Manfaat Kopi Untuk Kecantikan - Apakah anda pecinta kopi? Kopi memang menjadi salah satu minuman yang digemari banyak orang. Rasanya yang khas dan enak membuat minuman yang satu ini banyak disukai. Minum kopi dipercaya akan dapat mencegah rasa kantuk dan membuat pikiran lebih tenang.

Di samping manfaatnya tersebut, kopi juga ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan. Kopi sering digunakan sebagai salah satu bahan produk kecantikan karena berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nah, berikut ini manfaat kopi untuk kecantikan, baik kecantikan kulit atau rambut yang dapat anda simak.

Baca Juga:

Manfaat-kopi-untuk-kecantikan.jpg

Kandungan Pada Kopi yang Bermanfaat Untuk Kecantikan

Selain memiliki aroma yang menenangkan, biji kopi tinggi akan kandungan antioksidan yang disebut dengan quinines. Dimana setelah dipanggang antioksidan tersebut akan semakin aktif. Selain itu, kopi juga mengandung antioksidan kuat. Antioksidan kuat yang terkandung pada kopi diketahui mampu mengatasi garis halus pada wajah, mengatasi pigmentasi kulit dan keriput.

Kopi juga mengandung kafein. Kafein sering digunakan untuk kebutuhan kosmetik. Kafein biasanya digunakan pada produk anti selulit sebagai senyawa aktif yang bermanfaat untuk mencegah lemak terakumulasi dengan berlebih. Tidak hanya itu, kafein juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar UV dan membuat proses penuaan kulit menjadi lambat. Produk kecantikan yang di dalamnya terkandung kopi akan dapat membuat produksi kolagen, serta peredaran darah meningkat. 

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan

Selain nikmat diminum, kopi juga sering dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Adapun manfaat kopi untuk kecantikan seperti berikut ini.

1. Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan permasalahan pada kulit yang umum terjadi. Bahkan hampir semua orang pernah mengalami masalah kulit yang satu ini. Penyebab utama jerawat muncul pada kulit yaitu karena folikel rambut mengalami sumbatan oleh sel kulit mati atau minyak. Selain membuat anda tidak nyaman karena gejala yang ditimbulkan, keberadaan jerawat pada wajah juga akan membuat anda merasa tidak percaya diri.

Jerawat bisa muncul pada bagian tubuh mana saja, seperti misalkan punggung, bahu, dada, leher dan wajah. Pasalnya pada daerah-daerah ini terdapat banyak kelenjar minyak yang akan dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Jangan biarkan jerawat lama-lama pada wajah anda. Untuk mencegahnya semakin parah anda harus mengatasinya dengan segera. Terdapat banyak obat jerawat di pasaran yang dapat anda coba. Namun, sebelum menggunakan obat jerawat tidak ada salahnya jika anda mencoba cara alami dengan memanfaatkan bahan alami. Salah satu bahan alami yang diketahui efektif mengatasi jerawat yaitu kopi.

Kopi mempunyai efek antioksidan, asam klorogenat dan stimulan yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Dengan menggosokan bubuk kopi pada wajah anda akan membantu menghilangkan kulit mati dan membuat pori-pori yang tersumbat terbuka. Tidak hanya itu, asam klorogenat bermanfaat sebagai antiradang untuk kulit.

Selain membantu mengatasi jerawat, masker kopi juga bermanfaat untuk menyamarkan bekas jerawat. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa membuat masker kopi yang dicampurkan dengan madu. Dengan melakukan perawatan menggunakan kopi, bekas jerawat anda sedikit demi sedikit akan memudar.

2. Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi kulit merupakan cara yang dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati pada kulit. Penumpukan sel kulit mati akan dapat menyebabkan kotoran, debu, minyak dan bakteri penyebab jerawat terperangkap pada kulit. Selain membersihkan kulit, eksfoliasi juga akan membantu membuat kulit lebih cerah, lembut dan mengecilkan pori-pori.

Untuk eksfoliasi kulit anda bisa mencoba menggunakan bahan alami. Bahan alami yang biasanya digunakan untuk eksfoliasi kulit yaitu kopi. Nah, berikut ini cara eksfoliasi kulit dengan menggunakan bubuk kopi.

  • Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan bubuk kopi secukupnya saja dengan perasan air lemon.
  • Kemudian campurkan kedua bahan-bahan ini sampai merata.
  • Setelah itu, anda bisa menggosokan campuran ini pada bagian tubuh anda yang akan dieksfoliasi.
  • Diamkan selama beberapa saat hingga sedikit kering.

Eksfoliasi dengan memanfaatkan bubuk kopi ini akan menjadikan kulit anda lebih halus, mulus dan cerah. Meskipun hasilnya tidak dapat terlihat dengan instan, namun jika anda rutin melakukannya maka hasilnya akan terlihat.

3. Mengatasi Selulit

Selulit merupakan kondisi kulit yang bergelombang akibat lemak yang tertimbun di bawah kulit. Selulit biasanya akan terbentuk pada bagian pinggul, bokong, perut dan paha. Apabila kondisinya masih ringan, selulit hanya akan terlihat ketika kulit diremas atau dicubit. Hanya saja, jika kondisinya sudah berat pada keadaan biasa selulit akan nampak terlihat jelas tanpa perlu ditekan terlebih dahulu.

Untuk sebagian orang, keberadaan selulit akan mengganggu penampilan. Untuk mengembalikan rasa percaya diri anda, untuk menghilangkan selulit ada berbagai cara yang bisa anda lakukan, salah satunya menghilangkan selulit dengan menggunakan kopi.

Kopi memiliki efek sebagai eksfoliator yang diketahui dapat membantu menyamarkan selulit. Kopi yang dijadikan scrub akan menyamarkan selulit pada kulit anda. Kafein yang terkandung pada kopi akan membuat pembuluh darah melebar sehingga kemunculan selulit dapat dikurangi. Selain itu, kopi kaya akan kandungan antioksidan yang akan memperbaiki warna kulit sehingga lebih sehat. Nah, untuk mendapatkan manfaat kopi untuk menghilangkan selulit, anda bisa simak di bawah ini:

  • Pertama-tama silakan siapkan bubuk kopi secukupnya saja.
  • Kemudian bubuk kopi dicampurkan dengan air panas. Aduk hingga mengental dan diamkan hingga dingin.
  • Setelah itu, oleskan bahan ini pada kulit untuk membersihkan kulit terlebih dahulu.
  • Selanjutnya anda bisa memberikan pijatan ringan pada area kulit yang terdapat selulit dengan menggunakan ujung jari.
  • Apabila sudah selesai dilakukan pemijatan, anda bisa mendiamkannya selama beberapa menit. Terakhir bilas hingga bersih.

4. Mengatasi Mata Panda

Lingkar hitam yang terdapat di bawah mata merupakan masalah kecantikan yang umum dialami wanita. Lingkar hitam pada mata disebut juga dengan mata panda, kantung mata, cincin mata dan lain sebagainya. Penyebab utama munculnya mata panda yaitu karena masalah penuaan, kurang tidur hingga kelelahan. Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang dapat menyebabkan munculnya mata panda seperti paparan sinar matahari, stres, berlebihan mengonsumsi kafein, keturunan dan lain sebagainya.

Masalah kecantikan yang satu ini sebenarnya tidak membutuhkan perawatan khusus untuk mengatasinya. Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan melakukan perawatan di rumah dengan tepat akan dapat membantu menghilangkan mata panda.

Menghilangkan mata panda dengan perawatan rumahan bisa dilakukan dengan memanfaatkan kopi. Cara menghilangkan mata panda dengan kopi seperti berikut:

  • Siapkan bubuk kopi sebanyak 1/2 sendok teh dan minyak zaitun zaitun secukupnya saja.
  • Kemudian campurkan kedua bahan ini menjadi satu. Aduk hingga merata.
  • Supaya tidak terlalu lengket, anda bisa menambahkan beberapa tetes air.
  • Setelah itu, silakan oleskan bahan ini pada bagian bawah mata anda dengan merata. Anda harus berhati-hati saat mengoleskannya agar tidak mengenai mata.
  • Diamkan selama kurang lebih 5 sampai 10 menit agar kandungannya meresap pada kulit.
  • Terakhir, anda bisa membilas wajah dengan menggunakan air hingga bersih.

5. Mencegah Penuaan Dini

Memiliki kulit yang bersih, mulus dan tetap awet muda adalah dambaan setiap orang, sehingga tak heran jika banyak orang yang melakukan berbagai perawatan untuk mendapatkan wajah seperti yang didambakan. Namun sebenarnya, perawatan alami bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Salah satu bahan alami yang diketahui memiliki manfaat sebagai anti aging yaitu kopi. Bahan alami ini juga bisa membantu mengatasi bintik-bintik pada kulit yang disebabkan karena sinar matahari, serta garis halus pada wajah yang disebabkan oleh penuaan. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa menggunakan bubuk kopi yang digunakan sebagai scrub atau dijadikan sebagai masker wajah.

6. Mengangkat Sel Kulit Mati Pada Kaki

Manfaat-kopi-untuk-kecantikan-1.jpg

Selain kulit wajah yang harus diperhatikan, penting juga untuk memperhatikan kesehatan dan kebersihan kaki. Anda mungkin jarang merawat kulit kaki sehingga sel kulit mati menumpuk. Akibatnya kaki anda akan menghitam dan kusam. Jika seperti itu, anda bisa mengangkat penumpukan sel kulit mati pada kaki dengan menggunakan kopi. Kopi dapat membantu membersihkan kaki anda sehingga lebih sehat dan terawat. Selain mengangkat sel kulit mati pada kaki, perawatan dengan kopi juga akan melembabkan kulit. Berikut cara mengangkat sel kulit mati pada kaki dengan kopi.

  • Silakan siapkan kopi dan seduh dengan menggunakan air panas pada gelas.
  • Lalu masukan ke dalam ember dan tunggu beberapa saat hingga dingin.
  • Apabila sudah dingin, anda bisa merendam kaki menggunakan larutan kopi tersebut.
  • Saat sedang melakukan perawatan ini sebaiknya anda menggunakan alas kaki.

7. Mewarnai Rambut

Rambut adalah mahkota untuk wanita, tidak terkecuali untuk pria. Rambut yang indah dan cantik akan membuat penampilan lebih percaya diri. Perawatan rambut tidak bisa diabaikan untuk membuat rambut tetap sehat dan cantik.

Nah, untuk mereka yang ingin terlihat berbeda dengan penampilan baru, merubah gaya rambut dilakukan. Namun beberapa orang lebih memilih merubah warna rambutnya untuk penampilan yang berbeda.

Tidak sedikit orang yang alergi terhadap kandungan bahan kimia pada cat rambut. Untuk mensiasatinya, anda bisa mencoba bahan alami untuk mewarnai rambut. Kopi dapat digunakan untuk memberikan warna coklat pada rambut. Nah, berikut ini cara mewarnai rambut dengan menggunakan kopi:

  • Silakan siapkan bubuk kopi secukupnya saja.
  • Kemudian anda bisa menyeduh bubuk kopi tersebut. Lalu dinginkan sampai mencapai suhu kamar.
  • Apabila sudah dingin, anda bisa memasukannya ke dalam baskom.
  • Kemudian aplikasikan air kopi pada rambut anda sedikit demi sedikit hingga rambut basah.
  • Selanjutnya dengan lembut silakan peras rambut anda. Lalu ikat rambut dan tutup dengan menggunakan shower cup.
  • Tunggu selama kurang lebih 30 menit sampai 3 jam.
  • Terakhir anda bisa membilas rambut sampai bersih.

8. Menghilangkan Komedo

Kulit yang kasar karena terdapat komedo pada wajah akan membuat anda merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Komedo itu sendiri dapat muncul pada kulit disebabkan karena pori-pori pada kulit wajah tersumbat oleh bakteri, sel kulit mati dan minyak. Tidak hanya pada wajah saja, komedo juga bisa muncul di bagian tubuh yang lainnya seperti dada, bahu, punggung, lengan dan leher.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan komedo pada wajah, salah satunya menggunakan cara alami yang mudah dilakukan di rumah. Bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi komedo pada wajah yaitu kopi. Kafein yang terkandung pada kopi akan bekerja dengan efektif untuk mengurangi sel lemak, serta minyak yang menjadi penyebab komedo.

Untuk menghilangkan komedo menggunakan kopi caranya yaitu dengan membuat masker kopi. Anda bisa mencampurkan kopi dengan sedikit air. Kemudian anda bisa mengoleskan pada kulit yang terdapat komedo. Setelah itu, anda bisa menggosoknya dengan lembut. Sebaiknya lakukan dengan rutin, setidaknya dua kali seminggu untuk hasil yang optimal.

9. Memperbaiki Kulit Rusak

Manfaat-kopi-untuk-kecantikan-2.jpg

Kopi kaya akan kandungan antioksidan. Seperti yang kita ketahui, antioksidan memiliki manfaat yang bagus untuk kulit, seperti mengatasi tanda penuaan pada kulit atau memperbaiki kulit yang rusak. Selain itu, karena kandungan astringent alaminya, dengan melakukan perawatan menggunakan kopi bermanfaat untuk merevitalisasi kulit dan membantu mengatasi kulit yang lelah.

10. Membuat Pertumbuhan Rambut Terangsang

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan ampas kopi yang diaplikasikan pada kulit kepala akan membantu merangsang pertumbuhan akar rambut.

Nah, untuk anda yang memiliki masalah dengan rambut tipis, tidak ada salahnya anda mencoba melakukan perawatan dengan kopi. Caranya dengan menyeduh kopi. Diamkan beberapa saat hingga kopi dingin. Apabila sudah dingin anda bisa mengaplikasikan pada rambut. Untuk ampasnya digosokan pada kulit kepala dan berikan pijatan lembut selama beberapa menit. Terakhir anda bisa membilas rambut sampai benar-benar bersih.

11. Membuat Rambut Berkilau

Ingin memiliki rambut indah dan berkilau? Untuk mendapatkannya sebenarnya anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan cara alami dan sederhana. Selain lebah hemat, rambut akan terhindar dari efek samping.

Untuk membuat rambut berkilau dengan menggunakan kopi caranya sangat mudah. Anda tinggal mencampurkan kopi sebanyak 1 sendok makan dengan minyak zaitun sebanyak 2 sendok makan. Aduk kedua bahan ini hingga merata. Lalu anda bisa mengaplikasikannya pada rambut anda dari bagian tengah sampai ke ujung rambut. Diamkan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit. Terakhir anda bisa membilas rambut sampai bersih.

12. Mengatasi Rambut Rontok

Anda memiliki masalah rambut rontok? Rambut rontok disebabkan karena tidak kuatnya akar rambut serta batang rambut kondisinya lemah. Untuk mengatasi kondisi ini, anda bisa memanfaatkan ampas kopi. Anda cukup mengaplikaskan ampas kopi pada kulit kepala anda. Kemudian berikan pijatan lembut supaya kandungan pada kopi dapat meresap. Anda bisa melakukan perawatan ini setiap sebelum keramas.

13. Sebagai Masker Rambut

Kulit kepala kering dan rambut selalu terlihat kotor? Untuk mengatasi kondisi ini anda bisa mencoba menggunakan masker rambut. Dengan menggunakan masker rambut, rambut anda akan kembali segar dan bersih.

Anda bisa memanfaatkan kopi sebagai masker rambut. Caranya yaitu dengan menyiapkan kopi bubuk 2 sendok makan dan madu, serta minyak zaitun 1 sendok makan. Campurkan bahan-bahan tersebut hingga membentuk pasta. Kemudian anda bisa mengaplikasikannya pada kulit kepala anda. Diamkan selama kurang lebih 1 jam. Terakhir anda bisa membilas rambut hingga bersih.

Demikian beberapa manfaat kopi untuk kecantikan, baik kecantikan kulit atau rambut. Perlu anda ketahui, meskipun kopi memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan, namun penggunaannya tidak selalu aman untuk sebagian orang. Jika anda memiliki tipe kulit sensitif, sebaiknya jangan sembarangan melakukan perawatan kulit. Apapun jenis kulit anda, hindari menggosok kulit dengan keras untuk menghindari terjadinya iritasi.

Loading...

Loading...