Melindungi kulit dari paparan sinar matahari adalah hal penting yang harus kita lakukan. Sinar matahari memiliki pengaruh besar bagi kesehatan kulit. Sinar ultraviolet dengan seiringnya waktu akan menyebabkan elastin rusak. Walaupun tidak akan langsung terlihat, namun efeknya akan muncul pada kemudian hari. Oleh karena itu anda harus menjaga agar kulit selalu sehat dan memakai sunscreen.

Sunscreen merupakan produk perawatan kulit penting untuk mencegah dari masalah penuaan dini. Pemakaiannya pun ada aturannya dan tidak boleh sembarangan. Hanya saja, banyak orang yang melakukan kesalahan saat menggunakan sunscreen.

Baca Juga:

Kesalahan-memakai-sunscreen.jpg

Kesalahan Memakai Sunscreen yang Harus Dihindari

Nah, untuk mengetahui apa saja kesalahan memakai sunscreen yang harus anda hindari, mari simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga : 

Hanya Bergantung Pada SPF yang Terkandung Pada Pelembab dan Make Up

Memakai make up atau pelembab yang mengandung SPF akan membuat kulit anda terlindung dari sinar matahari. Namun, meskipun begitu bukan berarti anda sepenuhnya bergantung pada make up ataupun pelembab yang digunakan tanpa memakai lagi sunscreen.

Perlu diketahui SPF yang terkandung pada pelembab ataupun make up tidak tinggi seperti pada produk sunscreen. Sebab kandungan pelembab hanya fokus menjaga kulit supaya lembab dan tidak kering. SPF yang terkandung pada pelembab tidak akan memberikan efek yang sama seperti sunscreen.

Nah, agar dapat melindungi kulit dengan maksimal, anda harus memakai produk sunscreen yang dirancang khusus untuk melindungi kulit dari matahari. Anda harus memperhatikan kandungan SPF pada suncreen yang dipilih, pastikan SPF-nya 30 atau lebih.

Tidak Menggunakan Sunscreen dengan Menyeluruh

Kesalahan yang umumnya sering terjadi ketika memakai sunscreen yaitu mengaplikasikan tidak secara menyeluruh atau melewatkan bagian-bagian tertentu seperti telinga dan kelopak mata. Padahal bagian-bagian tersebut juga perlu perlindungan. Selain itu, bagian lainnya yang perlu perhatian yaitu leher dan belakang telinga. Sebab tanpa disadari bagian ini sering terpapar oleh sinar matahari.

Bahkan bibir juga menjadi bagian yang sering terlewatkan. Bibir rentan akan kerusakan sebab melanin yang terkandung pada bibir tidak banyak yang berfungsi sebagai pelindung. Hanya saja, hindari mengoleskan sunscreen pada bibir anda. Sebagai perawatan anda bisa memakai lipstick atau lip balm yang mengandung SPF 15.

Mencampurkan Sunscreen dengan Make Up

Mengkombinasikan make up dengan produk skin care seperti serum dan pelembab atau mencampurkan warna foundation yang beda boleh saja dilakukan. Namun, anda jangan melakukannya pada sunscreen. Sebab jika anda mencampurkannya dengan make up, fungsi SPF yang terkandung pada sunscreen akan menjadi lemah.

Anda sebaiknya membiarkan sunscreen jadi bagian berbeda pada perawatan kulit anda. Anda harus mengoleskannya secara terpisah, lalu biarkan waktu bagi kulit untuk menyerap produk ini.

Di Luar Ruangan Terlalu Lama

Meskipun menggunakan sunscreen namun sebaiknya anda jangan terlalu lama berada di luar ruangan. Hal itu menjadi kesalahan dalam mengaplikasikan sunscreen. Walaupun mengandung SPF tinggi bukan berarti anda bisa lama di bawah sinar matahari. Sebab sinar matahari tetap akan membuat kulit anda terbakar, terlebih lagi jika sunscreen hanya dipakai sekali dalam sehari.

Lihat juga : 

 Sinar UV akan berpengaruh besar bagi kesehatan kulit. Walaupun cuaca mendung namun bukan berarti anda mengabaikan penggunaan produk ini. Sehingga sangat penting bagi anda untuk menjaga atau melindungi kulit dengan memakai sunscreen tiap 2 jam sekali.

Loading...

Loading...