Untuk menekan penyebaran virus Corona, pemerintah Indonesia mengimbau kepada masyarakat untuk berada di rumah. Hanya saja, seiring dengan berjalannya waktu melakukan karantina di rumah jenuh dan membosankan. Namun, rasa jenuh dan bosan tersebut bisa diatasi dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah, beberapa di antaranya seperti berikut ini.

 

Baca Juga:

Kegiatan-saat-karantina.jpg

Credit: Polarumah.com

Kegiatan di Rumah yang Bisa Dilakukan Saat Karantina

Meskipun baik untuk membantu agar penyebaran virus berkurang, tentunya melakukan karantina di rumah akan menimbulkan rasa jenuh. Bahkan aktivitas sehari-hari yang berkurang dan terus berada di rumah akan dapat menimbulkan frustasi, cemas dan stres. Namun, rasa jenuh tersebut bisa dihilangkan dengan melakukan beberapa kegiatan seperti berikut ini.

Baca juga : Cara Karantina Diri Sendiri di Rumah

Olahraga di Rumah

Olahraga dapat menjadi kegiatan seru saat karantina. Anda dapat melakukan olahraga di rumah saja supaya tubuh tetap sehat dan bugar. Ada banyak jenis olahraga yang bisa anda lakukan di rumah seperti lari dengan menggunakan treadmill, yoga dan aerobik yang lainnya.

Anda tetap harus memperhatikan kebersihan alat olahraga serta ruangan yang anda gunakan untuk berolahraga. Melakukan aktivitas fisik dapat membantu membuat hormon endorfin meningkat, serta respon stres yang akan dapat membuat sistem imun menurun dapat ditangkal.

Memasak

Memasak dapat menjadi ide yang cerdas untuk mengatasi rasa bosan ketika karantina. Anda bisa mencari ide resep masakan yang sedang populer atau masakan kesukaan anda. Anda dapat memanfaatkan bahan masakan yang tersedia di rumah anda. Selain akan membuat perut kenyang, hal ini juga akan mencegah anda keluar rumah untuk membeli makanan. Dengan memasak sendiri di rumah, anda juga bisa memilih bahan makanan yang sehat untuk anda dan keluarga di rumah.

Anda bisa membuat daftar masakan apa saja yang akan dibuat dengan menggunakan bahan makanan yang ada di rumah. Meskipun hanya makanan sederhana namun yang terpenting tetap mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Menghubungi Teman

Ketika sedang melakukan karantina anda tentunya tidak akan bertemu dengan teman-teman anda seperti biasanya. Namun, jangan khawatir anda tetap bisa bertukar kabar dan mengobrol dengan teman melalui pesan singkat ataupun telepon. Bahkan saat ini sudah canggih, anda bisa video call agar bisa bertatap wajah langsung.

Jika anda sedang stres, bosan atau cemas anda bisa mengobrol dengan orang yang anda percaya mengenai apa yang sedang anda rasakan. Dengan seperti itu anda bisa mengatasi rasa bosan yang anda alami ketika harus melakukan karantina di rumah.

Nonton Film

Untuk anda yang hobi nonton film, anda bisa melakukannya saat karantina. Anda dapat menonton film atau serial tv kesukaan anda untuk mengatasi rasa bosan saat karantina. Saat ini juga sudah banyak situs web yang menyediakan streaming film, baik yang gratis ataupun berbayar. Jika anda tidak tahu daftar film seru yang harus ditonton, anda bisa meminta rekomendasi dari teman anda. Namun, pastikan jangan terlalu lama menonton film karena tidak baik untuk kesehatan. Anda bisa menontonnya sesekali.

Artikel Menarik Lainnya : Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Melakukan Hobi yang Tertunda

Saat karantina anda juga bisa melakukan hobi yang tertunda. Jika anda hobi membaca, anda bisa melanjutkan bacaan anda yang tertunda. Anda bisa membuka kembali buku ataupun novel yang baru anda baca setengahnya. Jika anda hobi menulis, anda juga bisa menulis cerita ataupun puisi agar keterampilan menulis anda menjadi lebih berkembang.

Loading...

Loading...