Bulan November sudah masuk dipertengahan. Ini artinya tak selang beberapa pekan lagi bulan Desember akan kita jelang. Berbicara mengenai Bulan Desember atau penghujun tahun biasanya musim dan cuaca dingin mulai terasa menusuk.

Hujan yang tak kunjung berhenti dan perubahan cuaca yang ekstrim seringkali membuat beberapa keluhan kesehatan mudah sekali datang. Batuk, pilek, hidung tersumbar dan berair biasanya akan mengganggu aktivitas dan kesehatan. Tubuh pun mudah merasa lelah dan ingin beristirahat di rumah. Hanya saja, ketika banyak pekerjaan menumpuk maka mau tidak mau kita harus tahan dengan kondisi ini.

Baca Juga:

makanan-yang-bantu-redakan-hidung-berair.jpg

Makanan yang Bantu Redakan Hidung Berair dan Tersumbat Saat Musim Penghujan

Selain berkunjung ke dokter, permasalahan hidung berair dan tersumbat rupanya bisa diatasi dengan beberapa makanan dibawah ini.

Teh Hangat

Tersiksa karena flu dengan hidung berair dan tersumbat memang bukanlah perkara yang bisa disepelekan begitu saja. Apalagi dalam waktu yang sama da banyak tugas dan pekerjaan yang perlu dikerjakan. Apalagi ketika kaitannya kewajiban bersama dengan tempat anda bekerja.

Maka daripada bermalas-malasan akan lebih baik bila kita atasi permasalahan hidung berair ini dengan konsumsi teh hangat. Konsumsi teh hangat akan dapat memberikan efek relaksasi yang menenangkan.

Ada banyak jenis teh hangat yang akan dapat anda konsumsi, namun salah satu yang utamanya adalah teh hijau. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki kandungan yang kaya akan flavonoid. Dimana bahan ini adalah bahan anti inflamasi dan bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Madu

Selain teh hangat, jenis makanan lain yang akan dapat anda konsumsi untuk meredakan hidung berair dan tersumbat selanjutnya adalah madu. Konsumsi madu mungkin menjadi satu-satunya obat yang nikmat dan tidak berasa pahit. Nah, maka dari itulah, ketika anda bermasalah dengan flu maka obat yang satu ini bisa anda coba di rumah.

Madu memiliki bahan anti inflamasi dan sifat anti bakteri yang baik dalam meredakan permasalahan hidung tersumbat. Konsumsi ini tentu bisa anda bantu dengan air hangat yang dikonsumsi saat pagi dan sore hari.

Blueberry

Harga blueberry memang terbilang sedikit mahal. Akan tetapi, melihat manfaat yang berlimpah dari bahan makanan yang satu ini maka rasanya konsumsi blueberry akan jauh lebih baik daripada anda membeli obat-obatan dengan harga yang sama.

Kandungan antioksidan yang terkandung pada blueberry beserta dengan vitamin C yang tinggi akan sangat baik dalam meringankan hidung tersumbat. Maka dari itu, tidak ada salahnya mencoba konsumsi bahan makanan sehat ini di rumah.

Bawang

Siapa sangka bahwa bumbu masak di dapur yang satu ini memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Termasuk anda yang saat ini menderita hidung tersumbat dan berair akibat flu yang tak kunjung sembuh.

Baik bawang merah maupun bawang putih, keduanya punya manfaat yang baik dalam meredakan permasalahan flu. Lagi-lagi, sifat antibakteri yang ada didalamnya akan sangat baik dalam memerangi virus penyebab flu.

Adapun cara mengkonsumsi bahan makanan ini sebagai obat flu bisa anda konsumsi secara langsung atau dimasukkan dalam sup dan menambah rasio sedikit agar lebih banyak. Agar demikian, flu yang dirasakan menjadi lebih cepat reda.

Nah, itulah dia beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa bahan makanan yang dapat mengatasi hidung tersumbat dan berair. 

Loading...

Loading...