Sebagai manusia yang normal, tubuh anda akan merasakan kelelahan saat banyak melakukan aktivitas.

Dengan konidisi ini tubuh akan memerlukan jeda untuk beristirahat dan kembali mengumpulkan energi. Tidur adalah salah satu cara terbaik tubuh untuk meregenerasi segala sesuatu yang telah hilang selama melakukan aktivitas. Itulah mengapa setelah bangun tidur tubuh akan merasa lebih fit dan kepala terasa lebih ringan.

Baca Juga:

Hanya saja, aktivitas yang menumpuk dan pekerjaan yang masih berserakan dimana-mana, terkadang membuat kita enggan untuk memenuhi kebutuhan tubuh untuk tidur. Pada akhirnya, pekerjaan menjadi hal yang perlu diutamakan dibandingkan dengan tertidur dan mengistirahatkan tubuh.

Banyaknya kegiatan dan rutinitas yang dilakukan sehari-hari akan mungkin membuat anda kewalahan. Bila waktu kerja tidak memungkinkan untuk bisa menyelesaikan kegiatan ini maka anda akan cenderung menyita waktu istirahat anda. Hal inilah yang kemudian memungkinkan anda untuk bisa menyelesaikan pekerjaan anda meski memungkas habis waktu tidur anda.

Kebiasaan yang satu ini umumnya banyak dilakukan oleh mereka yang bekerja kantoran atau memiliki pekerjaan yang menuntut mereka untuk bisa menyelesaikan tugasnya sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan. Pada akhirnya kegiatan ini membuat mereka menghabiskan banyak waktu bahkan hingga seharian penuh. Sebagian bahkan ada yang sampai tidak tidur.

Hal seperti ini tentu tidak baik dilakukan, apalagi sampai terulang menjadi kebiasaan. Tubuh yang tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup akan membuat anda mudah terserang dengan penyakit. Mengapa demikian? Sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa tidur adalah salah satu upaya tubuh untuk mengembalikan energi dan meregenersi segala sesuatu yang hilang dalam tubuh anda sewaktu melakukan aktivitas. Sebaliknya ketika tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat maka kesehatan anda akan lebih rentan sehingga penyakit akan lebih mudah menyerang.

Untuk itulah, sebaiknya berusahalah untuk lebih bijak pada kesehatan anda. Aktivitas dan kegiatan mungkin menjadi rutinintas yang tidak bisa anda tinggalkan. Akan tetapi, hal ini pun bukan membuat anda harus mengorbankan waktu istirahat anda.

Menjadi loyal pada perusahaan memang menjadi tindakan yang terpuji, apalagi bila pengorbanan anda mendapatkan reward yang setimpal. Namun tetap saja, untuk mempersiapkan tubuh anda bisa menghadapi lebih banyak kegiatan dan rutinitas yang akan anda hadapi dihari esok maka waktu istirahat adalah hal yang penting yang perlu anda perhatikan.

Seberapa kerasnya anda menolak untuk mendapatkan tidur yang cukup. Tetap saja, tubuh anda akan mulai memberikan signal atau tanda-tanda mereka membutuhkan istirahat. Untuk itulah, cobalah lebih bijak dengan memberikan kesempatan tubuh anda untuk sejenak berbaring dan tidur dengan nyaman agat tubuh anda merasa lebih baik dan lebih bugar.

Nah, bagi anda yang sulit mengenali tubuh yang membutuhkan waktu istirahat atau tidur. Maka sebaiknya kenali tanda-tanda dibawah ini saat tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Tanda Tubuh Tidak Mendapatkan Waktu Istirahat yang Cukup

kenali-tanda-tubuh-tidak-mendapatkan-istirahat-cukup.jpg

1. Mudah Lelah

Tanda yang pertama yang bisa menjadi sinyal tubuh saat anda tidak memberikan mereka istirahat yang cukup adalah perasaan lelah yang cenderung lebih mudah datang. Kondisi ini apalagi akan lebih bisa anda rasakan ketika anda menghadapi segudang aktivitas dan kegiatan yang banyak. Lemas dan tak berdaya seringkali menjadi hal yang akan anda hadapi. Akibatnya segala hal yang anda rencanakan akan mungkin membuat anda merasa dibebani dengan hal ini.

Untuk itu, sebaiknya ambilah waktu istirahat sejenak agar anda bisa istirahat dan tidur dengan nyaman. Selain itu, perhatikan waktu tidur anda dimalam hari. Sebab kondisi ini dapat terjadi karena waktu tidur anda dimalam hari terganggu dengan banyak hal. Adapun cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara:

  • Minum air putih sebanyak 2 gelas setelah bangun tidur dan ketika hendak melakukan aktivitas (terkecuali anda sedang berpuasa)
  • Setelah itu, bila memungkinkan ambilah waktu istirahat tidur siang selama 30 menit untuk membuat tubuh anda lebih fresh
  • Upayakan untuk mendapatkan asupan sarapan pada pagi hari. Pemilihan jenis makanan yang dikosumsi saat pagi hari pun perlu diperhatikan. Sebaiknya sarapan dengan makanan yang rendah kalori dan karbohidrat, namun tinggi serat dan protein.

2. Saat Siang Mudah Mengantuk

Kondisi tubuh yang tidak mendapakan waktu istirahat pada malam hari akan membuatnya menagih waktu istirahat pada siang hari. Bila hal ini tidak anda penuhi maka anda akan merasa lebih mudah mengantuk sewaktu siang hari. Untuk itu, bila memungkinkan sebaiknya beristirahatlah sebentar untuk membuat tubuh anda merasa lebih baikan.

3. Konsentrasi Menurun

Orang yang tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup akan mungkin menurunkan fokus dan konsentrasinya. Hal ini akan menjadi masalah yang besar, terutama untuk anak-anak yang masih dalam usia sekolah. Menurunnya konsentrasi karena sering terjaga sampai larut malam akan mungkin membuat mereka tidak dapat menangkap apa yang disampaikan disekolah dengan baik. Akibatnya, hal ini akan mengurangi kecerdasan dan kemampuan bejalarnya disekolah.

4. Sering Merasa Lapar

Kurang tidur akan dapat menyebabkan horon ghrelin naik. Peningkatan kadar hormon ini akan mungkin membuat tubuh anda merasa mudah lapar. Hal ini tenu akan merugikan tubuh, karena meskipun pada pagi hari anda sudah menyantap sarapan, akan tetapi baru saja menjalankan aktivitas yang sedikit. Namun tubuh merasa mudah lapar dan ingin kembali menyantap banyak makanan. Pada akhirnya kondisi ini membuat anda menyantap makanan dalam porsi yang berlebihan. Hal ini tentu akan mengarahkan anda pada kondisi kegemukan yang akhirnya merusak penampilan.

5. Perubahan Mood

Kurang tidur akan mungkin membuat mood seseorang menjadi tidak stabil. Disatu waktu ia akan terlihat ramah dan diwaktu yang bersamaan ia pun bisa menjadi mudah marah. Kondisi ini tentu akan membuat orang-orang sekitar menjadi tidak nyaman dan enggan untuk bersosialisasi dengan anda. Untuk itulah, sebaiknya pastikan bila anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup pada malam hari untuk membantu anda tampil lebih bugar dengan emosi dan mood yang lebih stabil.

6. Mudah Stres

Kondisi istirahat yang tidak cukup yang didapatkan oleh tubuh akan mungkin membuat anda mudah merasakan yang namanya stres. Tubuh yang lelah dan tuntutan rutinitas yang banyak akan mungkin membuat anda merasa mudah tertekan. Akibatnya, konsentrasi yang berantakan dan tubuh yang lemas akhirnya membuat anda tidak tahan dengan kondisi ini. Tekanan yang terlalu besar akan mungkin membuat tubuh anda mudah merasakan stres.

Untuk itulah, sebaiknya ubahlah pola hidup anda dengan yang lebih baik. Memenuhi kebutuhan istirahat pada tubuh akan membuat anda merasa lebih baik dan lebih bugar. Dengan begini tubuh anda akan merasa lebih siap untuk melakukan banyak aktivitas selanjutnya.

Demikianlah beberapa tanda tubuh yang tidak mendapatkan waktu istirahat cukup. Dengan mengenali beberapa hal diatas, diharapkan akan membantu anda menjadi lebih bijak saat tubuh membutuhkan istirahat.  

Loading...

Loading...