Jaga Hubungan Tetap Harmonis, Ketahui Apa Saja Kewajiban Suami Saat Istri Mengandung

Selama mengandung, seorang perempuan atau istri dalam rumah tangga, memiliki beban yang lebih berat dibandingkan biasanya. Mulai dari menjaga pola makannya, pola istirahat dan tidak diperkenankan untuk melakukan terlalu banyak aktivitas yang berat.

Hal ini dikarenakan guna mendukung tumbuh kembang si kecil didalam kandungan serta menjaga kesehatannya dengan baik. Oleh karenanya, segala hal yang dilakukan oleh ibu hamil perlu diperhatikan dengan baik dan dilakukan dengan hati-hati.

Nah, guna menjaga hubungan tetap harmonis didalam rumah tangga ketika sang istri tengah mengandung. Maka anda sebagai seorang suami pun perlu memahami kondisi ini dan menempatkan anda pada posisi sebagai suami yang baik dan suami siaga. 

Mari pahami apa saja yang menjadi kewajiban suami saat istri anda tengah mengandung buah cinta anda. Simak secara langsung informasinya dibawah ini.

jaga-hubungan-tetap-harmonis-ketahui-apa-saja-kewajiban-suami-saat-istri-mengandung.jpg

Jaga Hubungan Tetap Harmonis, Ketahui Apa Saja Kewajiban Suami Saat Istri Mengandung

Sumpah pernikahan yang anda ucapkan terhadap pasangan anda bahwa anda akan menemaninya saat sakit, sehat, kaya dan miskin akan bisa anda tunjukan pada saat istri anda tengah mengandung.

Untuk anda yang masih tinggal bersama dengan orangtua, maka mungkin segala kegiatan yang tidak bisa dilakukan oleh sang istri selama hamil bisa digantikan oleh ibu anda. Namun lain halnya ketika anda sudah hidup terpisah dari orangtua. Mari kenali apa saja kewajiban suami saat istri anda sedang hamil.

Berikan Rasa Tentram Pada Masa Kehamilan

Faktor pertama yang penting didapatkan oleh sang istri selama menjalani kehamilan adalah ketentraman yang ia dapatkan dari lingkungannya. Terutama dari lingkungan keluarganya. Ketika anda sudah hidup terpisah dari orangtua anda setelah menikah maka istri anda yang tengah hamil perlu mendapatkan ketentraman dari anda dan dari rumah tangganya.

Hindarkan istri anda dari pemikiran yang mengganggu atau beban berat yang akan membebani mental dan fisiknya. Sebab hal semacam ini akan mudah membuat sang istri merasa stres.

Stres selama kehamilan adalah hal yang perlu dihindari karena bisa mungkin hal ini akan berpengaruh pada kesehatan dirinya dan sang jabang bayi yang ia kandung dalam rahimnya. Pada kemungkinan terburuk kondisi ini akan mungkin menuntun pada keguguran bila stress yang dialami sudah berkelanjutan ditambah dengan beban fisik yang lainnya.

Jadi demikian, perhatikan kembali masalah ini dengan baik. Sebagai seorang suami anda berkewajiban untuk menjamin keselamatan dan kesehatan istri dan calon bayi anda dalam kandungan. Untuk itu, maka perhatikan hal ini dengan baik.

Hindari Pekerjaan yang Berat

Saat sebelum hamil, semua pekerjaan rumah dan kegiatan rumah tangga mungkin dikerjakan oleh istri anda. Sementara anda sibuk mencari nafkah dan memberikan rezeki untuk istri anda. Akan tetapi, setelah memasuki usia kehamilan, kegiatan rumah tangga yang berat seperti membersihkan rumah dan lain sebagainya mungkin bisa membahayakan kehamilan sang istri.

Anda tentu tidak mau jika sang istri yang anda cintai terancam kesehatannya begitupun dengan calon buah hati anda yang tumbuh kembangnya terganggu.

Jadi demikian, mau tidak mau hindarkan sang istri dari pekerjaan fisik yang terlalu berat. Apalagi jika kondisi kesehatan istri anda begitu rentan dimana pada saat ia melakukan pekerjaan kecil saja mungkin ia bisa langsung sakit.

Nah, masalah semacam inilah yang penting untuk anda perhatikan dengan baik. Jangan sampai hanya karena ia terpaksa menjaga rumah bersih masalah ini malah menuntunnya pada kondisi kesehatan yang bermasalah dan kehamilannya pun menjadi terganggu.

Bila anda adalah seseorang yang sibuk dan tidak bisa menyempatkan membantu istri anda melakukan pekerjaan di rumah. Maka mungkin solusi untuk masalah ini adalah dengan mencari bantuan tenaga baru di rumah anda. Misalkan anda bisa menyewa jasa asisten rumah tangga sampai dengan istri anda melahirkan dan siap kembali beraktivitas.

Berikan Asupan Makanan yang Sehat

Selama hamil seorang wanita membutuhkan lebih banyak asupan makanan dan minuman yang sehat kedalam tubuhnya. Takaran kebutuhan vitamin dan nutrisi ini bisa dua kali lebih banyak dibandingkan mereka yang sedang tidak hamil. Tentunya, kebutuhan vitamin dan nutrisi ini diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang janin dan bayi didalam kandungan agar senantiasa terjaga dengan baik.

Asupan makanan yang sehat pun sekaligus menjadi pasokan energi kedalam tubuh sang istri. Dengan begini hari-hari kehamilan yang dijalaninya akan terasa lebih bahagia dan terhindar dari masalah dan keluhan yang berarti.

Untuknya, adalah tugas suami untuk memastikan istri anda mendapatkan asupan makanan sehat dan bermanfaat untuk tubuhnya. Pada saat kehamilan, sang istri mungkin enggan mengkonsumsi banyak makanan karena keluhan dari kehamilan yang menghambat nafsu makannya.

Nah, disinilah peran suami yang perlu memastikan istri anda mendapatkan cukup makanan yang sehat kedalam tubuhnya. Selain mendukung dengan memberikan aneka jenis makanan yang sehat anda pun perlu mengingatkan istri anda untuk menghabiskannya.

Menuruti Keinginan Istri (Mengidam)

Fenomena mengidam atau mendambakan sesuatu hal atau yang lebih cenderung terhadap keinginan untuk menyantap beberapa makanan tertentu masih dikenal sebagai fenomena yang dialami oleh ibu hamil. Meskipun sebenarnya fenomena mengidam ini dalam ilmu kedokteran tidak ada. Namun karena beberapa hal seperti karena adanya gejolak hormon pada ibu hamil seringkali membuat mereka menginginkan beberapa hal tertentu bahkan yang tidak masuk akal sekalipun.

Fenomena mengidam seringkali menyulitkan untuk beberapa orang. Karena biasanya seorang istri yang mengidam permintaannya bisa ada-ada saja. Bahkan terkadang permintaannya ini bisa tidak masuk akal.

Akan tetapi, perlu anda ketahui bahwa wanita yang sedang hamil biasanya memiliki tingkat sensitifitas emosional yang begitu tinggi. Ketika mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan, terutama dari suaminya sendiri yang sangat mereka andalkan.

Maka mungkin istri anda akan mudah tersinggung. Bila hal ini terus menerus terjadi maka mungkin kondisi ini akan memicu stres yang besar. Masalah semacam ini akan mungkin berbahaya untuk kesehatan janin dan kesehatan istri anda.

Untuk itu, jadilah suami yang siaga dan upayakan untuk bisa melayani istri anda dengan baik. Selain itu, pengorbanan semacam ini pun tidak akan anda lakukan selamanya. Hanya selama istri anda hamil saja.

Anjurkan Istirahat yang Cukup

Selama masa kehamilan, selain asupan makanan kedalam tubuh seorang ibu hamil. Hal lain yang penting diperhatikan adalah waktu istirahat yang cukup. Istirahat adalah waktu terbaik untuk dapat mengembalikan energi yang hilang selama melakukan istirahat.

Ibu hamil pada umumnya lebih banyak kehilangan energi karena didalam tubuhnya ada 'dua orang' yang dibawanya. Untuknya, selama hamil seorang wanita perlu mendapatkan istirahat yang cukup.

Hanya saja, terkadang seorang istri kerap kali merasa risih pada saat rumah berantakan atau mungkin saat mereka hanya berdiam diri duduk di sofa. Bahkan beberapa istri akan mengabaikan anjuran untuk mendapatkan istirahat yang banyak pada saat mereka terbiasa untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Nah, sebagai suami anda perlu mengingatkan istri anda untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Anjurkan pada istri anda untuk kembali duduk bersantai dan nikmati makanan sehat yang sudah anda bawakan.

Selain itu, agar sang istri mau menurut dengan anjuran yang anda berikan. Maka tidak ada salahnya bila anda membantu mengerjakan sedikit pekerjaan rumah yang anda anggap bisa anda kerjakan. Dengan begini tentunya istri anda akan mau menurut dan segera istirahat.

Ajak Berjalan-Jalan Santai

Meski diminta untuk mendapatkan istirahat yang cukup selama masa kehamilan. Namun hal ini tidak berarti membuat istri anda dilarang untuk melakukan olahraga. Justru sebaliknya, peregangan dan olahraga adalah hal yang penting yang perlu didapatkan selama masa kehamilan. Apalagi pada usia kehamilan yang sudah lebih tua.

Biasanya perut yang sudah semakin membuncit akan mungkin membuat anda mengalami perasaan yang tidak nyaman dengan tubuh. Ibu hamil akan cenderung banyak mengalami keluhan seperti tubuh pegal-pegal, otot yang tegang dan masih banyak lagi.

Nah, untuk alasan inilah peregangan dan olahraga akan sangat dibutuhkan. Hanya saja, terkadang melakukan olahraga seorang diri pada saat hamil akan sangat membosankan sehingga ibu hamil akan cenderung terus menunda kegiatan penting yang satu ini.

Nah, sebagai suami dukungan penuh dari anda akan sangat dibutuhkan. Tidak ada salahnya mendukung sang istri untuk mendapatkan olahraga yang cukup atau peregangan untuk mengurangi pegal tubuh dan ototnya. Bawa serta ia ke taman kota dan ajak ia jalan-jalan pagi.

Selain sehat untuk kandungan dan kesehatan sang istri. Hal ini pun akan baik untuk anda dan memberikan anda kesempatan untuk lebih fit dan bisa berolahraga juga.

Hindari Asap Rokok

Sudah bukan rahasia lagi bahwa asap rokok akan sangat berbahaya untuk kesehatan ibu hamil. Jangankan pada wanita yang tidak hamil, untuk orang biasa saja, hal ini akan mungkin berbahaya untuk kesehatan. Akan tetapi, dampaknya untuk ibu hamil bisa sangat besar dan akan mungkin mengancam keselamatan janin didalam kandungannya.

Nah, sebagai seorang suami yang siaga maka penting sekali untuk anda memperhatikan hal ini dengan baik. Hindarkan istri anda dari paparan asap rokok yang akan sangat berbahaya. Terutama pada saat anda membawa serta istri anda keluar rumah. Karena pada umumnya paparan asap rokok dewasa ini seringkali tidak terhindari.

Selain itu, hal penting yang pertama yang perlu anda perhatikan adalah kebiasaan anda merokok. Sebelum menghindarkan istri anda dari paparan asap rokok dari luaran. Maka penting sekali anda menghentikan kebiasaan merokok anda dengan baik.

Menyiapkan Sarapan

Pada umumnya menyiapkan sarapan adalah tugas dari seorang istri dalam rumah tangga. Akan tetapi, pada saat mengandung, seorang ibu hamil biasanya memiliki pola tidur yang tidak menentu. Hal ini dikarenakan keluhan kehamilan dan faktor hormon yang bergejolak didalam tubuh yang berpengaruh terhadap jam biologis seorang ibu hamil.

Pada saat sebelum hamil, istri anda mungkin mudah sekali bangun pagi dan melayani anda termasuk dengan menyediakan sarapan. Akan tetapi, biasanya pada saat hamil, seorang wanita merasa enggan bangun pagi atau mungkin pagi hari mereka berubah menjadi hal yang sangat menyebalkan dikarenakan dengan keluhan morning sickness yang dialami.

Nah, untuk menggantikan kegiatan istri ini maka anda sebagai suami berkewajiban untuk membantu istri anda dalam kondisi ini. Tidak ada salahnya menggantikan posisi istri dan menyelangi sementara. Kini anda bisa menyiapkan sendiri sarapan anda tanpa harus membebani istri anda yang tengah berjuang mengatasi keluhan kehamilannya.

Pada beberapa istri mereka mungkin akan merasakan rasa bersalah dengan kondisi ini. Namun ketika  mereka mengalami kondisi ini maka jelaskan padanya bahwa anda baik-baik saja dan anda ingin membantu istri anda meringankan tugas rumahnya. Hal ini akan cukup menenangkan istri anda dan membuatnya senang.

Hindari Percekcokan

Beberapa istri akan mudah emosional dan menjadi lebih sensitif pada saat mereka mengandung. Perlu diketahui bahwa ini adalah hal yang wajar yang dialami oleh ibu hamil. Dan sebagian ibu hamil mengalami kondisi ini selama masa kehamilannya. Jadi mungkin anda jangan heran bila selama kehamilan ini istri anda menjadi lebih mudah tersinggung dan menjadikan hal-hal sepele sebagai masalah yang besar.

Pada intinya, rasa maklum yang anda tunjukan pada pasangan perlu anda maknai dengan baik. Ketika istri anda mudah marah dengan segala sesuatu hal bahkan hal yang sepele maka anda perlu mengalah dalam kondisi ini.

Ingat kembali bahwa apa yang dirasakan oleh pasangan saat ini adalah bagian dari pengaruh selama masa kehamilan. Jadi demikian, hindari melayani amarah istri dan sebaliknya mengalah adalah solusi terbaik untuk hal semacam ini sehingga istri anda pun akan dapat melebur dan tidak membuat masalah yang dialami semakin dibesar-besarkan.

Berikan Perhatian

Memberikan perhatian pada seorang istri yang tengah mengandung adalah kewajiban yang harus senantiasa diperhatikan oleh para suami. Bagaimanapun keputusan untuk memiliki buah cinta didalam rumah tangga telah anda bicarakan sebelumnya. Ini berarti anda dan pasangan telah siap dengan segala resiko yang mungkin anda hadapi kelak.

Bila ini adalah kehamilan pertama sang istri maka mungkin secara otomatis anda akan senantiasa memperlakukan istri anda dengan begitu penuh cinta. Sementara itu, untuk anda pasangan yang sudah lama menikah dan menghadapi kehamilan yang berikutnya.

Bukan berarti anda bisa mengabaikan perhatian pada sang istri. Bagaimanapun hormone selama masa kehamilan bisa mungkin membuat seorang perempuan menjadi mudah emosional. Mereka lebih ingin diperhatikan pada masa ini. Jadi demikian, tidak ada salahnya memanjakan istri anda selama masa kehamilan dengan sangat baik.

Berikan Lebih Banyak Waktu

Poin yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan poin diatas tentang memberikan perhatian. Akan tetapi, meluangkan banyak waktu untuk istri anda berarti berada lebih sering dengan istri anda. Hal ini selain memberikan perhatian untuk sang istri. Terkadang waktu semacam ini dibutuhkan untuk menjalin kedekatan emosional anda dengan bayi yang ada didalam kandungan istri anda.

Selain itu, anda pun perlu untuk selalu berada disamping pasangan anda pada saat check up kesehatan. Hal ini akan pula mengantisipasi bila ada sesuatu yang mungkin terjadi dengan kesehatan sang istri dan buah hati yang ada didalam kandungannya. Untuk itu, tidak ada salahnya meluangkan weekend atau waktu santai anda bersama dengan istri anda yang tengah mengandung.

Demikianlah beberapa kewajiban suami yang perlu dilakukan pada saat istri anda mengandung. Memahami hal ini dengan baik diharapkan membantu suami memahami hal apa saja yang penting menjadi porsi mereka saat istri mereka tengah mengandung. Dengan begini tidak ada lagi konflik didalam rumah tangga mengenai peran dan kewajiban seorang istri dan suami.

Loading...

Loading...