Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat mengganggu penderitanya. Kadang jerawat bisa sangat susah dihilangkan, misalnya saja sudah berkali-kali bolak-balik ke dokter kulit tapi jerawat tetap saja datang. Pada dasarnya jerawat adalah penyumbatan sebum atau minyak yang bercampur dengan bakteri dan sel kulit mati di pori-pori kulit. Jerawat yang paling ringan jenisnya disebut komedo dan jerawat yang paling berat jenisnya biasa disebut kista atau jerawat batu. (Artikel menarik lainnya: Cara menghilangkan jerawat)

Baca Juga:

Jerawat batu ini timbul akibat komedo yang membusuk, sehingga meradang dan mengeluarkan nanah. Sedangkan bisul bukan termasuk jenis jerawat. Bisul biasanya melibatkan bakteri Sthaphylocuss Aureus. Mengobati jerawat bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami dan tradisional atau dengan pergi ke dokter. Namun, yang paling penting adalah menjaga pola hidup sehat. Jadi jerawat tidak diatasi hanya dari luar tetapi diatasi dari dalam.

Berikut ini kami memiliki beberapa tips mengenai bagaimana cara mengobati jerawat dengan melakukan beberapa olahraga berikut ini.

  1. Lakukan jogging minimal 30 menit setiap hari, boleh pagi boleh sore hari. Jogging bisa dilakukan di komplek atau dilapangan. Namun, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar Anda tidak kehabisan nafas dan bisa mengatur nafas Anda dengan baik. Hal ini agar Anda tidak mudah cape saat Anda berolahraga. Jogging memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit terutama untuk menjaga kelembaban dan membantu mencerahkan kulit sehingga kulit terhindar dari jerawat dan noda hitam akibat jerawat pun bisa lekas hilang.
  2. Pilates. Mungkin nama olahraga ini familiar di telinga Anda. Ya benar, olah raga ini sedang populer dikalangan selebritis terutama selebritis wanita. Pilates dapat dikatakan sebagai olahraga senam lantai. Karena pilates tidak harus lari-larian atau terjun ke air. Pilates ternyata mampu mencegah jerawat karena dengan pilates pori-pori wajah Anda akan segar dan terhindar dari penyumbatan minyak atau sebum.
  3. Yoga. Tidak hanya pilates, akhir-akhir ini Yoga pun sedang di gandrungi oleh kaum muda. Yoga adalah jenis olahraga yang berbentuk seperti meditasi. Yoga menyeimbangkan ketenangan fikiran serta batin dan kelenturan tubuh. Pose-pose yoga pun beragam-ragam. Anda harus benar-benar rileks dan tenang untuk bisa menguasai satu teknik pose. Sepertinya tidak begitu berat ya. Namun percayalah, melakukan yoga bisa membuat Anda berkeringat deras. Jadi tidak hanya tubuh saja yang bugar, tetapi fikiran Anda pun akan lebih rileks karena mampu mengurangi stress penyebab munculnya jerawat.
  4. Olahraga Kardio. Selain tiga jenis olahraga diatas, kardio adalah jenis olaraga yang juga mampu mengatasi jerawat terutama menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Kardio juga sangat baik digunakan sebagai olahraga untuk menurunkan berat badan. Caranya adalah silahkan Anda berjalan, berlari, berenag atau melakukan senam aerobik selama 40-60 menit setiaap hari. Selamat berolahraga! Semoga bermanfaat! (Baca juga: Cara menghilangkan bekas jerawat)
Loading...

Loading...