Makanan yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa - Setelah seharian berpuasa, waktu berbuka puasa menjadi momen yang paling dinantikan. Aneka menu buka puasa biasanya disajikan di meja makan. Namun, tahukah anda? Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa. Untuk anda yang biasanya mengonsumsi makanan ini saat buka puasa, sebaiknya ganti dengan makanan yang lebih sehat. Lantas apa saja makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa? Untuk mengetahuinya yuk simak berikut ini.

Makanan-yang-harus-dihindari-saat-buka-puasa.jpg

Baca Juga:

Makanan yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa

Agar kesehatan dan sistem pencernaan anda tetap sehat selama bulan puasa, anda harus menghindari beberapa makanan ini saat buka puasa.

Makanan Pedas

Tidak bisa kita pungkiri, makanan pedas disukai banyak orang. Bahkan beberapa orang merasa bahwa makan rasanya tidak lengkap tanpa adanya tambahan sambal pedas. Aneka jenis makanan seperti gorengan pun biasanya tidak luput dari tambahan sambal atau cabe.

Namun, makanan bercita rasa pedas itu sendiri tidak baik disantap saat buka puasa. Pasalnya, selama menjalankan puasa perut tidak menerima asupan makanan ataupun minuman sehingga kondisinya kosong. Ketika makanan yang disantap adalah makanan pedas, hal ini akan dapat menyebabkan dada panas dan perut terasa sakit.

Jika ingin makan pedas, anda sebaiknya mengisi perut terlebih dahulu dengan makanan lainnya. Kemudian jangan mengonsumsi sambal, cabai , saus atau bumbu pedas lainnya terlalu banyak pada makanan yang anda konsumsi.

Baca juga : Tips Kulit Tetap Sehat dan Kenyal Saat Puasa

Makanan Atau Minuman yang Mengandung Kafein

Kandungan kafein bisa kita temukan pada aneka jenis minuman atau makanan, terutama cokelat, kopi atau minuman energi. Untuk anda yang terbiasa minum kopi, anda tentu sudah tidak sabar minum kopi saat berbuka puasa. Padahal, jika anda minum kopi saat perut kondisinya kosong akan dapat menyebabkan lapisan lambung teriritasi karena produksi asam lambung yang lebih banyak. Dimana kondisi ini akan menyebabkan anda mengalami GERD.

Makanan dengan Kandungan Tinggi Gula

Makanan manis menjadi salah satu menu berbuka puasa yang populer. Makanan manis tentunya tinggi akan kandungan gula. Namun, nilai gizinya rendah. Jika anda mengonsumsi menu buka puasa seperti itu, kadar gula darah anda yang asalnya rendah akan melonjak dengan cepat. Tidak hanya membuat anda mudah merasa haus, namun juga akan menyebabkan nafsu makan yang lebih besar, efeknya berat badan akan menjadi bertambah naik. Parahnya lagi hal ini akan dapat menyebabkan tingginya risiko mengalami diabetes.

Gorengan

Biasanya gorengan menjadi salah satu menu wajib saat berbuka puasa. Rasanya yang gurih dengan teksturnya yang renyah, apalagi dikombinasikan dengan sambal akan terasa sangat nikmat. Walaupun rasanya enak, namun makanan ini sebaiknya tidak anda konsumsi saat berbuka puasa.

Gorengan mengandung kalori yang banyak dan bisa menyebabkan naiknya berat badan anda. Apalagi jika anda mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Tidak hanya itu, gorengan juga tinggi akan kandungan lemak sehingga akan lebih lambat diproses jika dibandingkan dengan zat lainnya. Hal ini tentunya akan dapat menyebabkan terganggunya pencernaan anda.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa. Semoga informasi yang kami barikan untuk anda bermanfaat.

Loading...

Loading...