Ketahui Manfaat dan Bahaya Mandi Malam

Aktivitas yang padat dan banyak terkadang membuat kita melupakan segalanya, termasuk dengan istirahat dan membersihkan diri.

Ya, setelah lelah seharian beraktivitas seringkali hal yang kita inginkan sewaktu pulang ke rumah adalah istirahat dan berbaring diatas tempat tidur untuk kemudian tidur dengan pulas. Tanpa kita sadari bahwa tubuh yang berkeringat dan debu yang menempel pada sekujur badan membuat anda dituntut untuk membersihkannya terlebih dahulu.

Pada saat pulang malam dari melakukan aktivitas seharian, istirahat seringkali menjadi hal yang didambakan. Belum lagi waktu yang terlanjur larut, seringkali membuat anda enggan untuk pergi ke kamar mandi dan membersihkan diri dengan cara mandi didalamnya.

Perasaan yang dingin dan malas melakukan serangkaian kegiatan mandi tak jarang membuat kita melewatkan kegiatan yang satu ini. Apalagi saat ada rumor yang mengatakan bahwa mandi malam sebenarnya akan dapat memberikan bahaya untuk kesehatan. Hal ini seolah menjadikan alasan untuk anda tidak membersihkan diri pada malam hari.

Hanya saja, setelah ditelaah bukti lebih dalam. Sebenarnya belum ada studi yang menjelaskan bahwa mandi malam adalah kegiatan yang dilarang karena akan berbahaya untuk kesehatan. Hingga sampai saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan larangannya pada mandi di malam hari. Akan tetapi, meski begitu bukan berarti mandi malam boleh dilakukan dengan bebas dan siapa saja.

Bahaya Mandi Malam Untuk Bayi

Adapun studi yang menjelaskan bahwa mandi malam memang berbahaya untuk bayi. Sehingga demikian anak bayi tidak diperkenankan dimandikan saat hari sudah gelap dan udara sudah sangat dingin.

 Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi mengapa bayi tidak boleh dimandikan pada malam hari. Alasan kesehatan menjadi pertimbangan utama dalam hal ini. Untuk itu, hindarkan memandikan si kecil pada saat malam hari untuk memastikan kondisi kesehatannya tetap terjaga dengan baik.

Para pakar meyakini bahwa bayi amat rentan terhadap ketidakstabilan suhu pada tiga bulan pertama masa kehidupannya. Suhu dingin akan mungkin membuat bayi baru lahir mengalami hipotermia, yakni sebuah kondisi ketika temperatur tubuh seseorang turun secara drastis hingga dibawh 35 derajat Celcius.

Bayi lebih rentan terkena dengan hipotermia karena tubuhnya belum mampu menyesuaikan dengan suhu sekitar. Segera cari bantuan medis apabila si kecil terkena dengan air dingin dan tampak bernapas dengan cepat, suhu tubuhnya dingin, terlihat kelelagan, pucat dan bahkan gemetaran.

Sementara pada orang dewasa, tubuh mereka umumnya sudah lebih mampu menyesuaikan suhu dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Selain itu, suhu air mandi yang digunakan pada malam hari umumnya tidak jauh berbeda dengan pada saat siang hari. Hanya saja, yang membuatnya sedikit berbeda dengan mandi siang adalah mandi malam akan mungkin membuat anda merasakan dingin karena suhu malam sendiri yang dingin.

Nah, untuk anda yang ingin membersihkan diri saat malam hari sebenarnya usah merasa khawatir. Sebab kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya hanya saja jangan dilakukan terlalu sering atau dilakukan secara bebas.

Untuk membantu anda mengetahui manfaat dari mandi malam maka simak beberapa hal dibawah ini.

manfaat-dan-bahaya-mandi-malam.jpg

Manfaat Mandi Malam

Pada dasarnya tujuan dari mandi adalah dengan membersihkan tubuh yang terkena dengan kotoran atau debu. Selain itu, mandi pun dapat memberikan efek yang menyegarkan dan menenangkan untuk tubuh anda. Nah, selain beberapa mandapat tersebut, adapula manfaat lain yang bisa didapatkan dari mandi malam yang terlambat, diantaranya adalah:

1. Memberikan Kesegaran

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari mandi pada malam hari adalah perasaan segar yang bisa anda peroleh darinya. Tubuh yang lemad dan penat akibat pekerjaan atau kesibukan yang anda lakukan seharian akan mungkin membuat anda merasa tidak karuan. Untuk itulah, tubuh anda akan memerlukan kesegaran dengan cara mandi. Air mandi dan udara dingin pada malam hari akan mungkin membuat anda merasakan dengan baik kesegaran mandi pada waktu ini.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi anda yang memiliki riwayat hipertensi maka mandi malam akan dapat menjadi solusi yang baik untuk tubuh dan kesehatan anda. Mandi malam dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh. Akan tetapi demikian, anda pun tidak disarankan untuk mandi malam setiap hari.

3. Otot Menjadi Rileks

Akibat kerja seharian dan aktivitas yang banyak dilakukan akan mungkin membuat anda merasa letih dan otot terasa kaku. Untuk itu mandi akan dapat membuat anda merasa lebih rileks dan ringan.

4. Mengatasi Insomnia

Insomnia atau kondisi sulitnya tidur pada malam hari akan menjadi hal yang cukup menyiksa da menjengkelkan bila anda tak segera mengatasinya. Akan tetapi, mandi bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Hanya saja, untuk mengatasi insomnia mandi yang diperlukan adalah mandi dengan menggunakan air hangat. Air hangat memiliki sifat yang menenangkan sehingga tubuh anda akan terasa nyaman dan tenang dan tubuhpun akan merasa mudah mengantuk.

Bahaya Mandi Malam

Selain memiliki manfaat, mandi malam yang dilakukan secara berlebihan akan mungkin mendatangkan masalah untuk kesehatan anda. Untuk itu, hal ini tidak dapat dilakukan terus menerus. Anda boleh mandi pada malam hari jika hal ini terpaksa dilakukan. Nah, untuk mengetahui bahaya dari mandi malam, mari simak dibawah ini.

1. Menyebabkan Penyakit Rematik

Masalah pertama yang akan dapat dihadapi dari kebiasaan mandi pada malam hari adalah timbulnya penyakit rematik . Penyakit rematik adalah penyakit yang terjadi sebab adanya peradangan sendi. Pada penderita penyakit rematik, mereka akan cenderung merasa sakit pada bagian persendian tulangnya. Biasanya sendi akan terasa kaku pada pagi hari, dan mandi pada malam hari akan memperparah kondisi sakit yang dialami.

2. Menyebabkan Paru-Paru Basah

Kebiasaan mandi malam yang dilakukan secara berulang akan mungkin menyebabkan tubuh mengalami paru-paru basah. Suhu yang dingin sekaligus guyuran air yang dingin pada malam hari membuat gangguan pada paru-paru dapat terjadi. Pada penderita paru-paru basah mereka aka mengalami batuk berdahak, menggigil, sulit bernapas dan masih banyak lagi.

3. Menyebabkan Masuk Angin

Sama halnya dengan yang terjadi pada penyakit paru-paru basah, suhu malam hari yang dingin dan berbenturan dengan suhu air akan membuat tubuh mengalami gangguan, termasuk timbulnya masuk angin.

4. Menyebabkan Penuaan Dini

Dampak lain yang cukup menakutkan bagi sebagian besar wanita dari kebiasaan melakukan mandi pada malam hari adalah penuaan dini. Kondisi penuaan tentu akan dapat merusak penampilan dan membuat kulit terlihat mengendur dan tidak enak dipandang. Adapun kondisi penuaan ini terjadi sebab air dingin dan suhu malam yang dingin akan membuat metabolisme tubuh menjadi tenggau. Pada akhirnya kondisi ini akan berpengaruh terhadap kekencangan kulit yang mulai mengendur.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari manfaat dan bahaya mandi malam. Pada dasarnya mandi malam boleh dilakukan hanya saja tidak dilakukan secara berlebihan sebab yang berlebihan tidak pernah berdampak baik untuk tubuh. 

Loading...

Loading...