Kondisi gangguan kesehatan yang terjadi dalam tubuh tentu akan membuat anda merasa khawatir.

Betapa tidak, hal ini akan tentu saja membuat aktivitas dan segala hal yang anda lakukan akan menjadi terbatas. Alhasil, hari-hari anda pun akan terus- dibayang-bayangi dengan ketakutan penyakit anda akan kambuh kapan saja.

Baca Juga:

Tubuh yang sehat tentu tidak akan bisa didapat begitu saja tanpa sebuah usaha. Apalagi saat ini ada begitu banyak rintangan dan godaan yan perlu dilalui oleh seseorang yang ingin mendapatkan tubuh yang sehat. Salah satunya adalah dengan hadirnya berbagai jenis makanan lezat yang dapat menjadi sumber penyakit.

Ya, salah satu penyebab timbulnya penyakit dalam tubuh adalah apa yang anda masukkan dalam tubuh anda sendiri. Dalam artian lain apa yang anda konsumsi adalah apa yang akan menentukan kesehatan anda.

Dengan demikian, penting sekali untuk menjaga pola hidup sehat dengan mulai membenahi jenis makanan yang anda konsumsi. Jangan karena rasanya yang lezat dan tampilannya menggoda, anda lantas diberikan alasan untuk menyantap hidangan tersebut.

Bukan tidak boleh mencicipi aneka ragam makanan dengan rasa yang lezat. Hanya saja, kegiatan ini tentu akan menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh anda bila anda melakukannya dengan terus menerus. Untuk itulah, sebaiknya batasi konsumsi makanan yang anda masukkan kedalam tubuh anda. Sebaiknya selingi dengan aneka raham makanan sehat yang akan membuat tubuh mudah mencernaanya.

Selain itu, makanan sehat seperti sayur dan buah umumnya akan bisa anda nikmati sepuasnya meski anda makan dalam jumlah yang banyak ataupun berlebihan. Hal ini tentu berbeda dengan makanan yang memiliki kandungan lemak atau kolesterol yang tinggi yang mana bila dikonsumsi dalam batas yang berlebihan sedikt saja maka kesehatan anda akan menjadi taruhannya.

Sama halnya dengan keluhan hipertensi atau darah tinggi yang menyerang pada tubuh. Kondisi ini bisa sangat menjengkelkan dan membuat anda khawatir kapan saja, termasuk saat anda melakukan kegiatan sehari-hari. Timbulnya tekanan darah tinggi pada tubuh anda akan cenderung membuat anda dan keluarga merasa khawatir bila kondisi ini akan dapat kambuh kapan saja.

Nah, untuk itulah penting sekali mengatasi kondisi ini dengan mengetahui penyebabnya. Dengan begini maka diharapkan anda bisa menghindari sumber yang akan dapat memicu kondisi tekanan darah tinggi terjadi agar kesehatan anda senantiasa terjaga dengan baik.

Nah, sebelum mengetahui jenis makanan yang dapat memicu timbulnya hipertensi dalam tubuh mari kita simak terlebih dahulu apa itu hipertensi.

Apa Itu Hipertensi?

Tekanan darah tinggi atau yang dalam bahasa kedokteran disebut dengan kondisi hipertensi (HTN) adalah sebuah kondisi gangguan kesehatan yang tergolong kronis dengan tekanan darah pada bagian arteri meningkat. Peningkatan tekanan darah ini akan mengakibatkan jantung bekerja lebih keras dari biasanya untuk menyalurkan darah melalui pembuluh darah ke bagain seluruh tempat dalam tubuh.

Penyebab hipertensi pada umumnya beragam pada setiap penderita. Dan satu hal yang pasti, penyebab hipertensi pada masing-masing penderita tidak dapat disamakan. Terkadang anda mungkin mendengar masyarakat mengatakan "Jangan suka marah-marah, nanti darah tinggi" atau kalimat yang menyatakan, "Marah-marah terus kamu, darah tinggi lho!" Akan tetapi salah satu jenis penyebab umum dari kondisi hipertensi yang mungkin terjadi adalah karena sebab makanan yang dikonsumsi.

Adapun jenis makanan paling umum yang dapat menyebabkan kondisi ini dapat terjadi diantaranya adalah:

ketahui-jenis-makanan-penyebab-hipertensi.jpg

Makanan Penyebab Hipertensi

Memang tak dipungkiri bahwa pola hidup seseorag akan menentukan sehat atau tidaknya orang tersebut. Tak terkecuali dengan resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi yang juga disebabkan oleh kondisi pola hidup yang tidak sehat yang dijalankan oleh si penderita. Nah, bila anda mengalami hipertensi ada baiknya hindari beberapa jenis makanan dibawah ini sebab pada dasarnya makanan ini adalah pemicu paling umum timbulnya tekanan darah tinggi.

1. Garam

Garam dan sodium memang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, jenis makanan ini akan mungkin menjadi musuh jahat untuk para penderita hipertensi. Jika tekanan darah anda sudah mencapai 120 per 80 mmHg maka sudah seharusnya anda menjadi lebih waspada dengan asupan garam yang anda konsumsi sehari-hari.

Untuk itulah, sebaiknya mulai saat ini hindari mengkonsumsi makanan dengan rasa asin yang terlalu tinggi. Hal ini tentu penting dilakukan untuk menghindari kambuhnya tekanan darah tinggi yang terjadi. Upayakan mengatur menu makanan yang anda konsumsi setiap harinya, baik saat makan pagi, siang, maupun malam. Selain itu, perhatikan pula kandungan garam yang terdapat dalam cemilan yang anda makan.

Disarankan utnuk anda yang mengalami tekanan darah tinggi untuk menghindari menyantap makanan diluar seperti di restoran atau kedai makanan. Sebab kandungan garam yang tersaji dalam makanan belum bisa dipastikan porsinya dengan kebutuhan anda.

2. Gula

Jenis makanan lain yang juga sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi adalah gula. Jenis makanan ini sudah dikenal sebagai penyebab obesitas dan sangat dilarang untuk penderita diabetes. Selain itu, konsumsi gula akan mungkin meningkatkan resiko obesitas. Yang mana dampak dari penyakit obesitas akan mungkin meningkatkan resiko yang lebih besar pada timbulnya hipertensi atau tekanan darah yang tinggi.

Untuk itu, tidak sebaiknya anda mengkonsumsi jenis makanan ini pada aneka ragam makanan yang anda konsumsi. Anda boleh mengkonsumsi gula atau makanan yang manis hanya saja jangan lakukan konsumsi ini dengan terlalu berlebihan. Batasi jumlah gula yang masuk kedalam tubuh anda. Cukup maksimal sebanyak 6 sendok teh setiap harinya.

3. Kulit Ayam

Rasa gurih dan lezat dari kulit ayam memang menggoda. Apalagi saat disajikan dengan digoreng kering. Akan tetapi, kulit ayam memiliki kandungan lemak jenuh yang dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya hipertensi. Bahkan seseorang yang mengalami keluhan hipertensi tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi olahan kulit ayam dalam bentuk apapun.

Lemak jenus atau lemak trans yang terdapat dalam kulit ayam juga kebalikan dari makanan rendah kolesterol. Jumlah kolestrol jahat yang tinggi didalamnya akan dapat membuat tekanan darah tinggi semakin parah. Kondisi ini patut diwaspadai karena akan dapat mengarah pada resiko jantung koroner.

Untuk itu, sebaiknya hindarkan mengkonsumsi makanan jenis ini di rumah atau di luar rumah. Meski anda menjumpai hidangan ini terlihat menggoda atau dimasak dengan olahan yang anda sukai, namun tidak sebaiknya anda tergoda menyantap hidangan ini sebab akan sangat berbahaya untuk kondisi kesehatan anda.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari mengenali beberapa jenis makanan yang dapat menjadi penyebab timbulnya hipertensi atau masalah tekanan darah tinggi. Menerapkan pola hidup sehat dan membenahi pola makan anda pada makanan yang lebih sehat akan membantu anda terhindar dari segala macam masalah dan keluhan kesehatan. Semoga beberapa hal yang disampaikan diatas bermanfaat dan memberikan cukup informasi yang anda butuhkan. 

Loading...

Loading...