Makanan Sumber Kolagen yang Bermanfaat Untuk Kulit - Memiliki kulit yang sehat, kencang dan halus tentu menjadi dambaan banyak orang. Supaya kesehatan dan kecantikan kulit tetap terjaga, maka diperlukan kolagen dalam jumlah yang cukup. Akan tetapi, seiring usia yang semakin bertambah produksi kolagen akan berkurang sehingga kulit akan menjadi kendur dan keriput. Manfaat kolagen bisa anda temukan dari beberapa jenis makanan seperti berikut ini.

Makanan-yang-mengandung-kolagen.jpg

Baca Juga:

Makanan Sumber Kolagen Untuk Kecantikan Kulit

Beberapa jenis makanan yang akan membantu meningkatkan produksi kolagen. Apa saja itu? Yuk simak di bawah ini untuk mengetahuinya.

Putih Telur

Putih telur merupakan sumber protein. Selain itu, pada putih telur juga terkandung asam amino, serta protein yakni albumin. Walaupun kolagen yang terkandung pada putih telur tidak terlalu tinggi. Namun, bahan makanan yang satu ini kaya akan kandungan prolin, yaitu asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk kolagen.

Kaldu Tulang

Makanan sumber kolagen lainnya yaitu kaldu tulang. Anda bisa membuat sendiri kaldu tulang dengan cara merebus tulang ayam atau tulang sapi sekitar 12 hingga 48 jam. Jika merebus tulang yang anda lakukan semakin lama, maka kandungan kolagennya akan semakin kaya, serta rasanya akan semakin kaya pula.

Tidak hanya mengandung kolagen saja, namun kaldu tulang juga mengandung fosfor, kalsium, glukosamin, magnesium dan kondroitin. Kualitas dari kaldu tulang yang anda buat akan ditentukan oleh pemilihan tulang, serta bahan lainnya yang anda tambahkan.

Bawang Putih

Bawang putih kaya akan kandungan sulfur, yaitu mineral yang akan membantu dalam pembentukan kolagen, serta mencegah pemecahan kolagen pada tubuh. Anda dapat memakai bawang putih dalam jumlah yang wajar dalam makanan sehari-hari. Meskipun sehat, namun konsumsinya yang berlebihan akan dapat menyebabkan sakit perut.

Baca juga : 

Tomat dan Paprika

Pada tomat dan paprika terkandung vitamin C yang bermanfaat untuk pembentukan kolagen. Tomat menjadi sumber dari likopen, yakni antioksidan yang memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kemudian pada paprika terkandung zat yang disebut dengan capsaicin. Zat ini bersifat antiradang yang dapat melawan tanda penuaan pada kulit.

Susu

Susu, serta semua produk olahannya bagus untuk membantu meningkatkan produksi kolagen. Susu mengandung kadar lisin tinggi, sehingga akan dapat membentuk kolagen dengan alami. Selain itu, lisin juga bisa didapatkan dari putih telur.

Ayam

Ayam mengandung semua jenis asam amino yaitu zat untuk membentuk kolagen. Dimana kolagen pada ayam sebagian besar berasal dari tulang rawan dan jaringan ikatnya. Selain itu, kandungan protein pada daging ayam juga berkualitas tinggi sebab lengkapnya asam amino yang terkandung pada ayam.

Ikan

Jaringan ikan dan tulang pada ikan mengandung kolagen yang berkualitas. Pada makanan laut terkandung kolagen yang mudah untuk dicerna dibandingkan dengan sumber kolagen lainnya. Kolagen yang terkandung pada ikan sebagian besar pada kulit, kepala dan bola matanya. Apabila anda tidak menyukai bagian tersebut, asupan kolagen tetap bisa anda dapatkan dari kulit dan daging ikan.

Buah Sitrus

Buah sitrus seperti lemon dan jeruk mengandung tinggi vitamin C yang akan membantu pembentukan prokolagen yang merupakan bahan baku kolagen pada tubuh.

Sayuran

Sayuran dengan warna hijau tua mengandung agen yang menghasilkan kolagen. Sayuran berdaun hijau seperti kol, kangkung dan bayam bisa anda jadikan ke menu makan harian.

Itulah beberapa makanan sumber kolagen yang bermanfaat untuk kulit. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Loading...

Loading...