Sudah pergi ke dokter tapi masih jerawatan? Sudah pakai masker buah dan sayur tapi masih jerawatan? Kenapa ya? Mungkin Anda sudah melakukan perawatan dari luar, tapi apakan Anda sudah melakukan perawatan dari dalam? Selain berobat ke dokter kulit atau melakukan perawatan sendiri di rumah, jerawat juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat.  Hal ini merupakan langkah yang patut Anda coba karena mengobati jerawat bisa lebih optimal jika dilakukan dengan juga menjaga makanan yang kita konsumsi.

Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi saat Anda berjerawat. Mau tahu apa saja? Silahkan simak pembahasan berikut ini.

1)    Gorengan

Baca Juga:

Gorengan sepertinya sudah menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Tapi tahukah Anda bahwa memakan 1 buah gorengan (perkedel jagung atau tempe mendoan) sama dengan mengkonsumsi 1 mangkuk nasi? Iya, karena kandungan gorengan yang disetarakan dengan empat sendok minyak memiliki sama berat dengan 1 mangkuk nasi. Nah, selain membuat gendut gorengan juga dapat memicu jerawat karena minyak dan tepung yang dikandungnya. Maka, minimalisirlah konsumsi gorengan Anda demi terhindar dari jerawat.

2)    Seafood

Seafood seperti udang, kerang dan ikan laut sebaiknya tidak dokonsumsi pada saat Anda memiliki jerawat. Hal ini dikarenakan seafood banyak mengandung iodine yaitu zat yang mampu memicu pertumbuhan jerawat.

3)    Kopi

Kebanyakan kopi mengandung caffein yang tinggi. Sebaiknya Anda mengurangi meminum kopi walaupun memang Anda hobi meminumnya. Hal ini dikarenakan caffein mampu merangsang pertumbuhan jerawat. Jika Anda mengantuk sebaiknya jangan ditahan dengan menggunakan kopi karena meninum kopi hanya menjadi penyebab masalah baru.

4)    Karbohidrat yang tinggi

Karbohidrat yang tinggi seperti makan mie ditambah dengan nasi dan kerupuk dapat memicu perumbuhan jerawat. Hal ini dikarenakan karbohidrat yang berlebihan dapat merangsang sebum untuk berproduksi lebih banyak sehingga resiko penyumbatan minyak dipori-pori kulit pun semakin tinggi. Maka cara mengatasinya adalah dengan mempertimbangkan kandungan karbohirdat yang dikonsumsi setiap hari. Jika Anda mengkonsumsi nasi maka jangan dicampur dengan kentang.

5)    Susu

Susu juga dapat memicu pertumbuhan jerawat dan komedo jika dikonsumsi secara berlebihan. Susu tidak hanyak terdapat didalam bentuk susu minuman tetapi bisa terdapat di permen, sereal, donat dan coklat. Maka perhatikan asupan makanan yang Anda makan. Susu dapat meningkatkan hormon penyebab jerawat dan juga dapat berfungsi sebagai antibiotik.

6)    Kacang Mete

Kacang mete paling enak kalau dimakan sambil menonton film kesukaan kita, iya kacang mete dijadikan cemilan. Namun, berhati-hatilah jangan mengkonsumsi kacang mete terlalu banyak karena kacang mete mengandung banyak omega 6 yang mampu memicu pertumbuhan sebum sehingga dekat kaitanya dengan pertumbuhan jerawat. Nah Ladies, semoga bermanfaat ya!

Loading...

Loading...