Siapa yang tidak kenal dengan daun kelor? Meskipun selalu dikaitkan dengan hal-hal mistis, namun daun kelor memiliki banyak khasiat untuk kesehatan maupun kecantikan. Daun kelor berbentuk bulat dan ukurannya kecil dengan warna bunga putih kekuningan. Bunga pohon kelor tumbuh sepanjang tahun dengan aroma yang semerbak. Pohon kelor memiliki buah yang biasanya disebut dengan kelentang.

Baca Juga:

Para ahli sudah melakukan penelitian pada tanaman kelor, baik dari batang, daun, biji hingga buahnya. Hasilnya sangat menakjubkan, tanaman ini mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat.

Pada daun kelor terdapat banyak kandungan yang memiliki khasiat bagus untuk kesehatan ataupun kecantikan. Daun kelor bermanfaat untuk kecantikan kulit. Berbagai masalah pada kulit seperti jerawat, flek hitam, komedo, mata panda dan lain sebagainya bisa diatasi dengan khasiat daun kelor. Selain itu, daun kelor juga bermanfaat untuk rambut agar tetap sehat dan cantik. Nah, untuk mengetahui lebih jelas apa saja manfaat daun kelor untuk kecantikan, anda bisa simak pada pembahasan berikut ini.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kecantikan

Manfaat-daun-kelor-untuk-kecantikan.jpg

Bagi seorang wanita kecantikan adalah hal penting yang harus diperhatikan sehingga berbagai perawatan kecantikan dilakukan, baik perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk mahal hingga melakukan perawatan alami. Nah, daun kelor menjadi salah satu bahan alami yang terkenal akan khasiatnya untuk kecantikan. Bagi anda yang penasaran akan manfaat daun kelor untuk kecantikan, baik kecantikan kulit, rambut dan untuk diet. Yuk simak beberapa manfaatnya di bawah ini.

Antioksidan

Kegiatan sehari-hari yang kita lakukan memungkinkan kita terkena paparan sinar matahari, asap kendaraan, asap rokok, debu dan kotoran yang lainnya. Hal-hal tersebut akan mengancam kesehatan kulit. Beberapa akibatnya akan menyebabkan kulit wajah kusam, jerawat hingga kanker kulit karena radikal bebas.

Daun kelor memiliki peran yang penting sebagai antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit supaya tetap segar, cerah dan bersih. Kandungan vitamin C dalam daun kelor yang berfungsi sebagai antioksidan juga bermanfaat untuk membuang racun pada tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun kelor untuk kecantikan, anda bisa mengonsumsinya dengan dijadikan sayur atau dibuat masker alami yang dicampur madu. ( Baca juga : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan)

Menghilangkan Flek Hitam

Memiliki wajah mulus dan sehat terkadang hanya impian semata karena adanya masalah pada kulit wajah berupa flek hitam yang sangat mengganggu. Keberadaan flek hitam pada wajah akan menurunkan rasa percaya diri karena menjadikan kulit wajah terlihat tidak mulus. Munculnya flek hitam pada wajah itu sendiri bisa disebabkan oleh berbagai hal. Bekas jerawat biasanya berupa flek hitam yang cukup sulit dan lama dihilangkan. Selain itu, flek hitam pada wajah bisa disebabkan karena paparan sinar matahari, hormon yang tidak seimbang yang menyebabkan hiperpigmentasi, bertambahnya usia dan lain sebagainya.

Sebagai seorang wanita yang selalu ingin terlihat cantik anda tentu tidak akan membiarkan keberadaan flek hitam berlama-lama pada wajah anda. Selain menggunakan produk kecantikan untuk mengatasi flek hitam, anda juga bisa mencoba memanfaatkan daun kelor. Daun yang diketahui kaya akan manfaat ini dapat mengatasi flek hitam pada wajah.

Daun kelor memiliki banyak kandungan, salah satunya vitamin C. Vitamin C pada daun kelor menjadi nutrisi yang dapat membantu mengatasi flek hitam pada wajah. Selain untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga terkenal khasiatnya untuk mencerahkan kulit sehingga noda hitam pada wajah akan pergi.

Mengatasi Jerawat

Selain mengandung antioksidan, daun kelor juga mengandung antibakteri yang sudah dipastikan bermanfaat untuk mengatasi jerawat membandel. Seperti yang kita ketahui, jerawat menjadi masalah kulit yang banyak dialami. Hampir setiap orang pernah mengalami penyakit kulit yang satu ini. Bentuknya yang menonjol pada permukaan kulit membuat penderitanya merasa tidak nyaman karena gejala-gejala yang ditimbulkan seperti  gatal dan rasa sakit. Terlebih lagi keberadaan pada kulit wajah menjadikan rasa percaya diri menurun. Banyak sekali hal yang menyebabkan munculnya jerawat pada wajah yang bahkan tanpa kita sadari.

Menggunakan masker jerawat dari daun kelor akan membantu mengempiskan jerawat dengan efektif. Selain itu, daun kelor juga bermanfaat untuk mencegah kembali munculnya jerawat pada wajah dengan mengontrol minyak berlebih pada wajah dan membersihkan pori-pori dengan menyeluruh.

Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Setiap wanita tentunya ingin memiliki kulit wajah mulus. Hanya saja, wajah mulus seperti yang didambakan tidak bisa didapatkan karena ukuran pori-pori yang besar. Terlebih lagi jika dilihat dari dekat, pori-pori wajah yang besar akan mengganggu kacantikan wajah.

Di samping mengganggu kecantikan wajah, pori-pori besar juga akan menimbulkan berbagai masalah pada wajah. Pori-pori yang tersumbat oleh kotoran akan dapat memicu timbulnya bintik-bintik hitam pada wajah. Selain mudah berjerawat, kulit juga akan mudah berkomedo serta akan menyebabkan kulit wajah semakin berminyak.

Nah, daun kelor memiliki manfaat yang bagus untuk mengecilkan pori-pori. Daun kelor akan dapat membantu membuat kulit dalam keadaan optimal, mengecilkan pori-pori sehingga akan mencegah kotoran masuk ke dalamnya. Efeknya kulit tidak akan kusam dan akan terhindar dari kemungkinan terjadinya masalah jerawat dan komedo.

Mencerahkan Kulit

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit putih? Untuk mendapatkan kulit wajah cerah dan putih, banyak orang yang memilih menggunakan produk pemutih kulit yang keamanannya tidak diketahui dengan pasti. Mereka percaya bahwa dengan produk pemutih kulit, kulit wajah yang putih akan didapatkan dengan cepat.

Itu memang benar, hanya saja produk pemutih kulit mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan kulit dan memicu munculnya masalah pada kulit. Untuk mencerahkan kulit, daun kelor diketahui memiliki manfaat yang bagus. Bahkan saat ini banyak produk kosmetik yang menggunakan daun kelor sebagai kandungannya. Kandungan pada daun kelor mampu membantu mengatasi kulit kusam sehingga akan menjadikan kulit wajah lebih cerah dan bersih

Memperlambat Proses Penuaan

Komponen dalam vitamin yang penting untuk memperlambat proses penuaan yaitu antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk mencegah pengaruh negatif dari radikal bebas. Radikal bebas itu sendiri dapat dihasilkan dari proses dalam tubuh atau bisa terjadi dari paparan faktor lingkungan seperti sinar matahari, asap rokok dan lainnya. Radikal bebas akan mempercepat proses penuaan yang terjadi pada kulit.

Nah, salah satu kandungan yang cukup tinggi dalam daun kelor yaitu antioksidan yang dapat membantu mencegah proses penuaan atau memperlambat proses penuaan. Daun kelor yang dijadikan sebagai masker akan mampu membantu mengencangkan kulit dan akan mencegah munculnya kerutan serta garis halus pada wajah.

Mengatasi Kulit Berminyak

Anda memiliki kulit berminyak? Tanda-tanda kulit berminyak di antaranya yaitu kulit terlihat berkilau terlebih lagi jika dilihat di bawah cahaya. Selain itu, pada kulit terdapat pori-pori yang terbuka, komedo dan jerawat.

Selain memicu munculnya komedo dan jerawat, kulit berminyak juga akan membuat kulit terlihat kusam dan tidak segar. Kondisi kulit berminyak juga akan membuat riasan cepat hilang dan menimbulkan masalah wajah yang lainnya.

Meskipun tidak selamanya berdampak negatif, tetapi banyak orang yang memilih untuk mengurangi kondisi kulit berminyak. Berdasarkan penelitian kulit berminyak bisa diatasi dengan vitamin C, vitamin A, dan vitamin E.

Mengatasi Mata Panda

Keberadaan lingkar hitam yang terdapat di bawah mata akan membuat wajah terlihat lelah dan kusam. Mata panda itu sendiri bisa disebabkan karena keturunan, waktu tidur yang berantakan, alergi, gaya hidup tidak sehat, terlalu berlebihan saat membersihkan wajah dan lain sebagainya.

Masalah mata panda ini sebenarnya bisa disiasati atau ditutupi dengan menggunakan makeup seperti concealer atau foundation, hanya saja bersifat sementara. Untuk benar-benar menghilangkan atau memudarkan masalah mata panda anda bisa menerapkan gaya hidup sehat dan melakukan perawatan untuk mengatasi mata panda. Diketahui kandungan pada daun kelor dapat menghilangkan masala mata panda. ( Lihat juga : Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan )

Melembabkan Bibir

Bibir kering dan pecah-pecah akan mengganggu penampilan, apalagi jika sampai berdarah. Kondisi ini umum terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja, terutama jika anda memiliki jenis kulit kering. Kondisi bibir kering bisa diakibatkan oleh berbagai faktor, baik itu karena dehidrasi/kekurangan cairan, kebiasaan menjilat bibir, kebiasaan menggigit bibir, mengonsumsi makanan pedas atau asin berlebihan, terlalu banyak minum minuman yang mengandung alkohol, paparan sinar matahari yang berlebihan dan lain sebagainya.

Sebagai langkah mengatasi bibir kering, anda tentu harus melembabkan bibir. Untuk melembabkan kembali bibir yang kering, anda bisa memanfaatkan daun kelor. Daun kelor bermanfaat sebagai exfoliator yang akan menjadikan bibir halus dan lembab.

Menyegarkan Kulit Wajah

Daun kelor juga bermanfaat untuk menyegarkan kulit. Untuk anda yang memiliki kegiatan di luar ruangan, setelah seharian terpapar polusi dan sinar matahari, anda bisa kembali menyegarkan kulit wajah anda dengan memanfaatkan daun kelor. Anda  bisa mendapatkan manfaat daun kelor dalam bentuk spray. Setelah kulit anda berkeringat atau kering karena debu dan paparan sinar matahari, anda bisa kembali menyegarkannya dengan manfaat daun kelor.

Menutrisi Rambut

Rambut juga perlu nutrisi untuk mempertahankan kesehatannya. Rambut yang kekurangan gizi rentan mengalami berbagai masalah. Beberapa masalah yang akan ditimbulkan apabila rambut kekurangan gizi yaitu percah-pecah, rambut bercabang, muncul ketombe hingga rambut rontok.  Masalah-masalah tersebut tentunya akan merusak rambut anda jika terus dibiarkan.

Rambut membutuhkan nutrisi yang  diperlukan untuk membentuk keratin agar rambut senantiasa kuat dan sehat. Nah, daun kelor diketahui bermanfaat bagus untuk menutrisi rambut karena mengandung asam amino, vitamin dan mineral yang memiliki peran penting untuk membentuk keratin rambut.

Meningkatkan Struktur Sel Rambut

Apakah anda memiliki masalah rambut rapuh, ujung rambut bercabang dan pecah-pecah?  Kondisi ini disebabkan karena kondisi sel rambut rusak atau kurang kuat yang biasanya disebabkan karena proses menata rambut dan polusi. Masalah rambut seperti ini jangan dibiarkan karena akan menyebabkan kondisi rambut semakin parah. Untuk menguatkan sel rambut anda bisa memanfaatkan daun kelor.

Sebagai Antioksidan

Tidak hanya tubuh yang membutuhkan antioksidan, rambut juga membutuhkannya. Selain pada kulit, berbagai kotoran seperti debu, asap rokok, polusi kendaraan dan kotoran lainnya dapat dengan mudah menempel pada rambut. Oleh karena itu, anda sebaiknya melindungi rambut dari berbagai hal yang akan menyebabkan masalah rambut dengan memanfaatkan daun kelor.

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Wanita yang memiliki rambut panjang terkesan anggun. Rambut panjang mudah ditata dengan tampilan rambut yang menarik. Bagi anda yang ingin memanjangkan rambut, anda bisa memanfaatkan daun kelor.

Daun kelor mengandung tinggi vitamin A dalam bentuk betakaroten yang memiliki manfaat penting untuk kecantikan dan pertumbuhan rambut. Selain itu, vitamin A memiliki peran penting untuk perkembangan jaringan dan sel rambut yang akan membantu mengurangi masalah rambut rontok.

Pada daun kelor juga terkandung zinc yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Sedangkan kandungan vitamin E pada daun kelor bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah di area kulit kepala. Dimana semua kandungan daun kelor ini akan memberikan manfaat terbaiknya untuk kesehatan rambut anda.

Mengeluarkan Racun Pada Tubuh

Jika anda rajin mengonsumsi daun kelor, maka efeknya akan dapat membantu membersihkan racun pada tubuh. Dimana hal ini akan membantu mencegah jerawat, serta berbagai masalah darah kotor yang lainnya.

Diet

Dari banyaknya manfaat daun kelor, salah satu manfaat daun kelor yang ampuh yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, anda  bisa mencoba menggunakan daun kelor.

Menurut ahli gizi, menggunakan daun kelor untuk diet akan membantu mengoptimalkan proses  metabolisme tubuh dan membakar lemak. Selain memiliki khasiat yang bagus, daun kelor juga minim akan efek samping, bahkan tidak ada. Untuk cara mengolahnya bisa diolah menjadi sayur atau air rebusannnya diminum.

Menyehatkan Kulit

Daun kelor tinggi akan kandungan vitamin C, serta antioksiodan. Dimana kedua kandungan ini sangat bagus untuk kesehatan kulit. Kulit yang sehat akan terhindar dari berbagai masalah kulit sehingga akan senantiasa cantik.

Daun kelor yang diolah menjadi sayur dan dikonsumsi dengan rutin akan membantu mencegah timbulnya masalah kulit seperti jerawat, serta mampu menghaluskan kulit.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Keberadaan sel kulit mati pada kulit akan menjadikan wajah kering, kusam dan gelap. Akibatnya wajah anda akan terlihat kurang menarik. Untuk mengembalikan kecantikan kulit dan menjadikan kulit terlihat cerah dan halus, anda dapat mengangkat sel kulit mati. Daun kelor dapat dimanfaatkan untuk ramuan herbal atau dijadikan sebagai masker wajah yang berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati.

Melembabkan Kulit Kering Akibat Jerawat

Jerawat pada kulit akan dapat menimbulkan berbagai masalah lainnya pada kulit. Misalkan, kulit yang berjerawat bisa menjadi sangat kering karena berbagai perawatan yang dilakukan untuk mengatasi jerawat. Kandungan yang terdapat pada daun kelor akan dapat membantu mengembalikan kelembaban kulit.

Mengurangi Komedo Pada Wajah

Kemodo berbentuk benjolan kecil yang muncul pada pori-pori kulit. Komedo itu sendiri biasanya muncul pada wajah, namun bisa juga muncul pada bagian tubuh lainnya seperti punggung, dada, bahu atau lengan. Keberadaan komedo pada wajah akan menjadikan kulit wajah terlihat tidak mulus. Komedo juga menjadi cikal bakal jerawat. Apabila dibiarkan komedo akan menimbulkan jerawat pada wajah. Nah, khasiat daun kelor dapat membantu mengurangi masalah komedo pada wajah. Selain terhindar dari masalah jerawat, wajah juga akan menjadi lebih sehat dan mulus.

Mengetahui banyaknya manfaat daun kelor untuk kecantikan, anda bisa mencoba memanfaatkan daun kelor untuk perawatan kecantikan kulit, rambut dan lain sebagainya. Namun, pastikan jika kulit anda tidak sensitif terhadap perawatan dengan bahan-bahan baru yang sebelumnya belum pernah anda gunakan. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...