Diet adalah sebuah upaya penurunan berat badan yang pada umumnya dilakukan dengan mengurangi sejumlah asupan makanan ke dalam tubuh demi menghindari tumpukan lemak dan kalori dari berbagai macam makanan tertentu. Pedoman inilah yang seringkali membuat para pelaku diet menyiksa diri mereka dengan melewati banyak waktu makan. Bukan tidak ada nafsu makan melainkan mereka menyengaja membuat diri mereka kelaparan dengan alasan agar penurunan berat badan bisa segera terwujud.

Namun sebenarnya tidak selamanya demikian, proses penurunan berat badan bukan berarti langkah penyiksaan diri dengan menyengaja membuat anda kelaparan. Anda masih diperbolehkan untuk menyantap aneka makanan namun tentunya menu yang anda konsumsi selama menjalani penurunan berat badan perlu diperhatikan dengan baik.

Baca Juga:

Selektif dalam memilih menu makan adalah cara yang cerdas dalam menjalani diet sehat yang berhasil. Dengan begini anda tidak perlu lagi membuat diri anda tersiksa dengan rasa lapar yang terus menerus ditekan. Adapun untuk menu makan malam yang sehat dan bisa dikonsumsi oleh para pelaku diet cukup beragam. Alih-alih menyumbang kenaikan berat badan, beberapa jenis makanan ini bahkan akan membantu penurunan berat badan terjadi dengan lebih cepat. Seperti apa? Simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda.

menu-makan-malam-yang-tidak-bikin gemuk.jpg

Menu Makan Malam Ini Tidak Buat Anda Gemuk

Ada cukup banyak aneka jenis makanan yang tersedia. Anda hanya perlu selektif dalam memilih aneka jenis makanan tersebut sehingga tidak menyumbang kenaikan berat badan. Adapun beberapa nutrisi yang perlu diperhatikan dalam jenis makanan sehat yang anda konsumsi selama diet diantaranya adalah:

Perbanyak Konsumsi Sayuran

Jenis makanan pertama yang sangat dianjurkan dikonsumsi oleh mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan adalah konsumsi terhadap sayur dan buah. Hal ini menjadi hal penting yang harus senantiasa anda perhatikan dengan baik karena selama diet biasanya anda mengalami kekurangan asupan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Sayur dan buah punya kandungan nutrisi yang cukup yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan serat yang begitu melimpah pada dua jenis makanan ini pun akan baik untuk tubuh anda. Salah satunya adalah melancarkan sistem pencernaan anda sehingga risiko kegendutan akibat sistem pencernaan yang buruk akan dapat anda hindari.

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan di Penn State menunjukkan bahwa mengkonsumsi sayur atau salad di malam hari akan dapat mengurangi asupan kalori ke dalam tubuh dengan persentase mencapai 12 persen. Hal ini dikarenakan salad memiliki kandungan yang banyak akan serat yang akan menjaga perut anda merasa kenyang dalam waktu yang lama. Jadi demikian, anda tak perlu lagi kelaparan di malam hari sebab konsumsi terhadap jenis makanan ini bahkan akan mencegah kenaikan berat badan.

Sayuran dan buah-buahan tidak hanya bisa anda jadikan sebagai olahan salad. Akan tetapi beberapa olahan lain seperti sayur, buah potong jus tanpa campuran gula dan lain sebagainya. Penyajian yang lebih beragam akan menghindarkan anda dari kebosanan menyantap hidangan yang itu-itu saja selama menjalani proses penurunan berat badan.

Tambahkan Asupan Protein

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk memperbesar peluang keberhasilan dari menjalani proses penurunan berat badan adalah dengan mengganti asupan karbohidrat dengan protein. Teori ini bahkan diperkuat dengan sebuah penelitian di Tufts University dimana para ahli punya pendapat yang sama dalam penelitian tersebut. Betapa tidak, protein yang ada pada makanan akan dapat membuat anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan mengkonsumsi lemak dan karbohidrat.

Adapun pilihan sumber protein yang akan dapat anda konsumsi dengan baik bisa anda dapatkan dari daging ayam, makanan laut, kacang-kacangan. Menu makanan ini dianjurkan untuk para pelaku diet untuk menghindari kenaikan berat badan. Pilihan menu di atas akan tentu lebih baik manfaatnya dibandingkan dengan mengkonsumsi daging merah.

Selain asupan protein dari makanan, anda pun akan dapat memperkaya asupan tersebut dengan konsumsi susu. Asupan ini akan dapat membantu menghindarkan kenaikan berat badan dan dalam waktu yang bersamaan susu akan mampu membangun massa di dalam tubuh anda tanpa adanya lemak.

Hanya saja, perhatikan dengan baik untuk senantiasa menjaga kandungan protein dalam menu makan malam anda dengan memperhatikan proses pemasakan yang tepat. Gunakan metode panggang atau rebus pada saat mengolah menu makan malam anda. Cara ini akan dapat menghindari adanya tambahan lemak yang berasal dari minyak goreng yang anda gunakan pada saat memasak.

Penuhi Kebutuhan Serat dengan Konsumsi Gandum Utuh

Selain sayur dan buah, konsumsi karbohidrat ditambahkan dengan serat yang berasal dari biji-bijian adalah pilihan menu makan yang dianjurkan bagi anda untuk mempermudah penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan asupan karbohidrat plus serat akan mampu menghasilkan asupan energy yang berlangsung lama serta membantu tubuh mengendalikan gula darahnya dengan lebih baik.

Hal ini dikarenakan kandungan seratnya akan dapat membuat makanan yang dikonsumsi bertahan lebih lama di dalam perut sehingga anda akan terjaga dari rasa lapar dalam jangka waktu yang lebih lama.

Selain itu, perhatikan dengan baik bahwa mengurangi karbohidrat selama menjalani diet bukan berarti anda tidak mengkonsumsinya sama sekali. Sebab pada dasarnya tubuh anda pun membutuhkan karbohidrat untuk sumber energi.

Anda hanya perlu mengontrol asupannya agar jangan berlebihan, terutama pada saatmalam hari. Pilihlah jenis nasi merah, roti gandum utuh atau mungkin bayam guna memenuhi kebutuhan karbohidrat sehat di dalam tubuh anda. Selain itu, beberapa makanan ini pun punya kandungan magneisum, yakni mineral yang berperan dalam mengatur metabolisme lemak di dalam tubuh kita. Maka dari itu, asupanya akan sangat bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan kita.

Nah, itulah dia beberapa anjuran menu makan malam yang dapat dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani diet atau proses penurunan berat badan. Semoga dengan menyimak bahasan di atas membantu kita agar tidak lagi menyiksa diri dengan membiarkan perut kelaparan.

Selain itu, di bawah ini adalah beberapa pilihan menu makan malam yang tidak akan buat anda menjadi gemuk. Apa sajakah menu tersebut? Mari simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda.

Pilihan Menu Makan yang Tidak Buat Gemuk

Menjalani diet terkadang membuat kita kesulitan menemukan aneka jenis makanan yang nikmat dan aman untuk dikonsumsi. Betapa tidak, sudah bukan rahasia lagi jika kebanyakan makanan dengan rasa yang lezat pasti mengandung sejumlah lemak dan bahan-bahan yang akan menyumbang kenaikan berat badan terjadi dengan cepat.

Eitss...Anda keliru tentunya tidak semua jenis makanan enak adalah makanan yang tidak sehat. Buktinya beberapa pilihan menu makan malam di bawah ini akan bisa anda nikmati selama menjalani proses penurunan berat badan. Kuncinya adalah dengan membuat sendiri hidangan makanan anda. Agar anda tahu betul apa saja kandungannya dan bisa mengontrol bahan-bahan yang harus anda hindari.

Menu Salad Quinoa Daging yang Nikmat dan Kenyang

Menu yang pertama adalah salah Quinoa dengan campuran daging yang enak. Menu sehat ini akan tentu bisa anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana.

Bahan-Bahan:

  • 100 gram quinoa
  • 50 gram paprika cincang
  • 85 gram daging ayam, potong dadu
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 100 gram brokoli, potong kecil-kecil

Cara Pembuatan:

  1. Untuk yang pertama silahkan cuci bersih quinoa dengan menggunakan air yang mengalir. Pastikan anda membersihkannya dengan merata setelah itu tiriskan.
  2. Selanjutnya didihkan air dalam sebuah panci secukupnya saja. Masukkan quinoa ke dalamnya dan masak dengan menggunakan api kecil dengan durasi kurang lebih 15 menit. Kemudian angkat sajian ini dan tiriskan kembali dengan menggunakan sarangan.
  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak zaitun sedikit saja. Lalu kemudian tumis daging ayam ke dalamnya bersama dengan paprika dan campurkan bersama dengan brokoli. Aduk merata.
  4. Matika api dan campurkan tumisan bersama dengan quinoa yang sudah direbus dengan merata. Berikan sejumput garam dan aduk merata lalu hidangkan.

Menu Sup Ayam Bening Asparagus

Bosan dengan hidangan tumis dan rebus? Saatnya ciptakan hidangan berkuah hangat dengan cita rasa gurih dan sehat yang mengenyangkan. Dijamin pembuatan hidangan kali ini sangat praktis dan anda akan tentu bisa membuatnya di rumah dengan mudah.

Bahan-Bahan:

  • 10 buah asparagus ukuran kecil
  • 100 gram dada ayam tanpa kulit, potong dadu
  • 1/8 sdt jahe parut
  • 2 sdm quinoa
  • 200 gram daun bayam
  • 200 ml kaldu ayam

Cara Pembuatan:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda hanya perlu memanggang ayam dalam suhu kurang lebih 175 derajat dengan durasi selama 25 menit. Diamkan ayam sampai anda mendapatkan kematangan yang diinginkan.
  2. Potong ayam menjadi beberapa bagian dan sisihkan sementara. Lalu kemudian masukkan kaldu ayam bersama dengan bayam dan quinoa dalam sebuah panci. Lalu rebus selama kurang lebih 15 menit sampai mendidih.
  3. Setelah matang, masukkan ke dalam mangkuk sajian ini. Selanjutnya ayam panggang yang sudah dipotong-potong dapat anda masukkan ke dalam mangkuk sup dan sisihkan sementara.
  4. Untuk asparagus anda bisa mencampurkan sajian ini bersama dengan kecap dan parutan jahe kemudian kukus sampai agak empuk. Selanjutnya hidangan ini akan dapat anda sajikan sebagai pelengkap sup hangat untuk menu makan malam anda.

Chicken Steak with Potato and Mushroom

Jika anda malas menyajikan hidangan yang ribet dan rumit. Pilihan menu chicken steak with potato and mushroom kali ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk dinikmati. Betapa tidak, rasanya yang enak dan sedap akan dijamin memuaskan nafsu makan anda di malam hari namun anda tak perlu khawatir dengan kegendutan. Karena dijamin makanan ini akan sehat dan aman dikonsumsi.

Bahan-Bahan:

  • 200 gram jamur portobello
  • 100 gram dada ayam tanpa kulit
  • 200 gram kentang
  • 1 sdm minyak zaitun

Cara Pembuatan:

  1. Langkah pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan terlebih dahulu mencampurkan dada ayam bersama dengan minyak zaitun kemudian campurkan dengan jamur yang sudah dibersihkan.
  2. Panggang ayam dalam oven dengan suhu 175 derajat Celcius selama kurang lebih 15 menit hingga matang dan merata. Lalu angkat dan tiriskan sementara sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya.
  3. Panggang kentang dalam loyang datang dengan suhu yang sama selama kurang lebih 5 sampai dengan 7 menit hingga lunak dan matang. Kemudian siapkan piring dan tata kedua bahan ini untuk disajikan dengan cantik.
Loading...

Loading...