Kesalahan Bermakeup yang Buat Wajah Mudah Jerawatan

Wajah berjerawat adalah salah satu masalah kecantikan yang paling sering terjadi. Timbulnya bintik-bintik berwarna merah dengan bagian berwarna putih diujung adalah kondisi yang paling menjengkelkan. Sebab selain menyakitkan, kehadiran jarawat seringkali mengurangi kepercayaan diri.

Wajah yang berjerawat seringkali terjadi sebab adanya pengaruh hormon, terutama untuk anak-anak remaja dimana pada saat ini tengah mengalami pergejolakan hormon. Maka demikian, tidak heran bila anak-anak yang baru beranjak remaja akan sering ditumbuhi jerawat.

Akan tetapi, apa jadinya bila ketika kita sudah dewasa jerawat masih begitu rentan terjadi? Bisa mungkin kondisi ini terjadi sebab kebiasaan dalam menggunakan makeup yang tidak diperhatikan dengan baik. Penggunaan makeup dekorasi yang bertujuan untuk mempercantik diri memang belakangan tengah menjadi trend yang ramai diperbincangkan.

Nah, bagi anda yang juga sering mengaplikasikan makeup pada wajah sebaiknya hati-hati. Bisa jadi, kondisi wajah berjerawat terjadi sebab ada beberapa kesalahan bermakeup yang buat wajah mudah jerawatan. Apa sajakah hal tersebut? Mari simak beberapa halnya dibawah ini.

kesalahan-bermakeup-yang-buat-wajah-jerawatan.jpg

Penggunaan Foundation yang Salah

Pada dasarnya, penggunaan makeup tidak menyebabkan jerawat. Akan tetapi, untuk beberapa kondisi kulit tertentu hal ini bisa mungkin menyebabkan masalah. Jerawat mungkin terjadi sebab adanya alergi atau sumbatan pada pori-pori akibat makeup yang tidak dibersihkan dengan merata sehingga kondisi ini menyebabkan tumbuhnya bakteri yang menyebabkan jerawat timbul.

Kendati demikian, untuk anda yang memiliki kondisi kulit tertentu seperti kulit sensitive maka penting sekali untuk tidak menggunakan sembarang produk kecantikan. Terutama pada saat menggunakan foundation sebab biasanya produk makeup yang satu ini seringkali digunakan pada bagian hampir seluruh wajah.

Menurut seorang pakar kecantikan bagi mereka yang bermasalah dengan kulit sensitif sebaiknya pastikan pilih produk kosmetik terutama foundation yang memiliki label label non-comedogenic. Dimana produk ini adalah produk yang tidak menimbulkan komedo.

Produk yang satu ini pun tidak menyebabkan alergi sebab bahan dasarnya adalah mineral. Selain itu, penggunaan produk ini pun akan dapat mengurangi iritasi kyulit dan penyumbatan pori-pori. Dengan demikian, penting sekali menjadi selektif dalam memilih produk kecantikan yang digunakan. Apalagi ketika anda seringkali bermakeup setiap hari.

Menutup Jerawat dengan Foundation

Salah satu alasan mengapa banyak orang lebih percaya diir menggunakan makeup untuk berias adalah makeup yang mampu menutupi kekurangan pada wajah dan menonjolkan kelebihan yang menarik. Sehingga hal ini menambah rasa percaya diri seseorang sebab menganggap bahwa balutan makeup membuat mereka tampil lebih menarik dan cantik. Termasuk dengan wajah yang berjerawat atau kekurangan lain yang ada pada wajah.

Salah satu metode dalam menutupi wajah berjerawat dengan makeup adalah dengan mengaplikasikan foundation dalam jumlah yang banyak agar ruam dari jerawat tidak terlalu terlihat. Akan tetapi, seorang profesor dermatologi bernama Craig Austin mengungkapkan bahwa kebiasaan yang satu ini adalah hal yang berbahaya dan tidak sebaiknya dilakukan terus menerus.

Wajah yang berjarawat mungkin sedikit tertutupi dengan riasa makeup yang digunakan. Akan tetapi, hal ini bukan menghilangkannya. Justru sebaliknya, wajah berjerawat yang dibiarkan ditutup dengan riasan malah akan meneybabkan jerawat semakin meradang, tak kunjng sembug dan bahakn dalam kondisi tertentu masalah semacam ini akan mungkin dapat menyebabkan jerawat menjadi iritasi.

Hal ini dikarenakan ketika menutupi jerawat dengan makeup atau foundation maka udara tidak akan masuk pada bagian ini. Hal inilah yang membuat jerawat menjadi sulit sembuh.

Mengaplikasikan Makeup dengan Jari Tangan

Tidak sedikit orang, terutama mereka yang sudah mahir berdandan segala hal yang praktis akan mereka lakukan demi mempermudah aplikasi makeup yang akan digunakan. Termasuk dengan menggunakan jari-jari tangan pada saat mengaplikasikan makeup pada wajahnya.

Namun tahukah anda? Cara seperti ini adalah salah satu masalah yang akan memicu jerawat mudah timbul pada wajah dan area yang anda sentuh dengan jari-jari tangan anda. Perlu diketahui dengan baik bahwa jari tangan adalah bagian dimana kuman dan kotoran bersarang.

Meski kita merasa tangan kita bersih dan tidak ada kotoran melekat diatasnya. Namun masalah kuman tidak selalu bisa kita kontrol dengan baik. Terkadang tanpa kita sadari tangan dan jari kita menyentuh sumber kuman dan ketika mengaplikasikan makeup dengan menggunakan jari maka tentu kuman dair bagian ini akan berpindah ke wajah.

Itulah mengapa, bakteri dari jari akan dapat menyebabkan masalah pada wajah anda terutama jerawat. Maka dari itu, sebaiknya gunakan sponge atau brush pada saat mengaplikasikan makeup sebab selain terhindar dari masalah jerawat. Hal ini pun akan tentu memberikan hasil berias yang lebih merata.

Menggunakan Peralatan Makeup yang Kotor

Selain penggunaan makeup, masalah lain yang akan pula dapat memicu timbulnya jerawat adalah penggunaan peralatan makeup yang kotor. Tanpa disadari karena hal ini mungkin adalah hal yang sepele maka banyak orang melakukan kesalahan yang sama.

Sponge, brush dan makeup applicator yang kotor dan sudah digunakan secara berulang-ulang apalagi dalam segala produk kecantikan. Tentu akan menimbulkan masalah pada wajah ketika anda menggunakan applicator yang sama.

Untuknyalah, penting diperhatikan dengan baik peralatan makeup sebaiknya dijaga agar selalu bersih. Pastikan untuk membersihkan atau mencuci peralatan makeup dengan rutin. Jangan tunggu sampai kotor atau sampai alat makeup berubah warnanya. Cuci dengan segera dan pastikan anda mencucinya dengan bahan-bahan yang aman dan keringkan dengan merata.

Tidur dengan Bermakeup

Jangan sepelekan penggunaan makeup yang dipakai dalam waktu yang lama. Kebanyakan orang terutama mereka yang bekerja sampai larut malam, biasanya kasur lebih menggoda dibandingkan dengan bergegas mencuci muka dan melepaskan makeup yang dikenakan. Perlahan hal ini dijadikan kebiasaan yang terus menerus dilakukan.

Disinilah letak kesalahan dalam bermakeup yang seringkali dilakukan. Membawa makeup sampai tidur sama dengan memberikan kesempatan untuk masalah yang menyerang wajah dan kulit bisa terjadi dengan mudah. Hal ini dikarenakan, pada saat anda tidur dengan makeup maka proses regenerasi kulit menjadi terhambat.

Akibatnya seringkali menggunakan makeup ketika tidur malah akan menyebabkan timbulnya penuaan diri dan kerutan pada wajah. Kulit wajah akan mudah kering dan timbul garis halus yang mana tentunya hal ini akan mengurangi kecantikan anda dan membuat rasa percaya diri menjadi berkurang.

Oleh karenanya, perhatikan dengan baik untuk tidak membiarkan makeup menempel pada wajah saat anda hendak tidur di malam hari. Usahakan pergilah ke kamar mandi atau bersihkan makeup dengan menggunakan makeup remover agar demikian sisa alas bedak dan makeup lainnya tidak menempel pada wajah anda.

Demikianlah beberapa jenis kesalahan yang seringkali dilakukan pada saat bermakeup yang menyebabkan wajah mudah berjerawat. Mulai saat ini perhatikan dengan baik untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut agar meskipun bermakeup wajah anda tetap sehat dan cantik.

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)