Bangun pagi merupakan aktifitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Terutama mereka yang memiliki kesibukan, baik sebagai seorang pekerja, ibu rumah tangga, pedagang dan profesi lainnya yang menuntut anda untuk bangun pagi hari. Sayangnya, untuk sebagian orang, kegiatan yang satu ini bisa cukup sulit dan membuat mereka lagi-lagi terkendala untuk dapat bangun pada pagi hari. Memang tidak masalah ketika anda tidak memiliki kewajiban pagi hari sepeti bekerja atau melayani suami. Akan tetapi, pada umumnya bangun pagi hari memang hampir dilakukan oleh semua orang.

Akan menjadi masalah ketika anda sulit untuk dapat bangun pagi saat anda harus berhadapan dengan janji bersama dengan klien atau orang penting. Kesulitan bangun pada pagi hari akan mungkin membuat apa yang telah anda rencanakan menjadi berantakan. Sementara itu, untuk anda yang sudah punya janji dengan orang lain maka mungkin orang lain akan dibuat muak menanti anda yang belum kunjung bangun.

Baca Juga:

Nah, melihat kondisi yang seperti ini maka mungkin anda akan butuh motivasi lain untuk dapat bangun di pagi hari bagaimanapun caranya. Hal ini dikarenakan ketika hubungannya sudah dengan klien yang penting maka karir anda akan cukup dipertaruhkan.

Hanya saja, bangun pagi yang terpaksa akan mungkin pula membuat pagi anda menjadi berantakan dengan mood yang sudah tak karuan. Ya, untuk sebagian orang yang sulit bangun pagi dibangunkan dengan terpaksa akan mungkin membuat mereka stres. Akibatnya, pagi hari mereka yang harusnya siap dan ceria malah berubah menjadi hari yang menyenangkan karena bunyi alarm yang sangat menyebalkan.

Padahal bangun dipagi haru merupakan langkah awal yang baik untuk memulai hari anda. Seperti kata pepatah lama mengatakan "harus bangun pagi agar rezeki tidak dipatok ayam". Dan rupanya pepatah tersebut memang benar adanya. Dengan bangun pagi maka kesempatan anda untuk mendapatkan pengalaman atau rezekipun akan lebih besar dibandingkan dengan mereka yang bangun siang ataupun sore hari.

Nah, untuk menceriakan pagi anda agar lebih bersemangat dan tidak stres pada saat membiasakan bangun pagi. Maka berikut ini kami akan berbagi tips mudahnya untuk anda.

kiat-cerdas-ceriakan-bangun-pagi.jpg

Kiat Cerdas Ceriakan Bangun Pagi Anda

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhaitkan untuk membuat anda dapat membiasakan bangun pagi. Selain itu, beberapa kiat dibawah ini pun memungkinkan kegiatan bangun pagi anda menjadi lebih ceria dan tidak stres karena anda tidak akan terpaksa melakukan kegiatan ini. Nah, dibawah ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membuat bangun pagi anda menjadi lebih ceria.

Tidur Lebih Awal

Guna menghindari kemungkinan bangun terlambat pada pagi hari nanti maka penting sekali untuk anda menjaga waktu tidur anda dimalam hari. Jika anda seringkali begadang atau terjaga sampai dengan larut malam sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini. Tidur terlalu malam akan tentu membuat tubuh anda meminta waktu istirahat yang tetap dari waktu normalnya. Jadi demikian, ketika anda tidur jam 2 malam maka tubuh anda akan tetap membutuhkan waktu tidur selama kurang lebih 8 jam. Dari waktu jam dua malam bisa kita hitung jeda 8 jam setelahnya yakni pada jam 10 siang anda baru akan bangun.

Untuk itulah, upayakan untuk tidur lebih awal dan hindari kebiasaan bergadang untuk memungkinkan anda bangun lebih awal pada pagi hari. Memang tidak mudah menerapkan kebiasaan baru ini bila anda adalah seorang yang sering terjaga sampai larut malam. Untuk itulah, jangan lakukan dengan tergesa-gesa. Cukup lakukan dengan perlahan namun bertahap.

Persiapkan Diri dan Mental

Tidak mudah memang menerapkan aturan baru dan mengubah kebiasaan lama yang sudah dilakukan secara bertahun-tahun. Untuk itu, dedikasi yang tinggi dan komitmen yang besar akan sangat anda butuhkan. Oleh karenanya hal yang paling penting disini adalah dengan membangun satu set pikiran dan mengingatkan diri anda bahwa apa yang anda lakukan ini adalah untuk kebaikan anda.

Tahapan awal memang akan terasa sulit, akan tetapi perlahan setelah anda terbiasa maka kegiatan ini akan terasa lebih ringan. Bahkan bila anda sudah menerapkannya sebagai kewajiban maka hal ini akan terasa ringan dan anda tidak akan merasa terbebani dengan hal ini.

Jangan Gunakan Alarm

Disadari atau tidak penggunaan jam alarm dengan nada yang menganggu seringkali membuat orang merasa stres. Hal inilah yang seringkali membuat pagi hari anda menjadi tidak bersemangat dan malah terkesan berantakan. Untuk itu, dibandingkan dengan memasang alarm dengan nada yang memekik telinga dan aka menganggu mood baik anda. Sebaiknya pilihlah jenis alarm dengan nada yang anda sukai. Seperti musik yang menenangkan atau lagu yang tengah anda cintai saat ini.

Ketika pagi anda tidak dipaksa dengan suara alarm yang menyiksa maka besar kemungkinannya untuk anda merasa lebih siap untuk pagi anda yang lebih ceria. Alunan musik yang menenangkan justru akan membuat anda merasa lebih baik dan lebih tenang.

Jangan Mengulur Waktu Bangun

Banyak orang yang mengulur waktu bangun ketika mereka tidak sengaja bangun lebih awal. Misalkan ketika anda secara tidak sengaja mengintip jam dan menunjukan pukul 06.15 sementara jadwal bangun pagi anda adalah jam 06.30 maka janga tunda hal ini. Seringnya menunda malah akan membuat anda semakin malas untuk bangun pagi. Tidak ada salahnya bangun beberapa menit lebih awal. Selain itu, anda dapat memanfaatkan waktu ini untuk bisa menyiapkan beberapa hal lain atau menyiapkan mood anda.

Selain itu, pagi hari anda tentu akan membuat anda membutuhkan sarapan. Sisa waktu yang terlalu pagi tersebut bisa anda gunakan untuk menyiapkan sarapan atau melakukan hal lainnya. Ketika anda bangun lebih awal maka kemungkinan untuk terlambat lebih kecil. Dengan begini anda akan merasa lebih tenang dan rileks.

Bersihkan Kamar

Umumnya kondisi kamar yang berantakan akan membaut mood seseorang kurang dalam keadaan baik. Selain itu, kondisi kamar yang demikianpun cenderung membuat orang sulit untuk dapat tidur lebih awal. Sebelum mereka merasa ngantuk maka mereka akan enggan untuk dapat tidur sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Untuk itulah, coba bersihkan kamar tidur anda dengan baik. Ketika kondisi kamar nyaman maka anda pun akan cenderung menikmati tidur anda dan ada dapat tidur lebih awal.

Hindari Tidur Siang

Tidur siang memang baik untuk tubuh anda, akan tetapi untuk anda yang sedang dalam misi mengejar bangun pagi pada esok harinya, tidur siang akan menjadi kendala. Untuk itu, hindari tidur siang karena kondisi ini malah akan membuat anda lebih segar dimalam hari dan membuat anda sulit untuk dapat tidur lebih awal. Untuk itu, tahan terlebih dahulu agar anda tidak tidur siang.

Meditasi

Selain melakukan beberapa rutinitas diatas, mengikuti praktek-praktek tertentu seperti halnya meditasi akan dapat membantu anda untuk mengikuti rutinitas tidur yang sehat. Hal ini pun akan dapat membantu anda bangun lebih pagi. Karena meditasi umumnya lebih berfokus pada rileksasi fikiran dan tubuh yang tenang maka anda akan dapat terbantu untuk dapat tidur lebih awal.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan guna menceriakan pagi hari anda ketika bangun pagi. Semoga cara diatas membantu mengatasi masalah sulit bangun pada pagi hari. 

Loading...

Loading...