Australia adalah salah satu destinasi wisata impian banyak orang. Tapi, tiket pesawat dan biaya liburan ke Australia yang mahal membuat banyak orang keder sebelum membuat rencana liburan. Padahal, sebetulnya bisa berlibur ke Australia secara hemat.

Di sini saya akan berbagi pengalaman berlibur hemat disponsori promo tiket pesawat ke Australia. Bagaimana caranya? Simak artikel berikut.

Baca Juga:

australia

Mendapatkan tiket murah ke Australia

Biaya liburan ke luar negeri memang sebagian besar dihabiskan di harga tiket pesawat. Maka, kalau Anda bisa mendapatkan tiket yang murah, hal tersebut dapat sangat menghemat biaya. Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mendapatkan tiket murah ke Australia.

  • Menjauhi peak season

Jadwal keberangkatan akan berpengaruh kepada harga tiket pesawat, karena pada saat peak season harga tiket pasti akan melonjak drastis. Peak season di Australia adalah bulan Desember sampai Februari yang berbarengan dengan musim panas di benua ini. Hindari juga long weekend dan hari-hari besar karena banyak juga turis yang bepergian.

Selain banyaknya permintaan yang menaikkan harga tiket, saat peak season harga akomodasi dan karcis masuk tempat wisata pun naik. Ditambah lagi, banyaknya wisatawan akan membuat tempat wisata menjadi penuh, sehingga liburan Anda mungkin akan kurang nyaman.

Sebaliknya harga tiket akan lebih murah saat shoulder season yaitu bulan Maret - April dan Oktober - November. Jika bisa, jadwalkanlah liburan pada bulan-bulan tersebut.

  • Mencari promo tiket pesawat ke Australia

Untuk bisa liburan murah, pandai-pandailah mencari promo tiket. Bahkan kadang-kadang promo yang diberikan membuat harga jatuh sekali sampai tidak masuk akal. Karena promo, saya pernah mendapatkan tiket pulang pergi Garuda Indonesia rute Jakarta - Melbourne direct saat low season dengan harga Rp 6 juta saja. Murah sekali ya?

Biasanya maskapai penerbangan paling sering memberikan promo pada hari Senin dan Selasa. Jika ingin berburu promo, carilah tiket pada kedua hari tersebut. 

Kita tidak tahu kapan akan diadakan promo. Karena itu, kita harus terus memantau harga tiket. Memang agak sulit dan memakan waktu jika harus terus-menerus memantau harga. Tapi, dengan aplikasi Traveloka, hal ini menjadi mudah lho.

Traveloka memiliki fitur Price Alerts yang dapat memantau harga tiket untuk kita. Jika ada promo dan harga tiket turun sampai ke dalam jangkauan budget yang kita tetapkan, Traveloka akan mengirim notifikasi kepada kita. Praktis sekali bukan?

  • Pilih maskapai low cost carrier

Maskapai low cost carrier (LCC) adalah maskapai yang menyediakan penerbangan murah. Sekarang sudah banyak LCC yang menyediakan penerbangan ke Australia. Dengan menggunakan maskapai tersebut, Anda bisa menghemat biaya cukup banyak lho dibandingkan dengan menggunakan maskapai lainnya.

Tips lain untuk liburan di Australia

  • Membuat visa

Untuk berlibur ke Australia, Anda harus memiliki visa terlebih dahulu. Saya menyarankan supaya Anda membeli tiket pesawat dulu sebelum menyiapkan visa. Salah satu syarat mendapatkan visa ke Australia adalah menyertakan tiket pesawat. Selain itu, lebih baik mengejar promo tiket murah dahulu karena tidak setiap hari kita bisa mendapatkan tiket dengan harga miring.

  • Akomodasi

Selain tiket pesawat, akomodasi juga sering memakan sebagian besar biaya perjalanan. Padahal tarif sewa hotel di kota-kota besar Australia seperti Melbourne atau Sydney cukup tinggi, minimal sekitar 100 dollar Australia semalam.

Untungnya ada alternatif akomodasi yang lebih murah. Anda bisa mencari backpacker hostel yang banyak tersebar di kota-kota tersebut. Jika berlibur dalam kelompok, Anda bisa mempertimbangkan Airbnb atau menyewa apartemen.

  • Transportasi

Transportasi umum di Australia seperti bus dan kereta sangat efisien dan bisa digunakan untuk menjangkau tempat-tempat wisata populer. Namun, biaya transportasi cukup mahal. Untuk menghemat biaya, Anda bisa berjalan kaki karena jalanan Australia nyaman untuk pejalan kaki.

  • Makanan dan Minuman

Uang yang keluar untuk sekali makan di Australia kira-kira $10. Namun karena ingin menghemat, saya sering mencari tempat makan murah di Chinatown. Kekurangannya adalah agak sulit mendapatkan makanan halal di sini.

Sedangkan untuk minuman, saya menyarankan untuk membawa botol minum sendiri, yang bisa diisi ulang dengan air keran yang bisa diminum di tempat wisata dan taman. Dengan begitu, Anda tidak perlu membeli minuman.

  • SIM card

Agar bisa berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia atau mengakses internet, sebaiknya langsung membeli SIM card di bandara. Anda bisa dengan mudah mendapatkan paket SIM card dan internet dengan harga yang cukup murah.

Demikianlah pengalaman saya berlibur dengan promo tiket pesawat ke Australia. Semoga bisa membantu Anda untuk rencana perjalanan Anda ke Australia!

Loading...

Loading...