Kulit Kepala Mengelupas? Berikut Cara MengatasinyaRambut sehat tentunya akan membuat kita lebih nyaman. Namun kesehatan rambut tersebut kadang terganggu oleh masalah yang kerap kali terjadi. Masalah yang mengganggu kesehatan rambut bukan hanya menimpa pada rambut saja tetapi bisa juga terjadi pada kulit kepala. Jika kulit kepala mengalami masalah maka rambut juga akan terkena efeknya. Nah, biasanya masalah yang terjadi pada kulit kepala yaitu terjadinya pengelupasan.

Kulit kepala mengelupas ini biasanya di sebabkan karena kulit kepala mengalami dehidrasi atau bisa saja di sebabkan karena terjadinya kesalahan dalam perawatan kulit kepala. Kurangnya nutrisipun merupakan penyebab terjadinya pengelupasan kulit kepala. Namun dari beberapa kasus pengelupasan kulit kepala dapat di sebabkan oleh penyakit misalkan eksim atau psoriasis.

Baca Juga:

Apabila kulit kepala mengelupas tentunya akan di barengi dengan rasa gatal. Hal ini sangat mengganggu bukan? Selain mengganggu juga anda merasa tidak nyaman bahkan tidak percaya diri. Oleh sebab itu perlu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Jika anda ingin tahu bagaimana cara mengatasi kulit kepala mengelupas mari kita simak pembahasan di bawah ini.

1.Pemijatan kulit kepala

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu pemijatan kulit kepala. Pijatlah kulit kepala secara lembut, karena hal itu bertujuan untuk memperlancar aliran darah ke kulit kepala. Selain itu pemijatan juga berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit kepala agar minyak alami kulit kepala dapat lepas secara normal.

2.Lakukan hidrasi kulit

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab kulit kepala mengelupas. Oleh sebab itu anda di sarankan untuk meminum air minimal 8 gelas perhari, hal itu dimaksudkan agar kulit kepala anda tetap terhidrasi. Minum air juga selain untuk menjaga kesehatan kulit juga dapat berguna untuk menetralisir racun yang ada dalam tubuh. Selain itu, untuk meringankan pengelupasan kulit anda juga bisa tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin seperti zinc. Makanan yang mengandung zinc tersebut biasanya terdapat pada ikan atau kacang-kacangan.

3.Pakai sampo yang tepat

Ketombe juga merupakan penyebab terjadinya pengelupasan kulit kepala. Untuk mengatasi kulit kepala mengelupas anda terlebih dahulu harus menghilangkan ketombe dari kulit kepala anda. Nah, menurut penelitian beberapa sampo justru hanya dapat menambah resiko munculnya ketombe. Untuk itu anda disarankan untuk memilih sampo khusus ketombe terutama sampo yang mengandung zinc, asam salisilat, selenium sulfida, ketoconazole atau pyrithione.

4.Rutin mencuci rambut

Untuk mengatasi kulit kepala mengelupas anda juga bisa mencuci rambut anda secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu dengan menggunakan sampo yang dirancang untuk ketombe. Untuk hasil yang maksimal anda bisa membilasnya dengan air hangat yang telah ditambahkan 2 sampai 3 sdm cuka putih. Setelah itu anda bisa membersihkan rambut dengan air bersih.

5.Gunakan kondisioner

Setelah mencuci rambut sebaiknya anda menggunakan kondisioner. Karena kulit yang mengelupas terjadi karena kondisi kulit kering. Penggunaan kondisioner ini dapat melembabkan kembali kulit yang kering.

6.Gunakan santan

Selain menggunakan kondisioner anda juga dapat gunakan santan sesekali. Caranya yaitu rebus santan pada api kecil kurang lebih selama 10 menit. Setelah itu simpan pada wadah dan tunggu hingga suhu santan menjadi hangat. Lalu oleskan santan pada kulit kepala secara merata, tutuplah rambut anda menggunakan handuk hangat selama satu jam. Kemudian anda bisa mencuci rambut anda hingga bersih menggunakan sampo yang telah di anjurkan.

Nah, itulah cara mengatasi kulit kepala mengelupas. Untuk mengurangi tingkat pengelupasan sangat disarankan anda menggunakan topi atau penutup kepala pada musim panas.

Loading...

Loading...