Memiliki wajah yang cantik, sehat dan berseri adalah dambaan banyak wanita. Wajah yang berminyak akan membuatnya terlihat kusam. Tidak hanya saat siang hari, terkadang banyak orang yang mengalami wajah terlalu berminyak saat bangun tidur padahal anda tidak melakukan aktivitas apapun, kecuali tidur. Lantas apa penyebab wajah menjadi sangat berminyak saat bangun tidur? Nah, untuk mengetahui penyebab wajah berminyak ketika tidur, anda bisa simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab-wajah-berminyak-saat-bangun-tidur.jpg

Baca Juga:

Inilah Penyebab Wajah Berminyak Saat Bangun Tidur

Ada beragam faktor yang dapat membuat muka berminyak ketika anda bangun tidur. Baik itu faktor dari dalam tubuh sampai produk skincare yang anda gunakan. Namun, tidak semua orang akan mengalami kondisi ini. Pada beberapa orang produksi sebum tidak terlalu banyak saat malam hari. Selain itu, bisa saja kondisi ini dipengaruhi oleh faktor genetik.

Nah, untuk anda yang memiliki kondisi wajah berminyak saat bangun tidur, beberapa hal ini bisa saja menjadi penyebabnya.

Hormon

Pada beberapa orang, ketika bangun tidur wajahnya terlihat sangat mengkilap. Kondisi ini bisa saja disebabkan karena saat malam hari kadar hormon mengalami peningkatan. Hormon akan merangsang kelenjar minyak pada kulit agar memproduksi minyak lebih banyak.

Setiap saat minyak diproduksi secara alami agar kulit tidak kekeringan, serta mencegah terjadinya infeksi bakteri. Ketika tidur, hormon mengalami perubahan yang akan menyebabkan produksi minyak menjadi berlebihan.

Tidak hanya tipe kulit berminyak saja, namun ada juga beberapa faktor yang akan dapat mempengaruhi sebum keluar saat malam hari seperti stres, lembab atau siklus menstruasi. Cuasa yang hangat dan lebih lembab akan membuat produksi minyak mengalami peningkatan. Ketika menstruasi pun akan memicu produksi kelenjar minyak, sehingga wajah akan lebih berminyak, begitupun saat malam hari.

Mencuci Wajah Berlebihan

Untuk menjaga kebersihan wajah, salah satu cara yang bisa kita lakukan yaitu dengan mencuci wajah. Mencuci wajah dengan menggunakan sabun pencuci wajah akan menghilangkan minyak dan kotoran yang menempel pada wajah. Namun, sebaiknya hindari mencuci wajah dengan berlebihan.

Jika anda terlalu sering mencuci wajah akan memicu wajah menjadi sering berminyak. Apabila anda terlalu sering membersihkan wajah, maka minyak pada kulit akan terlalu banyak terbuang. Jika seperti ini, maka kelenjar minyak akan memproduksi minyak lebih banyak karena menganggap kulit kekurangan minyak. Oleh karena itu, sebelum tidur sebaiknya anda tidak mencuci wajah dengan berlebihan. Anda cukup mencuci wajah satu kali saja sebelum tidur.

Baca juga : 

Kondisi Kulit yang Terlalu Kering

Wajah yang berminyak ketika bangun tidur juga bisa disebabkan karena kondisi kulit yang kering. Apabila kondisi wajah anda saat malam hari terlalu kering, maka minyak akan diproduksi selama semalaman agar kulit tidak semakin kering.

Dimana kondisi kulit kering itu sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti penggunaan makeup, cuaca hingga konsumsi makanan. Jika kondisi kulit terlalu kering, maka dengan otomatis kelenjar akan menghasilkan banyak minyak. Sehingga sebelum tidur pastikan kondisi kulit anda tidak kering agar saat bangun tidur kulit tidak berminyak.

Itulah beberapa penyebab wajah berminyak saat bangun tidur. Untuk anda yang sering mengeluh wajah berminyak saat bangun tidur, beberapa hal di atas bisa menjadi faktor pemicunya. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Loading...

Loading...