Khasiat Minyak Biji Bunga Matahari Untuk KulitBunga matahari atau heliantus annus adalah tanaman yang berasal dari Amerika utara di sekitar Mexico dan merupakan tanaman tanpa musim yang biasanya di jadikan hiasan di pekarangan rumah. Tanaman ini berbunga kuning cerah dan selalu menghadap ke arah matahari serta memiliki ukuran yang besar di bandingkan dengan bunga yang lainnya. Bunga matahari juga memiliki biji yang biasanya biji bunga ini kita oleh menjadi cemilan atau sering di sebut dengan kwaci

Biji bunga matahari merupakan sumber vitamin E terkaya, dimana dalam seperempat gelas biji bunga matahari dapat memberikan 90,5% dari kebutuhan harian vitamin E. Tidak heran apabila biji bunga matahari ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain di buat cemilan biji bunga ini juga sering dimanfaatkan untuk pembuatan minyak. Dimana minyak dari biji bunga matahari ini diperoleh dengan mengekstrak biji dari bunga ini. Minyak yang dihasilkan biasanya berwarna kuning jernih sampai keemasan. Minyak ini sudah dimanfaatkan dari dulu oleh bangsa romawi kuno dan bangsa Yunani untuk perawatan dan juga kecantikan kulit. Tidak di pungkiri lagi bahwa minyak ini memiliki banyak khasiat untuk kulit. Lantas apa saja khasiat minyak biji bunga matahari untuk kulit? Jika anda ingin mengetahuinya mari kita simak pembahasan di bawah ini.

Baca Juga:

1.Menghilangkan jerawat

Jerawat bisa muncul di wajah di akibatkan karena adanya kelebihan minyak dan sebum. Minyak dan sebum, yang berlebih tersebut akan mengendap di dalam folikel di bawah kulit dan terinfeksi oleh bakteri. Vitamin A, C, D, E dan asam lemak esensial yang teradpat dalam minyak biji bunga matahari ini akan memberikan lapisan pelindung sehingga akan mencegah kontak langsung bakteri dengan kulit. Untuk itu minyak biji bunga matahari ini sangat efektif untuk mencegah jerawat.

2.Melindungi kulit dari sinar matahari

Seperti yang telah di sebutkan bahwa minyak biji bunga matahari ini merupakan sumber yang kaya akan vitamin E. Tingginya vitamin ini akan mencegah sel-sel yang sensitif pada kulit sehingga tidak akan rusak oleh sinar ultraviolet dari matahari. Biji bunga matahari juga memiliki kandungan betakaroten yang bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit.

3.Mencegah penuaan dini

Vitamin E yang terdapat pada minyak biji bunga matahari ini tidak hanya akan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, tetapi juga sebagai anti penuaan dini. Terlebih apabila anda menggunakan minyak biji bunga matahari ini secara rutin maka akan mengurangi terjadinya keriput serta membuat kulit akan terlihat lebih muda.

4.Sebagai emolien yang efektif

Minyak dari biji bunga matahari ini merupakan emolien yang efektit, yang artinya dapat menjaga kelembaban kulit. Untuk itu orang yang memiliki jenis kulit kering dapat menggunakan minyak ini secara rutin.

5.Mencegah infeksi kulit

Minyak ini juga merupakan sumber yang kaya asam lemak esensial. Asam lemak esensial ini dapat melindungi kulit dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Nah, itulah beberapa khasiat minyak biji bunga matahari untuk kulit. Pada kulit kering sebaiknya anda jangan menggunakannya secara langsung. Gunakanlah minyak ini pada kulit yang lembab atau dalam keadaan basah, sehingga minyak akan meresap dengan efektif pada kulit. Untuk mendapatkan minyak ini anda tidak perlu susah untuk membuatnya, karena kini minyak biji bunga matahari sudah tersedia di pasaran.

Loading...

Loading...