tidak ada niat untuk melakukan itu semua, tetapi jika rasa kagum atau rasa ingin memiliki pasangan seperti itu terus ada di dalam pikiran kita maka peselingkuhan pun mungkin tidak bisa kita elakan lagi. Tindakan seperti itu akan sangat berpotensi menghancurkan hubungan pernikahan yang sedang dijalin, bahkan menghancurkan kehidupan.

Nah, demi keutuhan pernikahan maka sebisa mungkin jauhilah pemikiran seperti itu. Terimalah kelebihan dan kekurangan pasangan kita masing-masing karena tidak ada yang lebih indah ketika kita bisa hidup berdampingan dengan pasangan tanpa ada rasa ingin memiliki yang lebih.

Salah paham setiap kali berkomunikasi

Komunikasi merupakan salah satu kunci untuk mewujudkan pernikahan yang bahagia dan langgeng. Setelah menikah tentunya anda selalu mengkomunikasikan segala sesuatu bersama dengan pasangan anda baik itu hal kecil smapai hal besar sekalipun.

Namun tidak jarang ketika berkomunikasi salah paham selalu menghampiri. Sebenarnya salah paham ini bisa kita maklumi karena pemikiran setiap orang memiliki perbedaan. Hal yang perlu anda perhatikan yaitu janganlah sampai kesalahpahaman ini membuat anda dan pasangan anda bertengkar, jangan sampai ada rasa ingin menang dari hati masing-masing. Cobalah untuk mengalah jika saat itu pasangan anda bersih keras akan pendapatnya tersebut. Sebisa mungkin anda harus menghindari itu semua, caranya yaitu dengan menumbuhkan rasa empati pada pasangan anda sendiri. Lakukanlah cara yang sama jika salah paham tersebut selalu terjadi dalam setiap kali berkomunikasi. Perlu anda ingat mengalah demi kebaikan bukanlah hal yang salah, justru itu merupakan langkah tepat demi mempertahankan keutuhan rumah tangga.

Campur tangan pihak ketiga

"Semua orang tua menginginkan semua yang terbaik untuk anak-anaknya", pernyataan tersebut memanglah benar adanya. Bahkan karena saking sayangnya orang tua kepada anak-anaknya maka tidak jarang jika mereka mencampuri urasan anak-anaknya bahkan sampai urusan rumah tangganya.

Orang tua memang tempat terbaik untuk mengadu keluh kesah. Namun jika anda ingin menuangkan keluh kesah masalah pasangan atau rumah tangga, haraplah memilah dan memilih apa yang akan anda ceritakan pada orang tua anda sendiri terlebih lagi pada mertua anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah orang tua atau mertua ikut andil dalam permasalahan pernikahan. Tidak hanya itu, anda juga diharapkan tidak menceritakan masalah rumah tangga anda kepada teman atau sahabat-sahabat anda, karena tidak semua orang memiliki pemikiran yang sama. Bahkan mungkin mereka akan memberikan solusi yang justru malah menjerumuskan anda. Ingatlah, sebaik baiknya pasangan yaitu mereka yang bisa mengatasi masalah pernikahannya tanpa melibatkan pihak ketiga.

Nah, itulah 5 hal yang tanpa kita duga dapat menghancurkan hubungan pernikahan. Sebisa mungkin berikanlah yang terbaik untuk pernikahan yang anda jalani bersama dengan pasangan. Jauhilah hal-hal yang dapat menyebabkan keretakan atau menghancurkan pernikahan, karena sebuah kehancuran pernikahan akan terjadi jika tidak dirawat dengan sebaik mungkin. Selamat merawat pernikahan dan rumah tangga menuju rumah tangga yang sakinah mawaddah dan rahmah. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...