Manfaat Menguapi Wajah Menggunakan Air Hangat

Menguapi wajah dengan menggunakan air hangat ternyata memiliki banyak manfaat. Lantas sapa saja manfaatnya untuk kulit? Untuk mengetahuinya anda bisa simak di bawah ini.

 Manfaat-uap-air-hangat.jpg

Baca Juga:

 Lihat juga : 

Manfaat Menguapi Wajah Menggunakan Air Hangat

Perawatan rumahan ini mudah dilakukan namun memberikan manfaat yang bagus. Berikut beberapa manfaat menguapi wajah dengan air hangat.

Membersihkan Pori-Pori

Menguapi wajah dengan uap air hangat akan dapat membuka pori-pori kulit sehingga kotoran yang menyumbat akan dapat dihilangkan dengan efektif. Ketika pori-pori wajah terbuka, maka komedo akan menjadi lebih mudah diangkat. Selain itu, pori-pori wajah yang terbuka akan memungkinkan kotoran dan sel kulit mati terlepas.

Menghilangkan Minyak 

Sebum merupakan minyak yang secara alami diproduksi oleh kelenjar sebaceous yang terdapat pada jaringan kulit. Minyak ini bermanfaat untuk melumasi rambut dan kulit. Hanya saja, apabila sebum terperangkap di permukaan kulit, maka sebum akan dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri. Sehingga dengan begitu kulit akan ditumbuhi oleh komedo dan jerawat.  Nah, dengan menguapi wajah maka minyak yang terperangkap pada kulit akan dapat hilang.

Membuat Sirkulasi Meningkat

Uap hangat, serta keringat yang keluar pada kulit akan dapat membuat pembuluh darah melebar dan sirkulasi meningkat. Aliran yang meningkat ini akan memberikan nutrisi pada kulit, sehingga darah akan lebih lancar mengalir. Pada saat aliran darah menjadi lancar, oksigen akan dapat didistrbusikan pada seluruh tubuh dengan baik. Apabila sirkulasi meningkat, maka wajah akan terlihat lebih sehat dan bercahaya.

Menghidrasi Kulit

Dengan menguapi wajah maka kulit akan menjadi lembab dan terhindar dari kekeringan. Tidak hanya dari uap air saja, kulit akan menjadi lembab karena uap akan membuat produksi minyak meningkat. Dimana minyak yang diproduksi ini dengan alami akan membuat wajah lembab. Namun, anda jangan khawatir minyak tidak akan menyumbat pori-pori anda jika anda segera mencuci wajah.

Produksi Kolagen dan Elastin Meningkat

Selama menguapi wajah, aliran darah yang meningkat akan mengencangkan kulit anda sehingga efeknya kulit akan terlihat lebih muda. Pada wajah elastin dan kolagen produksinya akan meningkat.

Kolagen itu sendiri merupakan salah satu protein pendukung kulit yang berperan untuk memberikan struktur serta kekuatan bagi kulit. Sedangkan elastin yaitu protein yang berperan agar kulit dapat membentang ke struktur aslinya.

Membantu Kulit Agar Lebih Baik Menyerap Produk

Manfaat lainnya menguapi wajah yaitu akan membantu membuat penyerapan produk perawatan kulit menjadi maksimal. Uap air hangat akan membantu meningkatkan permeabilitas kulit. Ini merupakan kemampuan yang membran miliki untuk meloloskan partikel yang melaluinya. Apabila kemampuan ini meningkat, maka produk yang anda gunakan pada kulit akan dapat diserap dengan baik sehingga akan mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

Tidak hanya manfaat di atas saja, namun menguapi wajah juga akan membuat tubuh rileks. Manfaat ini akan didapatkan dengan menambahkan minyak esensial atau rempah-rempahan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menguapi Wajah

Mengupi wajah terbilang aman, namun jika uap airnya terlalu panas dengan jarak yang terlalu dekat akan menyebabkan luka bakar. Oleh karena itu, sebelum menguapi kulit pastikan suhu air yang digunakan tepat.

Seseorang yang mengalami rosacea tidak dianjurkan untuk melakukan perawatan ini. Pasalnya panas yang dihasilkan akan dapat menyebabkan pembuluh darah melebar yang akan membuat wajah semakin merah.

Tidak hanya itu, perawatan ini juga sebaiknya diperhatikan oleh orang yang mengalami eksim kering. Menguapi wajah yang terlalu lama akan dapat memicu terjadinya iritasi kulit sehingga kondisi eksim akan semakin buruk.

Itulah beberapa manfaat menguapi wajah dengan menggunakan air hangat. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...