Banyak bahan alami yang memiliki manfaat bagus untuk kulit, salah satunya timun. Timun dapat merawat kulit karena beberapa kandungan di dalamnya. Nah, anda bisa menggunakan timun untuk perawatan kulit agar lebih sehat. Simak manfaat masker timun di bawah ini.

Manfaat Masker Timun

Manfaat timun untuk kulit sudah tidak bisa diragukan. Pada timun terkandung tinggi mineral, vitamin dan nutrisi yang lainnya. Nah, di bawah ini beberapa manfaat masker timun untuk kulit.

Baca Juga:

masker-timun.jpg

Membantu Melawan Penuaan Dini

Manfaat pertama dari masker timun yaitu untuk melawan penuaan dini. Masalah penuaan dini tentu menjadi hal yang menakutkan untuk setiap orang. Untuk mencegah masalah ini, banyak wanita yang rela melakukan berbagai perawatan mahal. Padahal sebenarnya penuaan dini bisa dicegah dengan menggunakan bahan alami, salah satunya timun.

Timun mengandung antiokisdan yang dapat membantu mengatasi keriput pada wajah. Selain itu, timun juga mengandung asam folat dan vitamin C. Dimana vitamin C itu sendiri dapat menstimulasi tumbuhnya sel baru. Sedangkan untuk asam folat dapat membantu menyingkirkan racun akibat polusi yang menjadikan kulit nampak kusam.

Baca juga : Cara Mengatasi Bruntusan di Wajah

Melembabkan Kulit

Manfaat masker timun berikutnya yaitu dapat membantu membuat kulit lebih lembab. Pada timun terkandung air sebanyak 96 persen. Hanya saja, untuk melembabkan kulit air saja tidak akan cukup. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal bisa dikombinasikan dengan aneka bahan yang lainnya seperti lidah buaya atau madu. Kemudian anda bisa menggunakannya sebagai masker untuk menjaga kulit lebih lembab.

Untuk Kulit Berjerawat

Masker timun juga bagus untuk kulit yang mengalami masalah jerawat. Kondisi kulit wajah yang berminyak, serta adanya penumpukan kulit mati pada wajah akan dapat menyumbat pori-pori kulit, sehingga akan memicu jerawat muncul pada kulit. Nah, timun akan dapat membantu membersihkan kulit wajah, dan menjadikan kulit lebih kencang. Efeknya pori-pori akan menjadi mengecil.

Membantu Mengurangi Sembab

Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa mentimun dapat membantu mengurangi sembab. Untuk anda yang biasanya kurang tidur, masker timun dapat anda gunakan untuk membantu mengurangi sembap pada kulit.

Membantu Meringankan Iritasi

Kulit dapat mengalami iritasi. Untuk meringankan kondisi ini, timun dapat membantu. Pasalnya timun memiliki efek antiradang yang akan dapat membantu membuat kemerahan, nyeri dan iritasi pada wajah menjadi berkurang. Masker timun bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah kulit yang terbakar oleh matahari, ruam atau karena gigitan serangga.

Bagaimana Cara Membuat Masker Timun

Anda bisa membuat sendiri masker timun di rumah. Yuk simak caranya di bawah ini.

  1. Silakan sediakan timun. Lalu anda bisa mencucinya hingga bersih.
  2. Setelah itu, haluskan timun sebanyak ½ potong, anda tidak perlu mengupasnya. Anda bisa menghaluskan dengan menggunakan blender atau secara manual.
  3. Kemudian dengan menggunakan saringan anda bisa memisahkan sari mentimun yang telah anda haluskan.
  4. Selanjutnya anda bisa mengoleskan air mentimun pada kulit wajah anda yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit.
  5. Lalu anda bisa membilas masker menggunakan air hangat atau air dingin. Terakhir silakan keringkan wajah anda.
  6. Tidak hanya dijadikan masker, namun anda juga bisa menggunakan timun dengan cara diiris tipis. Kemudian pada wajah ditempelkan.

Untuk melembabkan kulit, anda bisa mencampurkan timun dengan madu atau lidah buaya. Sedangkan untuk membantu mengurangi mata sembab, anda bisa mengirisnya dan diletakan pada mata.

Loading...

Loading...