Makanan Penyebab Kulit Berminyak - Memiliki kulit yang sehat merupakan dambaan semua orang. Untuk menjaga kesehatan kulit, salah satu caranya yaitu dengan memperhatrikan jenis makanan yang dikonsumsi. Beberapa jenis makanan diketahui dapat menyebabkan kulit berminyak.  Anda harus menghindari makanan penyebab kulit berminyak tersebut agar kulit nampak sehat dan terbebas dari masalah komedo serta jerawat.  Nah, berikut ini beberapa makanan penyebab kulit berminyak harus anda hindari.

Makanan-penyebab-kulit-berminyak.jpeg

Baca Juga:

Makanan Penyebab Kulit Berminyak

Beberapa hal dapat menyebabkan kulit berminyak, termasuk konsumsi jenis makanan tertentu. Untuk mencegahnya, sangat penting mengetahui makanan penyebab kulit berminyak seperti berikut ini.

Makanan Manis Mengandung Gula

Makanan yang mengandung tinggi gula memiliki kadar glikemik tinggi. Makanan yang tinggi gula akan dapat membuat produksi kadar hormon insulin dan IGF-1 meningkat. Dimana tingginya kadar hormon ini akan mempengaruhi kerja kelenjar minyak pada kulit. Dimana kelenjar minyak akan menjadi lebih aktif melepaskan sebum. Sehingga mengonsumsi makanan manis akan dapat memicu kulit berminyak.

Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahannya menjadi salah satu makanan yang dapat menyebabkan kulit berminyak. Protein yang terkandung dalam susu kaya akan asam amino, leucine, triptofan dan valine. Dimana kandungan ini akan dapat memicu hormon insulin dan IGF-1. Dimana produksi hormon ini yang mengalami peningkatan akan dapat memicu produksi sebum. Bahkan mengonsumsi susu akan memicu jerawat timbul.

Daging Merah yang Tinggi Akan Kandungan Lemak

Daging merah menjadi bahan makanan favorit banyak orang. Rasanya yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai sajian yang nikmat. Namun, mengonsumsi makanan yang satu ini akan dapat menyebabkan kulit berminyak karena tingginya kandungan lemak jenuh pada daging. Dimana terkandung IGF-1 yang tinggi pada kandungan lemak jenuh daging merah.

IGF-1 ini dapat menyebabkan aktivitas kelenjar minyak meningkat sehingga kadar minyak pada kulit meningkat. Tidak hanya daging merah saja, namun beberapa jenis makanan yang tinggi akan lemak jenuh lainnya yang dapat memicu kulit berminyak di antaranya yaitu mentega, keju dan minyak terhidrogenasi.

Makanan Cepat Saji

Selain itu, makanan lainnya yang dapat menyebabkan kulit berminyak yaitu makanan cepat saji. Beberapa makanan cepat saji di antaranya yaitu burger, kentang goreng dan pizza. Makanan cepat saji kaya akan kandungan garam, lemak trans dan lemak jenuh. Dimana kandungan-kandungan tersebut dapat membuat produksi sebum meningkat.

Makanan Tinggi Garam

Makanan yang tinggi akan kandungan garam juga dapat menyebabkan kulit berminyak. Garam tidak akan memicu produksi sebum. Hanya saja, natrium yang terkandung pada garam akan bisa menyebabkan masalah dehidrasi. Natrium akan dapat menarik air dari sel-sel tubuh. Hal ini akan membuat kulit kekurangan air hingga menyebabkan dehidrasi. Jika kandungan air berkurang maka kondisi kulit akan menjadi kering dan membuat kelenjar minyak memproduksi sebum dengan berlebihan untuk dapat menyeimbangkan kelembaban kulit.

Gorengan

Makanan selanjutnya yang dapat menyebaban kulit berminyak yaitu gorengan. Mengonsumsi gorengan akan dapat mempengaruhi produksi sebum. Mengolah makanan dengan cara digoreng menggunakan minyak akan membuat kandungan lemak trans pada makanan meningkat. Dimana lemak trans akan dapat memicu produksi lipid, yakni lapisan lemak tipis yang terdapat pada kulit.

Lipid itu sendiri merupakan penyusun lemak yang ada pada kulit. Jika lapisan lipid bertambah, maka pori-pori kulit akan membuka lebih lebar yang bertujuan mengeluarkan sebum yang berlebihan. Selain menyebabkan kulit berminyak, gorengan juga akan dapat memicu munculnya komedo.

Soft Drink

Minuman soda atau soft drink akan memberikan sensasi yang menggelitik pada lidah. Namun, dibalik sensasinya tersebut ternyata minuman ini tidak baik untuk kesehatan kulit. Gula yang terkandung pada minuman soda akan dapat menyebabkan inflamasi serta menyebabkan jerawat.

Alkohol

Alkohol akan dapat mempengaruhi kulit. Apabila konsumsi alkohol berlebihan akan dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, efeknya kulit akan menjadi kering. Untuk menggantikan cairan yang kurang, maka sebum akan diproduksi oleh kelenjar minyak. Oleh karena itu, supaya kelenjar minyak tidak dengan berlebihan memproduksi sebum, maka anda harus menghindari alkohol. Anda lebih baik minum jus buah atau air mineral karena jauh lebih sehat.

Makanan Untuk Mencegah Kulit Berminyak

Beberapa makanan di atas akan menyebabkan kulit berminyak. Namun, konsumsi beberapa makanan ini akan dapat membantu mencegah kulit berminyak. Yuk simak makanan apa saja yang dapat mencegah kulit berminyak seperti berikut ini.

Buah-Buahan

Jika ingin mengonsumsi makanan manis, anda tidak perlu mengonsumsi es krim atau bolu. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan karena lebih sehat.  Selain kaya akan kandungan serat dan gizi, buah-buahan juga mempunyai indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan memicu minyak dengan berlebihan. Adapun beberapa jenis buah dengan glikemik rendah di antaranya yaitu apel, jeruk, delima dan pir.

Makanan dengan Kandungan Omega-3

Makanan yang mengandung lemak dapat menyebabkan kulit berminyak. Akan tetapi, terdapat sumber lemak baik lainnya yang akan dapat mengontrol lemak jahat yang menjadi penyebab jerawat. Lemak yang bagus untuk kesehatan kulit yaitu omega-3. Asam lemak omega-3 mempunyai zat antiradang yang akan dapat mencegah terjadinya peradangan lebih lanjut yang disebabkan karena minyak berkumpul pada pori-pori. Adapun beberapa sumber makanan yang kaya akan omega-3 di antaranya yaitu ikan, buah alpukat, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Air Kelapa

Mengonsumsi air kelapa setiap hari selain bagus untuk kesehatan seperti mencegah dehidrasi, membersihkan pencernaan dan membersihkan tubuh dari toksin, juga akan dapat membuat kulit menjadi lebih bercahaya dan lebih bersih. Dimana air kelapa akan menyeimbangkan kadar minyak pada tubuh sehingga tidak akan berlebihan produksinya.

Air Putih

Minum air putih dengan rutin dapat membantu mengontrol produksi minyak. Ketika makan anda bisa menjadikan air putih pilihan minuman sehat dibandingkan dengan minum minuman manis. Pasalnya, makanan atau minuman yang tinggi gula akan dapat merangsang minyak berlebih.

Mentimun

Tidak hanya dapat membantu meredakan mata panda, namun mentimun juga dapat membantu mencegah masalah kulit berminyak. Mentimun tinggi akan kandungan air, kaya vitamin B, vitamin A, vitamin C, serat dan mineral. Anda bisa mengonsumsi mentimun langsung atau memadukannya dengan salad.

Baca juga : 

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan kulit berminyak. Untuk mencegah kulit berminyak anda sebaiknya menghindari makanan tersebut, serta melakukan perawatan kulit dengan tepat. Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan mencegah kulit berminyak agar kulit tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...