Manfaat Air Kelapa Untuk Kecantikan - Segar dan nikmat, itulah yang akan anda rasakan ketika meminum air kelapa. Selain bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengganti air putih untuk mengisi cairan tubuh yang hilang, air kelapa juga memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan.

Selain dibutuhkan perawatan dari luar untuk menunjang kecantikan, anda juga juga harus melakukan perawatan dari dalam dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang bergizi. Air kelapa diketahui memiliki manfaat yang bagus bagi kecantikan, baik kecantikan kulit ataupun rambut. Kandungan pada air kelapa dapat memberikan efek yang bagus untuk kecantikan. Penasaran apa saja manfaat air kelapa untuk kecantikan? Untuk mengetahuinya anda bisa simak berikut ini.

Baca Juga:

Manfaat-air-kelapa-untuk-kecantikan.jpg

Manfaat Air Kelapa Untuk Kecantikan

Dengan konsumsi makanan dan minuman yang tepat akan berdampak terhadap kecantikan. Salah satu minuman yang bagus untuk kecantikan yaitu dengan konsumsi air kelapa. Berikut ini manfaat air kelapa untuk kecantikan kulit atau rambut.

1. Menghilangkan Jerawat

Memiliki wajah yang cantik dan mulus adalah dambaan setiap orang. Hanya saja, tidak semua orang dianugerahi wajah yang mulus dan bersih. Masalah pada wajah yang umum dialami yaitu jerawat. Selain mengganggu kecantikan, jerawat juga kerap kali membuat penderitanya merasa tidak nyaman karena gatal dan sakit yang ditimbulkan.  Dalam bahasa medis jerawat disebut sebagai acne vulgaris, yang merupakan kondisi dimana folikel rambut mengalami sumbatan oleh kulit mati serta minyak yang bisa menyebabkan peradangan.

Banyak produk atau obat jerawat yang bisa anda gunakan untuk mengobati jerawat membandel pada wajah. Namun, selain mencoba produk tersebut alangkah lebih baik jika anda menggunakan cara alami untuk mengatasi jerawat. Ada beberapa bahan alami yang diketahui efektif menghilangkan jerawat pada wajah, salah satunya yaitu air kelapa. Minuman yang biasa kita jadikan untuk pelepas dahaga ini, selain enak ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan. ( Lihat juga : Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan )

Untuk mendapatkan manfaat dari air kelapa, anda bisa minum air kelapa muda setiap hari. Efeknya racun pada tubuh anda akan berkurang sehingga jerawat dapat dicegah. Sebab air kelapa muda dapat menetralkan dan menangkal racun masuk ke tubuh, sehingga dengan begitu risiko jerawat muncul akan berkurang.

Selain dengan meminum air kelapa muda dengan rutin, anda juga bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengaplikasikan langsung air kelapa muda pada wajah anda sebagai masker. Anda bisa membuat masker dari air kelapa muda dengan cara mencampurkan air kelapa muda dengan parutan kunyit sebanyak 3 ruas. Lalu anda bisa mendiamkannya selama semalaman pada lemari es. Kemudian tambahkan teh bubuk cendana sebanyak 3 sendok teh. Lalu anda bisa menyimpannya kembali selama 3 hari. Anda bisa menyaring ramuan menggunakan kain kasa. Selanjutnya, silakan oleskan pada wajah anda yang terdapat jerawat selama 2 kali dalam sehari hingga masalah jerawat pada wajah anda hilang.

2. Mencegah Penuaan Dini

Seiring dengan usia yang semakin bertambah tubuh akan mengalami proses penuaan. Dimana jaringan elastin, serta jaringan kolagen akan mulai melemah, akibatnya keelastisan kulit akan menjadi berkurang sehingga tanda penuaan akan muncul seperti keriput.

Namun tahukah anda? Penuaan tidak hanya dapat dialami oleh orang tua saja, mereka yang usianya masih muda terkadang mengalami penuaan dini. Penuaan dini itu sendiri merupakan istilah dimana seseorang mengalami proses penuaan sebelum waktunya. Anda dikatakan mengalami penuaan dini jika anda terlihat lebih tua dari usia anda yang sesungguhnya. Beberapa tanda penuaan dini yang biasanya mucnul yaitu munculnya garis halus pada area mata, juga mulut dan muncul bintik hitam pada wajah anda.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya penuaan dini seperti misalkan paparan sinar matahari, merokok, pola makan yang tidak sehat, minum minuman beralkohol, stress dan lain sebagainya.

Setiap orang pastinya akan mengalami proses penuaan dengan alami. Hanya saja, mengalami penuaan dini bukanlah hal alami dan sebaiknya dicegah. Untuk mencegahnya anda bisa menghindari faktor penyebabnya. Namun, selain itu anda bisa melakukan perawatan untuk mencegah penuaan dini. Air kelapa muda diketahui dapat membantu mencegah penuaan dini dan menjadikan kulit nampak lebih halus dan terlihat lebih muda. Air kelapa muda mengandung sitokinin yang bermanfaat dalam mengatur perkembangan, pertumbuhan dan penuaan sel. Untuk mendapatkan manfaat air kelapa muda untuk mencegah penuaan dini, anda bisa minum air kelapa muda. Hal ini akan membuat peremajaan kulit prosesnya berjalan lebih baik dan cepat. Sel-sel pada kulit anda akan terhindar dari radikal bebas yang akan memberikan pengaruh buruk untuk kulit.

3. Mengatasi Kulit Kering

Kondisi kulit kering tentunya akan membuat wanita merasa tidak percaya diri. Berbagai cara untuk mengatasi kondisi kulit kering dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat. Seperti yang kita ketahui, kulit kering rentan mengalami masalah seperti kulit mengelupas, ruam kulit, muncul garis halus, kerutan dan lain sebagainya.

Kulit kering itu sendiri terjadi dikarenakan akumulasi kulit mati pada bagian wajah tertentu. Untuk mengatasi kondisi kulit kering maka dibutuhkan nutrisi. Anda bisa mendapatkannya dari pelembab. Tidak hanya itu, untuk menghidrasi kulit anda bisa melakukan perawatan yang tepat dan menerapkan pola makan yang sehat.

Untuk mengatasi kulit kering, air kelapa diketahui memiliki manfaatnya. Air kelapa dapat membantu memperbaiki tekstur kulit anda sehingga akan menjadi lebih halus dan lembab. Kandungan pada air kelapa akan dapat mengembalikan kesegaran kulit anda yang kusam karena berbagai hal seperti paparan sinar matahari, AC, debu maupun polusi. Dalam air kelapa muda terkandung antioksidan dan sitokinin yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Selain itu, kandungan pada air kelapa muda juga akan mengembalikan ion tubuh anda sehingga tubuh anda yang lelah setelah beraktivitas seharian akan menjadi segar kembali. Untuk mendapatkan manfaat air kelapa muda dalam mengatasi kulit kering, anda bisa minum air kelapa muda dengan rutin setidaknya 1 kali sehari. Usahakan anda minum air kelapa muda yang masih dalam keadaan segar.

4. Mencerahkan Wajah

Manfaat-air-kelapa-untuk-kecantikan-1.jpg

Pada air kelapa muda terkandung antioksidan, serta sitokinin yang tinggi. Dimana kandungannya tersebut bermanfaat untuk kecantikan kulit seperti mencegah munculnya tanda penuaan dini, meningkatkan kolagen kulit, serta mengurangi pigmentasi. Selain itu, omega-3 pada air kelapa muda dapat membantu pengelupasan sel kulit mati, menjadikan pori-pori kulit mengecil dan membuat kulit wajah semakin cerah. Mineral yang terkandung di dalamnya seperti kalium, magnesium dan asam amino akan menghidrasi kulit dan membuat kulit terhindari dari kusam dan menjadikannya lebih cerah dan segar.

Dengan mengonsumsi air kelapa muda dengan rutin akan menjadikan kulit anda cerah dengan alami. Anda bisa minum air kelapa muda sebanyak 2 kali sehari atau mencuci wajah menggunakan air kelapa muda agar wajah anda bebas kusam dan nampak lebih segar dan cerah.

5. Cara Menghilangkan Noda Hitam

Setiap wanita memiliki masalah kulit tersendiri. Dimana salah satu masalah wajah yang sering dialami yaitu munculnya flek atau noda hitam pada wajah. Keberadaan flek hitam akan menjadikan pemiliknya kurang percaya diri. Agar bisa menghindari munculnya flek hitam pada wajah anda harus menghindari penyebab munculnya flek hitam itu sendiri.

Flek hitam atau noda hitam pada wajah itu sendiri disebabkan oleh beberapa faktor seperti bekas jerawat, faktor genetik, penggunaan kosmetik, polusi serta paparan sinar UV. Untuk menyamarkannya anda bisa menggunakan make up, namun itu hanya bersifat sementara. Untuk menghilangkannya, anda bisa mencoba menggunakan cara alami dengan menggunakan air kelapa. Pada air kelapa mengandung mineral dan vitamin yang bisa membantu mengatasi jerawat, mencegah penuaan dini dan melembabkan wajah.

Untuk mendapatkan manfaatnya dari air kelapa untuk menghilangkan noda hitam anda bisa mencampurkannya dengan menggunakan air mawar. Pada air mawar terkandung antioksidan yang mampu meregenerasi kulit. Selain itu, antibakteri serta antiinflamasinya akan membantu dalam penyembuhan jerawat. Kedua campuran bahan ini akan membuat wajah anda berkilau.

Caranya yaitu dengan menyampurkan air mawar semangkuk dan air kelapa semangkuk. Lalu anda bisa memasukannya ke dalam botol semprot. Anda bisa menyimpan air ini di dalam kulkas  dan bisa digunakan selama sebulan. Untuk penggunaannya sama seperti face mist dengan cara menyemportkannya pada wajah anda sebelum tidur setiap malam. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda juga bisa menggunakannya saat siang hari.

6. Mencegah Rambut Rontok

Rambut adalah mahkota untuk para wanita, begitu juga dengan pria. Ada beberapa masalah yang biasanya muncul pada rambut dan menyebabkan kerusakan, salah satunya yaitu rambut rontok.

Rambut rontok menjadi salah satu masalah rambut yang cukup meresahkan, baik untuk wanita ataupun pria. Mengapa tidak, jika rambut rontok terus menerus akan menyebabkan rambut tipis bahkan hingga menyebabkan kebotakan. Tentunya kondisi ini akan membuat anda merasa tidak percaya diri.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut rontok seperti misalkan tanda penuaan, stress, riwayat keluarga, perubahan hormonal, rendahnya kadar vitamin, produk perawatan rambut yang tidak cocok dan lain sebagainya.

Masalah rambut rontok ini tentu tidak diinginkan oleh siapapun. Sebelum anda mengalami rambut rontok, anda bisa mencegahnya. Untuk mencegah rambut rontok air kelapa muda bisa anda manfaatkan. Dengan memijat kulit kepala menggunakan air kelapa akan membuat sirkulasi darah meningkat pada area tersebut, juga dapat membuat folikel rambut lebih kuat dan kepadatannya akan meningkat. Sehingga dengan begitu akan membuat rambut semakin kuat dan terhindar dari masalah kerontokan rambut.

7. Mengatasi Rambut Kering dan Kusam

Rambut kusam dan kering terjadi karena rambut kekurangan vitamin dan nutrisi. Dimana kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti misalkan terlalu sering meluruskan rambut menggunakan catokan rambut, sering mengganti warna rambut dan lain sebagainya.  Ketika rambut anda sudah rusak, tentu untuk mengembalikan kondisinya dibutuhkan perawatan yang ekstra.

Nah, untuk membantu mengatasi rambut yang kering dan kusam, anda bisa mencoba menggunakan cara alami dengan memanfaatkan air kelapa. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa memijat kulit kepala dengan menggunakan air kelapa, dan mencucinya sebelum anda mandi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa melakukan perawatan ini dengan rutin. Air kelapa juga berkhasiat sebagai kondisioner alami yang akan menjadikan rambut anda lembut.

8. Mengatasi Komedo

Komedo atau disebut juga dengan dendruff merupakan serpihan kulit pada kepala yang berwarna putih. Serpihan pada rambut ini biasanya akan mudah terlihat pada kulit kepala, bahkan hingga berjatuhan ke bahu anda. Meskipun kondisi ini tidak menular, namun adanya ketombe pada kulit kepala akan membuat rasa percaya diri menurun.

Anda dapat mencegah masalah ketombe dengan memanfaatkan air kelapa. Air kelapa memiliki sifat antijamur dan antibakteri, sehingga kondisi kulit kepala gatal, infeksi maupun ketombe dapat dicegah. Selain itu, air kelapa juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut menjadi lebih lebat.

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa dalam mencegah ketombe caranya yaitu dengan mengoleskan air kelapa pada kulit kepala anda dengan diberikan pijatan ringan. Selain itu, setelah keramas anda bisa menggunakan air kelapa untuk membilasnya. Terakhir anda bisa membilas lagi rambut dengan menggunakan air bersih.

9. Memanjangkan Rambut

Banyak wanita yang ingin memiliki rambut hitam dan panjang. Hanya saja, karena pengaruh hormon terkadang rambut rontok dan sulit tumbuh. Untuk anda yang ingin memiliki rambut panjang dengan alami, anda bisa mencoba memanfaatkan air kelapa. Air kelapa mengandung kalium, protein dan zat besi yang tinggi yang bermanfaat untuk memanjangkan rambut dengan alami.

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa untuk memanjangkan rambut, caranya yaitu dengan menyiapkan air kelapa sebanyak 500 ml. Kemudian anda bisa mengoleskan air kelapa dengan merata pada seluruh rambut anda. Setelah itu, anda bisa memberikan pijatan dengan lembut pada kulit kepala agar kandungannya dapat meresap dengan sempurna. Anda bisa mendiamkannya selama semalaman dengan menutupnya menggunakan handuk hangat. Saat pagi harinya anda bisa membilas rambut hingga bersih.

10. Menjaga Keelastisan Kulit

Manfaat-air-kelapa-untuk-kecantikan-2.jpg

 

Pada air kelapa terkandung banyak vitamin C. Asupan vitamin C yang cukup diperlukan oleh tubuh untuk produksi antioksidan dan kolagen supaya dapat menangkal radikal bebas sehingga anda akan terhindar dari efek buruknya.

Minum air kelapa sebanyak setidaknya 1 gelas akan dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda sebanyak 40 persen. Efeknya kulit anda akan mendapatkan manfaatnya. Minum air kelapa bisa menjadi alternatif mendapatkan vitamin C jika anda tidak suka mengonsumsi buah-buahan bercita rasa asam.

11. Menghindrasi Kulit

Anda mungkin pernah mengalami kondisi dimana bagian kulit tangan dan kaki terasa lebih kering dibandingkan dengan bagian wajah. Jika seperti ini anda kemungkinan kekurangan cairan.

Untuk menghidrasi kulit, selain dengan minum air putih yang cukup, anda juga bisa minum air kelapa. Pasalnya, air kelapa mengandung vitamin C yang akan membuat kulit anda lebih sehat. Anda juga bisa mengimbanginya dengan perawatan yang tepat untuk mendapatkan kulit sehat seperti yang anda inginkan. ( Baca juga : Manfaat Teh Hijau )

12. Toner Wajah

Manfaat air kelapa untuk kecantikan selanjutnya yaitu sebagai pembersih serta toner bagi wajah yang sensitif. Air kelapa bermanfaat untuk pembersih hydrating bagi jenis kulit sensitif. Cara mendapatkan manfaatnya yaitu dengan mencelupkan kapas ke dalam air kelapa. Lalu anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan kotoran pada wajah seperti sisa make up, debu dan lain sebagainya.

Selain itu, minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai toner caranya yaitu dengan mencelupkan kapas ke dalam air kelapa. Lalu anda bisa mengaplikasikannya pada wajah dengan gerakan lembut. Toner alami dari air kelapa ini dapat melembutkan kulit, mengurangi berlebihnya minyak dan mengatur pH kulit.

Dengan demikian, air kelapa memiliki banyak manfaat untuk kecantikan baik kecantikan kulit atau rambut. Anda bisa melakukan perawatan dengan menggunakan air kelapa untuk mendapatkan manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...