Setiap keluhan yang menyerang tubuh sebaiknya tidak dianggap sepele dan dibiarkan begitu saja. Hal ini dikarenakan beberapa keluhan baik itu besar maupun kecil bisa mungkin menandakan adanya gangguan terhadap kesehatan. Segera periksakan kondisi kesehatan anda dan ketahui apa penyebab dari kondisi tersebut terjadi sebelum menyebar dan berubah menjadi lebih buruk.

Salah satunya adalah permasalah gigi dan mulut seperti gusi bernanah. Masalah gusi yang ditumbuhi dengan nanah tentu saja menjadi indikasi penyakit dan gangguan kesehatan yang terjadi pada gigi dan mulut yang harus segera diperiksakan ke dokter. Karena bila tidak, perasaan nyeri tak karuan dan kemunculan kantung nanah didalamnya akan dapat menyebabkan infeksi yang parah.

Baca Juga:

Mari ketahui apa saja kemungkinan penyakit yang bisa menyebabkan gusi bernanah terjadi. Penasaran seperti apa? Inilah di informasinya untuk anda.

gusi-bernanah.jpg

Beberapa Penyebab Gusi Bernanah

Nanah merupakan cairan berwarna putih kekuningan yang bisa muncul dibawah lapisan kulit. Cairan nanah mengandung sejumlah protein, bakteri, sel darah putih dan juga jaringan yang mati.

Bila muncul pada jaringan gusi maka kemunculan nanah tersebut disebut dengan abses periodontal. Adapun pemicunya bisa disebabkan oleh infeksi bakteri di ruang yang terdapat diantara gusi dan gigi. Ada sejumlah kondisi yang dapat membuat bakteri masuk ke dalam mulut dan menyebabkan kondisi gusi bernanah dapat terjadi. Kondisi tersebut diantaranya adalah:

Karies Gigi

Kondisi pertama yang bisa menyebabkan gusi bernanah terjadi adalah gigi busuk atau yang lebih dikenal dengan sebutan karies gigi. Karies adalah kerusakan yang terjadi sebelum gigi berubah menjadi berlubang. Bakteri di dalam mulut akan dapat menghasilkan asam yang mampu mengikis lapisan gigi dengan perlahan. Lapisan gigi yang terus menerus terkikis inilah yang lama-lama akan dapat menyebabkan rongga atau lubang pada gigi.

ketika rongga lapisan terluar gigi yang disebut dengan enamel ukurannya masih kecil. Anda mungkin tidak akan merasakan sakit yang kentara atau terlalu berarti. Akan tetapi, ketika rasa sakitnya berubah menjadi lebih intens maka bisa dipastikan jika ada pembesaran rongga dan pembusukan telah menjalar sampai ke bagian lapisan terdalam gigi yang dinamakan dengan dentin.

Selain menyebabkan rasa nyeri, infeksi dari pembusukan gigi ini bisa mungkin menyebar sampai ke area gusi. Akibatnya, terjadi penumpukan nanah pada jaringan gusi dan bagian bawah pada akar gigi pun bisa mungkin terserang tumpukan nanah. Segera tangani dan lakukan pemeriksaan oleh dokter sebab dalam kondisi terburuk hal ini bisa mungkin menyebabkan kematian pada jaringan gigi anda.

Daya Tahan Tubuh Lemah

Selain beberapa permasalahan pada gigi, rupanya daya tahan tubuh pun bisa memicu kondisi nanah yang muncul pada bagian gusi. Ketika sistem imun anda drop, tubuh kehilangan kemampuan dalam memerangi bakteri penyebab infeksi. Akibatnya, dalam kondisi ini kemungkinan anda terserang berbagai infeksi yang terjadi dalam tubuh. Termasuk di dalamnya adalah infeksi yang terjadi di dalam mulut.

Kondisi ini apalagi akan semakin parah ketika anda punya kebiasaan sering mengabaikan kesehatan gigi dan tidak melakukan perawatan gigi dengan baik. Sebab mulut yang kotor adalah tempat bakteri dan penyakit bersarang di dalamnya. Tidak heran bila masalah gigi dan mulut lebih rentan menyerang mereka yang sering mengabaikan kesehatan gigi dan mulutnya.

Perlu diketahui dengan baik jika pertumbuhan bakteri yang berlebihan akan dapat membuat peradangan muncul pada gusi dan kondisi ini akan pula menyebabkan pembengkakan terjadi. Bila kondisi ini tidak segera ditangani dengan baik maka yang terjadi adalah munculnya kantung nanah.

Tak hanya itu, mereka yang lebih berisiko mengembangkan kondisi gusi bernanah akibat sistem imun yang lemah diantaranya adalah penderita diabetes dan pengidap kanker. Karena dua penyakit ini biasanya berlatar belakang sistem imun yang lemah.

Penyakit Gusi

Kondisi lain yang dapat memicu gusi bernanah adalah adanya penyakit pada gusi. Penyakit pada gusi bisa disebabkan akibat penumpukan plak gigi yang ada disekitaran gusi. Plak adalah lapisan lengket yang terdiri dari bakteri dan sisa makanan yang menempel pada bagian permukaan gigi. Plak biasanya berwarna hitam atau kehijauan dan hal ini bisa mungkin membuat siapa saja tidak percaya diri.

Bila plak dibiarkan terus menumpuk maka akan memicu terjadinya peradangan. Peradangan yang dipicu oleh bakteri dalam plak akan dapat menimbulkan rasa sakit yang hebat. Selain itu, kondisi ini pun bisa mungkin membuat gusi menjadi bengkak, merah dan berdarah. Selain itu, kondisi ini pun akan mampu membuat pembusukan gusi dan gigi menjadi lebih sensitif yang mana dalam dunia medis kondisi tersebut disebut dengan gingivitis.

Gingivitis perlu segera ditangani dengan baik sebab bila tidak hal ini akan dapat menyebabkan gusi bernanah atau abses pada bagian gusi. Bila kondisi ini mulai anda rasakan maka dampaknya perasaan sakit gigi akan sulit dihindarkan dan bau mulut pun menjadi mimpi buruk untuk siapa saja.

Cara Merawat Gusi Bernanah di Rumah

Setelah melakukan pemeriksaan ke dokter hal lain yang juga dapat anda lakukan untuk merawat gusi bernanah adalah dengan perawatan di rumah. Mari lakukan beberapa hal ini agar gusi bernanah bisa sembuh dengan lebih cepat.

Konsumsi Obat Dokter Secara Rutin

Jangan sepelekan resep obat yang diberikan oleh dokter. Terlebih lagi gusi bernanah erat kaitannya dengan infeksi bakter maka biasanya dokter akan meresepkan antibiotik. Konsumsi terhadap antibiotik harus dihabiskan sampai tuntas agar dosis yang diberikan bisa bekerja dengan keluhan yang anda rasakan.

Bila perlu lakukan pencatatan pada buku harian tentang waktu minum obat. Pastikan anda menghabiskannya dengan baik agar demikian kondisi yang anda alami ini bisa segera sembuh. Sehingga keluhan seperti rasa nyeri dan perasaan ngilu bisa berkurang dengan cepat.

Rajin Menyikat Gigi

Menjaga kebersihan gigi dan mulut menjadi langkah penting agar bakteri dan kuman serta sisa makanan tidak bersarang pada sela gigi dan gusi yang pada akhirnya dapat memicu permasalahan pada bagian tersebut. Untuknya, pastikan anda rajin menggosok gigi anda minimal setiap mandi dan sebelum tidur di malam hari.

Hindari Konsumsi Makanan Keras dan Tajam

Beberapa makanan keras dan bertekstur tajam mungkin perlu anda hindari selama anda berada dalam perawatan gusi bernanah. Karena jenis makanan ini membutuhkan tekanan yang besar untuk bisa dicerna dengan baik pada bagian mulut anda. Agar anda tidak bersusah payah maka hindari jenis makanan tersebut selama anda melakukan pengobatan gusi bernanah.

Loading...

Loading...