Apakah anda memiliki bibir berwarna hitam? Biasanya bibir berwarna hitam di alami oleh perokok. Namun, selain kebiasaan merokok ternyata ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bibir hitam. Kondisi bibir hitam tentu akan mempengaruhi rasa percaya diri anda. Kebiasaan buruk yang sering anda lakukan bisa membuat bibir anda warnanya menjadi gelap. Lantas apa saja penyebab bibir hitam selain merokok? Untuk mengetahuinya yuk simak di bawah ini.

Baca juga : 

Baca Juga:

Penyebab-bibir-hitam-selain-merokok.jpg

Penyebab Bibir Hitam Selain Merokok

Adapun penyebab bibir hitam selain merokok yaitu mulai dari hiperpigmentasi hingga masalah kesehatan tertentu. Untuk mengetahui lebih jelasnya, anda bisa simak di bawah ini.

Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan salah satu penyebab bibir hitam. Hiperpigmentasi itu sendiri merupakan kondisi yang disebabkan karena melanin pada tubuh jumlahnya terlalu banyak, akibatnya akan mempengaruhi warna kulit, termasuk mempengaruhi warna kulit bibir. Melanin itu sendiri biasanya terbentuk karena sering terpapar oleh sinar matahari. Dimana bagian tubuh yang memiliki peluang mengalami hiperpigmentasi yaitu wajah karena lebih sering terkena sinar matahari langsung.

Sehingga dengan begitu, sangat penting untuk anda yang sering menjalankan aktivitas di luar rumah untuk menggunakan tabir surya. Sedangkan untuk bibir, anda bisa memakai lipgloss atau pelembab bibir dengan kandungan SPF.

Bibir Kering

Kondisi bibir kering juga dapat menyebabkan bibir menghitam. Jika kelembaban bibir tidak anda jaga, maka akan sangat mudah kering. Kondisi bibir kering akan menyebabkan bibir pecah-pecah dan memiliki peluang menjadi gelap dengan perlahan.

Kebiasaan

Tidak hanya merokok, namun ada kebiasaan lainnya yang dapat menyebabkan bibir anda warnanya menjadi gelap, yaitu kebiasaan minum alkohol. Alkohol mengandung zat asam yang dapat menyebabkan bibir kering. Selain itu, jika anda minum alkohol banyak maka tubuh anda akan mengalami dehidrasi. Dimana salah satu gejala dari dehidrasi yaitu bibir pecah-pecah, kemudian akan merubah warna bibir anda menjadi lebih gelap.

Selain minum alkohol, kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein juga dapat menyebabkan dampak yang sama, yaitu bibir menjadi hitam. Kafein akan membuat anda lebih sering buang air kecil. Jika diuretik terlalu banyak dalam tubuh maka akan menyebabkan anda dehidrasi, karena cairan dalam tubuh anda akan keluar melalui urin. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dehidrasi akan menyebabkan bibir anda pecah-pecah dan warnanya menjadi lebih gelap.

Anemia

Kondisi bibir gelap juga bisa disebabkan karena masalah kesehatan, seperti anemia. Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan hemoglobin, yaitu zat pembawa oksigen, serta zat gizi pada darah. Dimana zat ini yang membuat darah berwarna merah. Perubahan warna kulit pada beberapa bagian dapat terjadi salah satunya bibir.

Menggunakan Produk yang Sudah Kadaluwarsa

Lipstik merupakan salah satu make up yang tidak bisa ditinggalkan oleh wanita. Menggunakan lipstik yang sudah kadaluwarsa akan mempengaruhi kesehatan bibir anda, dimana salah satunya akan menyebabkan bibir warnanya menjadi hitam.

Keracunan

Penyebab lainnya bibir berwarna hitam yaitu karena keracunan. Ketika anda mengalami keracunan, maka bibir anda warnanya akan menjadi hitam. Adapun racun yang bisa menyebabkan bibir hitam di antaranya yaitu tembaga, merkuri, alkali kuat dan berbagai jenis logam yang lainnya.

Lihat juga : Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Menggunakan Masker

Nah, itulah beberapa penyebab bibir hitam selain merokok. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...