Kebiasaan Spele yang Menyebabkan Diet Gagal - Memiliki badan yang ideal menjadi dambaan banyak orang. Banyak dari mereka yang memiliki kelebihan berat badan berusaha untuk melakukan program diet. Ada banyak metode diet yang dapat dilakukan. Namun, banyak juga yang gagal diet di tengah-tengah jalan, dimana berat badan justru malah naik drastis atau tidak kunjung turun.

Gagal diet ternyata dapat disebabkan karena kebiasaan sehari-hari. Tanpa disadari anda melakukan kebiasaan ini sehingga membuat diet yang anda jalankan terganggu atau gagal. Nah, berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan gagal diet.

Baca Juga:

Kebiasaan-Spele-yang-Menyebabkan-Diet-Gagal.jpg

Kebiasaan Spele yang Menyebabkan Diet Gagal

Demi diet anda berhasil dan memiliki badan yang ideal terwujud, penting untuk memahami apa saja penyebab gagal diet. Setelah mengetahuinya tentu anda harus menghindarinya. Yuk simak berikut ini.

Makan Sedikit

Ketika diet kebanyakan orang membatasi makannya. Padahal mengurangi asupan makanan dengan drastis akan dapat menyebabkan laju pembakaran energi tubuh menjadi lambat. Hal ini akan membuat pembakaran kalori menjadi sedikit. Hal inilah yang akan menyebabkan diet gagal.

Oleh karena itu, pastikan anda tetap makan walaupun sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Anda jangan hanya fokus untuk mengurangi asupan kalori. Namun, anda juga harus memilih makanan alami yang mengandung gizi seimbang sepeti telur, ikan, buah, sayur dan kacang-kacangan.

Olahraga yang Dipilih Tidak Sesuai

Ada banyak jenis olahraga, namun setiap jenis olahraga tersebut mempunyai kegunaan yang berbeda. Walaupun dapat membantu membakar kalori, namun melakukan olahraga yang salah akan dapat menyebabkan program diet yang anda lakukan gagal. Melakukan olahraga dengan berlebihan justru akan dapat menyebabkan berat badan naik.

Untuk anda yang sedang berupaya menurunkan berat badan, olahraga yang cocok salah satunya yaitu high intensity interval training, yang merupakan kelompok olahraga kardio, dimana dilakukan dengan kombinasi gerakan intensitas tinggi, serta intensitas rendah yang dilakukan dengan bergantian pada satu waktu.

Untuk anda yang akan menerapkan olahraga yang satu ini, anda bisa melakukan olahraga kardio dengan waktu singkat. Kemudian selingi istirahat beberapa detik.

Menghindari Karbohidrat

Diet rendah karbohidrat banyak dijadikan pilihan karena diketahui efektif menurunkan berat badan. Akan tetapi, bukan berarti anda seutuhnya menghindari karbohidrat. Pasalnya, karbohidrat menjadi sumber energi utama untuk tubuh.

Apabila anda menghindari karbohidrat dalam waktu lama, maka akan menyebabkan melambatnya laju metabolisme. Hal ini akan dapat menyebabkan berat badan justru lebih sulit turun.

Tidak Sarapan

Tidak sarapan atau melewatkan waktu sarapan tidak boleh anda lakukan jika sedang melakukan diet. Perlu anda ketahui, dengan sarapan maka tubuh akan mendapatkan energi setelah berjam-jam tidak mendapatkan makanan. Selain itu, mengonsumsi sarapan yang sehat juga akan memberikan energi pada tubuh sampai waktunya makan siang, pola makan anda akan menjadi teratur dan terhindari dari makan siang yang berlebihan.

Mengonsumsi Cemilan yang Tinggi Akan Kandungan Gula

Saat diet penting untuk memperhatikan cemilan yang anda konsumsi. Pilihlah cemilan sehat dan hindari cemilan yang tinggi akan kandungan gula. Mengonsumsi cemilan tinggi gula akan menyebabkan diet anda gagal.

Karbohidrat olahan atau gula akan dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat, serta dengan cepat menurunkannya kembali. Hal ini akan dapat membuat anda lebih mudah lapar sehingga  menyebabkan anda makan lebih banyak dari yang seharusnya.

Minum Minuman Berkalori

Ketika sedang menjalankan program diet, anda tentu akan lebih teliti dalam memilih makanan, minuman atau camilan dalam sehari-harinya. Akan tetapi, biasanya banyak yang tidak menyadari bahwa kalori dapat tersembunyi pada minuman sehari-hari. Mengonsumsi soda diet juga sebenarnya dapat membuat program diet anda terganggu.

Dimana kalori tersembunyi ini berasal dari tingginya kandungan gula yang terdapat pada minuman kemasan. Tidak hanya menyebabkan gagal diet, namun mengonsumsi minuman yang tinggi akan kandungan gula dan kalori juga akan meningkatkan risiko mengalami gangguan kesehatan.

Tidak Mencukupi Kebutuhan Cairan

Ketika mengalami dehidrasi, terkadang rasa lapar muncul. Ketika anda mengalami lapar palsu, untuk mengatasinya cobalah minum air segelas. Setelah minum, rasakanlah apakah anda tetap ingin makan. Untuk sebagian orang cara ini akan ampuh membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, minum air yang cukup juga akan membantu pembakaran kalori menjadi cepat, mengurangi asupan kalori serta membantu membakar lemak pada tubuh. Oleh karena itu, pastikan anda minum yang cukup atau setidaknya sebanyak 2,5 liter dalam setiap harinya agar diet yang anda jalankan sukses.

Kurang Tidur

Mencukupi waktu tidur sangat penting untuk dilakukan. Perlu anda ketahui, kurang tidur akan dapat menyebabkan diet yang anda jalankan gagal. Ketika sedang tidur, tubuh akan memproduksi hormon melatonin. Dimana hormon ini berperan untuk meningkatkan metabolisme dan lemak yang berperan untuk pembakaran energi.

Apabila waktu tidur kurang maka efeknya hormon melatonin  tidak bisa dengan baik berfungsi. Hal ini menyebabkan menurunnya laju metabolisme, begitupun dengan jumlah kalori yang dibakar. Kondisi ini akan membuat anda sulit dalam menurunkan berat badan.

Baca juga : 

Tidak Mengonsumsi Cemilan

Ketika diet anda mungkin akan merasa lapar, ini merupakan kondisi yang wajar. Apabila anda tidak mengonsumsi cemilan sama sekali, rasa lapar yang anda alami akan membuat diet menjadi tidak nyaman, serta akan memicu makan dengan berlebihan.

Oleh karena itu, ketika diet pastikan anda mengonsumsi cemilan sebanyak 2 hingga 3 kali. Ada berbagai macam cemilan yang bagus dikonsumsi saat diet, salah satunya buah-buahan.

Ekspektasi yang Terlalu Tinggi

Proses menurunkan berat badan tentu membutuhkan waktu. Nah, gagal diet juga bisa saja disebabkan karena ekspektasi anda terlalu tinggi. Ketika menjalankan diet anda cepat menyerah karena menganggap diet yang anda jalankan tidak berhasil.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika anda menentukan terlebih dahulu target yang realistis, contohnya 1 kg dalam seminggu.

Diet yang Terlalu Ketat

Orang yang menjalankan diet kebanyakan gagal disebabkan karena menjalankan diet yang terlalu ketat atau diet yang tidak seimbang, serta diet yang cepat menurunkan berat badan. Hal itu menyebaban berat badan kembali naik setelah diet.

Terdapat banyak pola diet yang efektif untuk menurunkan berat badan, serta membantu mempertahankan berat badan. Sebaiknya anda memilih pola diet sesuai dengan kemampuan anda sendiri. Pastikan anda juga terus disiplin dalam menjalankan diet yang anda pilih.

Itulah beberapa kebiasaan spele yang dapat menyebabkan gagal diet. Menurunkan berat badan bukanlah proses yang mudah. Anda harus melakukannya dengan perlahan. Nah, agar diet yang anda jalankan tidak gagal, anda harus menghindari kebiasan-kebiasaan spele seperti di atas.

Loading...

Loading...