Banyak yang mengatakan bahwa sarapan adalah kunci dari memulai hari yang lebih berenergi. Hal ini dikarenakan dengan sarapan seseorang akan punya lebih banyak zat gizi sehingga lebih mudah bagi tubuh mengubahnya menjadi energi. Lewat sarapan tubuh akan lebih siap menghadapi banyak aktivitas. Sayangnya, bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan sarapan justru menjadi waktu makan yang banyak dilewatkan. Dengan alasan takut gemuk. Lantas manakan yang lebih ampuh menurunkan berat badan? Sarapan atau tidak? Informasi lebih dalamnya bisa anda simak di bawah ini.

Pengaruh Sarapan Terhadap Penurunan Berat Badan Menurut Para Ahli

Mungkin anda pernah mendengar pendapat yang mengatakan bahwa sarapan akan dapat membantu menurunkan berat badan. Sebaliknya, dengan melewatkan waktu sarapan justru akan membuat kenaikan berat badan terjadi secara lebih mudah dan signifikan. Hal ini rupanya dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Dietetic Association. Disebutkan bahwa sarapan merupakan salah satu bagian dari pola makan yang seimbang.

Baca Juga:

Mereka yang secara rutin menyantap makan di pagi hari biasanya mampu menjaga berat badannya tetap dan tidak mudah naik. Hal yang sama justru tidak dirasakan oleh mereka yang sering melewatkan santap makan pagi. Bahkan katanya, sarapan juga diyakini mampu menurunkan berbagai risiko terhadap penyakit. Seperti halnya penyakit kardiovaskular dan diabetes.

sarapan-atau-tidak-pada-saat-diet.jpg

Namun sayangnya, pendapat sebaliknya dikemukakan oleh sebuah penelitian dalam jurnal BMJ. Penelitian ini menyebutkan bahwa tidak ada bukti yang kuat untuk mendukung pendapat jika sarapan bisa menurunkan berat badan seseorang. Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan Inggris menemukan fakta sebaliknya bahwa seseorang yang sarapan cenderung mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada mereka yang tidak sarapan.

Secara skala rata-rata, orang yang menyantap makan di pagi hari mengkonsumsi sekitar 260 kalori lebih banyak dibandingkan mereka yang melewatkan santap sarapan di pagi hari. Penelitian ini pun mendapatkan hasil bahwa berat badan orang yang sarapan biasanya lebih tinggi daripada mereka yang tidak sarapan.

Hasilnya sekitar 0,44 kg lebih berat orang yang makan sarapan pagi mengalami kenaikan berat badan dibandingkan mereka yang tidak sarapan. Akan tetapi sayangnya, karena jumlah peserta dan waktu penelitian yang dilakukan amat terbatas hal tersebut membuat kebenaran hasil yang diperoleh dari penelitian ini menjadi tidak jelas. Sebagai langkah untuk memperkuat hasil dari penelitian tersebut dianjurkan untuk melakukan riset lebih lanjut.

Manfaat Sarapan Membuat Tubuh Kenyang Lebih Lama

Memulai pagi anda dengan sarapan rupanya bukan hanya menyumbang sejumlah energi guna membuat tubuh lebih bertenaga saja. Akan tetapi, sarapan pun membantu tubuh anda merasa kenyang lebih lama sampai waktu makan siang tiba. Selain itu, perut yang terisi dengan sejumlah nutrisi di pagi hari akan membuat anda merasa lebih fokus dan siap bekerja dengan baik.

Hal ini bisa disebabkan oleh asupan kalori, proteindan serat yang anda asup pada saat sarapan menjadi asupan yang baik. Zat gizi yang terdapat dalam makanan yang dikonsumsi saat sarapan pun akan menjaga rasa kenyang serta menjaga nafsu makan anda sampai waktu makan selanjutnya.

Sebaliknya, ketika anda melewatkan waktu makan pagi biasanya perut kosong yang anda bawa ke tempat kerja membuat anda sulit fokus dalam bekerja. Alhasil karena kelaparan anda pun akan cenderung menjadi lebih mudah mengantuk.

Dalam hal ini fokus bekerja yang dipaksakan bisa mungkin membuat anda stress. Alih-alih dapat melewati pagi hari dengan produktif anda mungkin terjebak di depan layar ponsel anda sambil melihat-lihat aneka jenis gambar makanan yang anda harap mampu meredakan rasa lapar anda.

Lantas Manakah yang Lebih Ampuh Menurunkan Berat Badan? Sarapan Atau Tidak?

Meski secara penelitian belum sepenuhnya bisa disimpulkan mana yang terbaik dan ampuh menurunkan berat badan sewaktu anda sedang berdiet. Namun secara manfaat sarapan memiliki andil yang cukup besar untuk kesehatan tubuh anda. Pasalnya, sarapan pagi bukan hanya membuat anda merasa kenyang lebih lama namun hal ini pun punya andil dalam membantu mengontrol porsi makan anda di waktu makan selanjutnya.

Bayangkan saja, ketika kita melewatkan waktu sarapan secara tidak sadar kita menekan rasa lapar kita dua kali lipat. Mengulur waktu makan dan menumpuknya menjadi satu malah akan membuat anda semakin tersiksa dengan rasa lapar tak tertahankan. Mungkin waktu sarapan pagi yang anda lewatkan membuat anda menghindari asupan kalori di pagi hari. Akan tetapi, orang yang kelaparan karena tidak sarapan akan cenderung menyantap lebih banyak kalori di siang hari. Tanpa sadar ketika waktu makan siang tiba anda akan menyantap apa saja yang anda lihat atau membeli makanan apa saja yang anda inginkan.

Akibatnya sama saja, asupan lemak dan kalori ke dalam tubuh akan sama jumlahnya. Atau bahkan lebih banyak sebab ketika rasa lapar datang biasanya kita cenderung makan kalap dengan segala jenis makanan yang dengan mudah dimasukkan ke dalam mulut.

Untuknya, bila diberikan pilihan untuk menyantap sarapan atau tidak pada saat berdiet maka sebaiknya sempatkan waktu untuk sarapan dibandingkan menahan rasa lapar anda dan beresiko membuat anda menggagalkan diet yang anda jalani. Bila anda khawatir dengan kalori yang diasup berlebihan ke dalam tubuh pada saat sarapan maka menu sarapan yang anda santap perlu diperhatikan jenisnya.

Di bawah ini adalah beberapa jenis anjuran sarapan yang perlu diperhatikan bagi anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Seperti apa saja? Mari simak tips sarapan orang berdiet.

Tips Sarapan Para Pelaku Diet

Ada banyak hal yang penting diperhatikan bagi anda yang hendak menyantap sarapan agar tidak menumpuk atau memperbanyak asupan kalori ke dalam tubuh sewaktu anda menyantap sarapan. Apa sajakah? Simak di bawah ini.

Perbanyak Serat

Serat dari sayur dan buah menjadi menu penting yang harus anda hadirkan pada saat santap pagi anda. Makanan dengan kaya serat bukan hanya akan membantu saluran pencenernaan anda menjadi lebih lancar. Namun hal ini pun akan dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begini maka anda akan terhindar dari rasa kelaparan yang menyiksa.

Hindarkan Gula

Ganti menu sarapan anda dari yang sebelumnya teh manis atau kopi dengan teh tawar atau minuman infused water. Atau anda bisa mengkonsumsi smoothies dari buah dan sayur dan dibuat dengan tanpa melibatkan pemanis buatan ke dalamnya.

Loading...

Loading...