Selama berpuasa tubuh akan kekurangan cairan akibatnya tubuh menjadi lemas dan kulit menjadi kering. Selain tidak nyaman, keadaan kulit kering juga akan mengganggu penampilan. Anda mungkin menganggap kulit kering tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Namun, pada kenyataannya banyak masalah yang ditimbulkan karena keadaan kulit kering.

Untuk memotivasi anda agar melakukan perawatan kulit dengan baik dan benar saat puasa, ketahui beberapa akibat kulit kering saat puasa berikut ini. ( Baca juga :  Cara Mengatasi Kulit Bersisik Saat Puasa )

Baca Juga:

Akibat-kulit-kering-saat-puasa.jpg

Inilah Akibat Kulit Kering Saat Puasa

Mudah Berjerawat

Selain orang yang memiliki kulit berjerawat, orang pemilik kulit kering pun rentan mengalami jerawat. Kulit kering akan semakin sensitif sehingga peradangan yang akan terjadi pun semakin parah. Apabila kulit anda sudah berjerawat, saat keadaan kulit kering biasanya jerawat akan semakin parah.

Kulit Menjadi Sensitif

Saat kulit kehilangan kelembabannya, perlindungan kulit kemampuannya akan menurun sehingga hal ini akan menyebabkan kulit menjadi sensitif, serta rentan mengalami berbagai masalah kulit seperti iritasi, alergi dan lain sebagainya.

Mudah Mengalami Infeksi

Banyak hal yang akan terjadi pada kulit anda saat kulit sudah terlalu kering. Kulit anda yang asalnya baik-baik saja meskipun kering akan mengalami banyak masak termasuk mudah mengalami infeksi. Dibandingkan kulit yang lembab kulit kering lebih mudah mengalami infeksi. Meskipun oleh hal-hal kecil kulit akan langsung infeksi. Kuman akan mudah sekali masuk dalam lapisan kulit yang akan meningkatkan risiko infeksi.

Mudah Terluka

Selain mudah mengalami infeksi karena goresan kecil, kulit yang terlalu kering juga mudah sekali mengalami luka. Seperti misalkan anda tidak sengaja terbentur pada meja. Meskipun benturan tersebut tidak keras tetap kulit akan mudah berubah warna menjadi biru atau keunguan.

Gatal-Gatal

Keadaan kulit yang gatal memang membuat tidak nyaman. Kulit gatal bisa dialami oleh mereka yang memiliki jenis kulit kering yang bertambah kering saat bulan puasa. Gatal yang terasa pada kulit disebabkan oleh peradangan pada kulit. Awalnya rasa gatal  yang anda rasakan mungkin hanya sedikit saja, namun setelah lama kelamaan rasa gatal tersebut akan semakin parah sehingga hal ini dapat memicu terjadinya iritasi karena gesekan kuku anda.

Muncul Garis Garis Pada Kulit

Keadaan kulit kering dapat mempercepat proses penuaan dini. Sehingga saat kulit mu kering sudah menjadi hal yang biasa jika anda menemukan garis-garis pada kulit anda. Garis-garis halus tersebut biasanya akan muncul di sekitaran kening. Kemudian bertambah pada area sekitar mata sampai pada area mulut. Sehingga pada akhirnya wajah anda akan terlihat lebih tua dari usia yang sesungguhnya.

Kulit Menjadi Kaku

Saat anda menjalankan ibadah puasa, mungkin anda bisa merasakan sendiri seperti apa perubahan pada kulit anda. Kulit biasanya akan cenderung kering yang disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh. Akibat yang paling terasa yaitu kulit menjadi kaku, kekenyalan berkurang dari hari biasanya.

Cara Mencegah Kulit Bertambah Kering Saat Puasa

Tentunya anda tidak ingin beberapa hal di atas menimpa kulit anda bukan? Oleh karena itu anda harus bisa mencegah kulit semakin kering saat puasa. Untuk mencegah kulit semakin kering saat puasa yaitu dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Saat berbuka puasa anda harus memperbanyak minum air putih, begitu pun saat malam hari sebelum tidur dan juga saat menjalakan sahur. ( Artikel lainnya : Tips Perawatan Kulit Selama Bulan Puasa Untuk Kulit Yang Sehat Dan Cantik )

Jangan lupa untuk memberikan perawatan pada kulit anda dengan mengaplikasikan produk perawatan kulit yang sehat. Demikian beberapa akibat jika kulit anda semakin kering saat puasa. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...