Haid atau menstruasi adalah proses pelepasan dinding rahim atau endometrum yang disertai dengan pendarahan yang terjadi setiap satu bulan satu kali. Haid atau menstruasi juga diercaya sebagai sebuah tanda bahwa seorang perempuan telah menginjak masa balig atau dewasa. Hal ini dikarenakan ketika seorang perempuan sudah mengalamai mentsruasi, maka, ia sudah mengalami masa subur dimana sel telur sudah siap dibuahi.

Haid atau menstuasi pertama kali dapat dialami oleh perempuan berumur 11 hingga 16 tahun. Perbedaan umur yang dialami oleh setiap perempuan dalam mengalami haid pertama mereka disebabkan karena beberapa faktor seperti faktor asupan makanan dan minuman, cuaca, dan genetik. Selain itu, menstruasi juga biasanya di alami oleh perempuan selama 2-8 hari namun tak jarang jika ada perempuan mengalami menstruasi hingga mencapai 28 hari.

Baca Juga:

Selama haid, rata-rata seorang perempuan akan kehilangan 30 ml volume darah dan 30 mg zat besi. Maka saat Anda sedang mengalami haid, sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti jagung, bayam, kentang, kangkung, buah aprikot, daging sapi, telur, dan juga ikan. Jika Anda tidak banyak mengkonsumsi banyak zat besi, maka Anda akan lebih mudah mengalami pusing atau migrain.

Ada beberapa gejala yang dialami oleh perempuan sebagai pertanda bahwa masa haid atau menstruasi akan segera datang, yaitu keputihan, perut terasa mual dan sakit, demam, terasa nyeri saat buang air kecil, payudara terasa membengkak, sensitif dan mudah marah, dan yang terakhir adalah munculnya jerawat. Tanda yang terakhir ini jerawat, sering kali menjadi masalah yang cukup serius bagi perempuan pada umumnya. Hal ini dikarenakan jerawat mampu mengurangi rasa percaya diri terutama jerawat yang ada disekitar wajah.

Jerawat yang muncul pada saat akan mengalami menstruasi atau haid disebabkan oleh perubahan hormonal yaitu ketidakseimbangan hormon testosteron dan androgen. Hal ini pula yang menyebabkan perempuan akan mudah marah dan sensitif. Namun, tunggu dulu, kemunculan jerawat pada saat Haid juga didukung oleh kebersihan kulit yang kurang terjaga lho! Kenapa ya?

Satu hal yang harus diingat Ladies, bahwa jerawat pada dasarnya adalah penumpukan minyak di dalam pori-pori kulit yang diikuti oleh bakteri akibat kelenjar sebasea yang aktif berproduksi. Nah penumpukan ini biasanya masih berbentuk kecil dan sering disebut komedo. Jika komedo ini dibiarkan, maka akan terjadi pembengkakan disekitar pori-pori karena bakteri yang berkembang. Jadi jika dibiarkan, komedo ini akan tumbuh menjadi jerawat yang sering kita ketahui ciri-cirinya berbentuk bulat, kemerahan bahkan ditengahnya tumbuh nanah putih atau kekuningan.

Nah ladies, pada saat Anda memasuki masa haid ini dan Anda malas mencuci wajah, tak mengherankan jika jerawat tumbuh dengan perlahan. Namun ingat satu hal ya Ladies, pada saat jerawat muncul, jangan mencoba untuk memecet jerawat dengan jari apalagi jarinya tidak dicuci terlebih dahulu atau Anda coba untuk memencet dan memainkanya dengan kuku. Karena hal ini malah akan memicu pertumbuhan jerawat akibatnya jerawat akan meradang dan bekasnya akan sulit dihilangkan.

Loading...

Loading...