Salah satu masalah yang sering muncul saat puasa yaitu ngantuk yang berlebih, terutama ketika siang hari. Rasa mengantuk di siang hari terkadang mengganggu aktivitas atau pekerjaan sehari hari. Datangnya rasa ngantuk akan membuat konsentrasi menjadi buyar.

Salah satu penyebab rasa kantuk saat puasa yaitu karena adanya perubahan metabolisme tubuh. Adanya perubahan pola tidur pada saat puasa menyebabkan jam tidur menjadi kurang karena harus bangun dini hari untuk menjalankan sahur. Selain itu, aktivitas di malam hari pun terkadang memaksa kita untuk begadang. Penyebab paling besar yang membuat rasa kantuk setiap saat datang yaitu karena kadar glukosa mengalami penurunan sehingga otak akan mengalami kesulitan konsentrasi. Otak mendapatkan energi, yang mana energi tersebut dalam bentuk glukosa. Apabila glukosa yang mengalir pada otak berkurang maka sistem kerjanya akan terpengaruh. 60 % glukosa tubuh dikonsumsi oleh otak. Ketika energi yang dihasilkan oleh makanan menjadi menipis, hati akan mengeluarkan cadangan glukogen sebagai energi. Nah, pada saat energi tambahan tidak diberikan oleh tubuh maka akibatnya tubuh akan menjadi lemas dan kadar gula dalam darah mengalami penurunan. Keadaan seperti ini akan membuat kita mudah mengantuk.

Baca Juga:

Apabila energi di dalam tubuh tidak terpenuhi untuk memberikan energi tambahan dalam melakukan kegiatan, tubuh akan menjadi lemas dan rasa ngantuk akan muncul. Rasa kantuk akan semakin terasa ketika siang hari karena cadangan energi sudah mulai berkurang.

Kurangnya asupan zat besi pun akan membuat kita mudah mengantuk ketika siang hari. Hal ini disebabkan karena asupan zat besi dalam tubuh tidak terpenuhi saat sahur.

Namun, anda jangan merasa khawatir. Rasa kantuk pada saat puasa nyatanya bisa diatasi. lantas seperti apa cara mengatasi rasa kantuk berlebih saat puasa? Simak tips di bawah ini untuk mengetahuinya.

2.KIAT-ATASI-RASA-KANTUK-SAAT-PUASA.jpg

Kiat Atasi Rasa Kantuk Saat Puasa

Cukupi Waktu Tidur

Tidur merupakan hal penting yang harus dilakukan dalam setiap siklus kehidupan manusia. Dengan tidur sel akan mengalami proses regenerasi lebih cepat. Kertika tidur otot otot di dalam tubuh akan beristirahat, termasuk aktivitas otak. Jika kita kurang tidur atau waktu tidur tidak cukup maka tubuh akan menjadi mudah lelah dan sulit fokus ketika berpikir.

Pada saat menjalankan puasa, usahakan untuk mencukupi waktu tidur. Selepas shalat terawih sebaiknya anda langsung tidur agar waktu tidur anda tercukupi sebelum bangun untuk makan sahur.

Konsumsi Makanan Seimbang

Makanan seimbang merupakan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat puasa. Makanan seimbang yang dimaksud yaitu makanan yang mengandung nutrisi dan gizi seimbang. Makanan seperti ini dipercaya ampuh dalam membantu tubuh untuk menjalankan aktivitas secara maksimal. Oleh karena itu, sangat penting mengkonsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi seimbang saat sahur maupun buka puasa. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah rasa kantuk di siang hari pada saat anda menjalankan aktivitas.

Ketika buka puasa hindarilah makanan tidak sehat seperti gorengan dan makanan berminyak lainnya. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung vitamin seperti sayuran dan buah  agar tubuh selalu dalam keadaan prima.

Hindari Aktivitas Berat

Ketika puasa disarankan untuk tidak melakukan aktivitas atau pekerjaan yang terlalu berat. Puasa memang tidak membatasi kita untuk melakukan aktivitas dan kegiatan produktif. Namun, yang harus kita hindari yaitu mengerjakan aktivitas terlalu berlebihan dan berat. Jika itu dilakukan akan menyebabkan tubuh lelah dan lemas. Pada saat tubuh mengalami kelelahan, maka otak kita akan mengirim sinyal  yang dapat mengatasi rasa lelah tersebut.  Yang mana salah satunya yaitu rasa ngantuk. Tidur merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa lelah. Selain itu, aktivitas yang berat juga akan membuat  tubuh kita mengalami dehidrasi. Sehingga akibatnya tubuh akan merasa haus berlebih.

Hindari Tidur Setelah Sholat Subuh

Tidur setelah sahur atau setelah sholat subuh merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Namun, alangkah lebih baik jika anda jangan melakukannya. Setelah makan sahur tubuh akan mengalami proses metabolisme. Ketika anda tidur, maka proses metabolisme tubuh akan terganggu dan intensitasnya akan menurun. Kondisi seperti ini akan membuat tubuh sulit untuk mencapai metabolisme.

Tidur Siang

Jika keadaan memungkinkan maka anda bisa tidur siang selama 30-45 menit saat sedang berpuasa. Dengan tidur siang diharapkan tubuh mendapatkan waktu istirahat yang sempat terpotong ketika malam hari. Namun, hal yang harus anda ingat yaitu jangan tidur terlalu berlebihan.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Mengkonsumsi makanan mengandung karbohidrat kompleks bisa mengatasi rasa ngantuk ketika siang hari pada saat sedang puasa. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks di antaranya yaitu ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan lain sebagainya. Makanan mengandung karbohidrat kompleks juga mampu menahan glikogen dalam waktu yang lebih lama untuk menghasilkan glukosa. Selain itu, anda juga jangan lupa untuk menkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Beberapa makanan yang mengandung zat besi yaitu sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan teri dan lain sebagainya. Makanan yang mengandung zat besi akan membantu tubuh dalam menyerap oksigen lebih banyak sehingga tidak akan mudah merasa ngantuk.

Demikian beberapa tips mengatasi rasa ngantuk saat berpuasa. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...