Kiat Cerdas Menjaga Ikatan Hubungan Pernikahan Agar Tetap Harmonis

Penikahan adalah sebuah hubungan sakral yang hanya terjadi satu kali dalam kehidupan seseorang. Menjaga komitmen untuk terus bersama-sama hingga akhir hayat adalah janji suci dari sebuah pernikahan. Semua sisa hidup anda akan dihabiskan bersama dengan pasangan. Untuk itulah, anda harus bisa menjaga ikatan hubungan tersebut agar jangan sampai terjadi pertentangan atau pertengkaran yang bisa membuat sebuah hubungan menjadi memudar dan terpecah menjadi dua.

Pasangan yang telah menikah memang dituntut untuk bisa saling melengkapi dan memiliki kesamaan tujuan dalam hidup di masa depan. Sebuah pernikahan bukan hanya mengenai komitmen untuk selalu bersama-sama dan menghabiskan waktu berdua, namun hubungan ini senantiasa membutuhkan cinta agar kebersamaan yang dilalui bersama-sama tetap seindah seperti pertama anda mengucapkan janji suci pernikahan bersama dengan suami anda.

Kunci menjaga kebahagiaan dan keharmonisan dalam sebuah hubungan pernikahan bukan hanya asmara, namun hal sederhana yang selalu anda lakukan yang bisa membuat anda jatuh cinta lagi terhadap pasangan anda. Menyatukan dua individu dalam ikatan pernikahan memang tidak semudah yang diabayangkan. Meskipun sewaktu masih pacaran, anda dan suami merasa begitu cocok satu sama lain.

Hubungan asmara yang anda miliki bersama dengan pasangan mungkin terasa begitu menggebu sewaktu masih berpacaran atau saat diawal-awal pernikahan. Akan tetapi, banyak rumor yang menyebutkan jika gejolak asmara pada saat setelah menikah bisa pudar seiring dengan berjalannya waktu.

Namun tenang, kali ini kita akan berbagi kiat dan tips bagaimana menjaga sebuah ikatan hubungan pernikahan agar anda dan pasangan bisa merasakan cinta dan kebahagiaan seperti saat anda pertama jatuh cinta kepada pasangan anda. Seperti apa kiatnya? Kita simak berikut ini.

Kiat Cerdas Menjaga Ikatan Hubungan Pernikahan Agar Tetap Harmonis

1. Jangan Pernah Mengubah Pasangan

Setelah menjalin bahtera rumah tangga dan anda mendapati beberapa kebiasaan buruk pasangan, mungkin ada satu masa dimana anda berharap pasangan anda bisa merubah kebiasaan tersebut seperti melipat kaus kaki dan menaruh sepatu ke tempatnya, atau berharap pasangan anda bisa mengobrol dengan teman anda tanpa anda minta. Namun, ketidakmampuan pasangan dalam melakukan beberapa hal yang anda harapkan mungkin sudah menjadi keperibadiannya yang sulit dirubah.

Salah satu hal yang paling menyenangkan yang bisa kita saksikan pada pasangan adalah melihat mereka bahagia dan saling mengerti satu dengan yang lainnya, serta tidak pernah berusaha mencoba kepribadian masing-masing. Daripada anda berusaha mengubah dan bersih keras ingin membuat pasangan anda bisa menjadi seperti yang anda inginkan, maka lebih baik fokuslah pada kelebihan masing-masing. Sehingga masing-masing individu akan bisa melihat ketertarikan masing-masingnya.

2. Selau Prioritaskan Pasangan

Ada begitu banyak orang yang tidak menyadari jika setelah menikah, terkadang mereka menjadi cenderung kurang memperhatikan pasangannya, baik karena mereka terlalu sibuk dengan pekerjaannya atau karena sibuk dengan hadirnya buah hati. Tidak sedikit wanita yang sudah menikah dan memiliki anak menjadi lebih fokus mengurusi anak dan cenderung mengabaikan suami.

Namun demikian, sebenarnya hal ini keliru. Penting sekali mementingkan dan memperhatikan suami anda, agar suami anda juga bisa melakukan hal yang sama pada anda. Pintarlah membagi waktu antara pekerjaan, anak dan suami agar hubungan yang harmonis bisa anda dapatkan.

3. Luangkan Waktu Untuk Bersama

Meluangkan waktu bersama bersama dengan pasangan adalah salah satu hal yang akan bisa memperkuat hubungan dalam pernikahan. Terlalu fokus pada pekerjaan, kari, anak, dan teman-teman akan dapat membuat waktu anda tersita begitu banyak sehingga waktu untuk pasangan akan terabaikan. Untuk itu, luangkan waktu bersama dengan pasangan anda, meskipun hanya sebentar sekedar untuk mengobrol dan mencurahkan isi hati.

4. Belajar Mengalah

Sibuk dengan kegiatan mengurus anak, pekerjaan dan lingkungan mungkin bisa saja membuat emosi kita menjadi tidak stabil, namun sebaiknya jangan pernah gunakan emosi tersebut sebagai kelemahan yang bisa menghancurkan hubungan kita dengan pasangan. Meski banyak orang yang mengatakan jika dalam sebuah hubungan pernikahan, masalah dan cobaan akan selalu menghiasi. Namun, jangan pernah menjadikan hal ini sebagai kebiasaan yang bisa terjadi secara berkala. Tidak banyak pasangan yang bisa mempertahankan sebuah bahtera rumah tangga karena masing-masingnya selalu beradu pendapat dan tidak mau mengalah. Untuk itulah, sebaiknya mulai kendalikan emosi anda dan redamlah sewaktu membara. Agar sebuah hubungan dapat terus terjaga dengan baik.

5. Berkencan Berdua

Berkencan tentunya bukan hanya dilakukan oleh mereka para pasangan muda yang masih menjalin pacaraan. Berkencan berdua dengan suasana yang romantis juga begitu dianjurkan pada pasangan suami istri. Ada begitu banyak manfaat yang bisa anda dapatkan diantaranya adalah membuat hubungan menjadi dekat dan komunikasi yang bisa terjalin lebih baik.

Untuk itulah, tidak ada salahnya melakukan kencan berdua disebuah restoran atau tempat makan romantis atau disebuah tempat yang biasa anda kunjungi sewaktu anda berdua masih berpacaran dulu. Menyempatkan waktu berdua hanya untuk sekedar mengenang masa-masa indah sewaktu berpacaran dan saling mencurahkan isi hati atau mungkin mengobrol intens mengenai bagaimana cinta dan kasih masing-masing pasangan. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan kembali nuansa cinta dan romatisme hubungan suami istri meski sudah lama menikah.

6. Sadari Sewaktu Pasangan Membutuhkan Perhatian

Pasangan yang bahagia menyadari tindakan kecil pasangannya yang sedang membutuhkan perhatian. Sebuah penelitian melakukan riset pada 120 pasangan yang baru menikah, mereka menemukan jika pasangan yang bisa bertahan lama adalah pasangan yang mampu menyadari sewaktu pasangannya sedang membutuhkan perhatian. Untuk itu, cermati dan sadari setiap hal-hal kecil yang dilakukan pasangan dan berikan tanggapan pasangan dengan baik dan lembut.

Seperti misalkan, sewaktu anda sang suami saat sedang memiliki budget lebih dan mengetahui sang istri menginginkan sesuatu, maka tidak ada salahnya anda mengabulkan keinginan istri dengan membelikannya barang yang ia inginkan, selama hal tersebut masih berada dalam batas kemampuan anda.

Sebuah hubungan pernikahan yang terjalin begitu harmonis biasanya akan bisa bertahan lama, sebab masing-masingnya saling mengerti dan mencintai. Untuk itu, bagi anda yang ingin membangkitkan kembali hubungan dan ikatan pernikahan yang lebih harmonis dalam rumah tangga, kiat kali ini diharapkan bisa membantu anda bersama dengan pasangan.

Loading...

Loading...