Mungkin sebagian besar diantara kita sudah tahu jika puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun sepertinya, tidak banyak yang tahu jika manfaat baik yang sama bisa diperoleh untuk kecantikan tubuh kita, terutama para wanita. Nah, hal ini akan tentu menjadi solusi yang baik bagi para wanita yang ingin tampil menawan namun tidak punya banyak budget yang besar untuk pergi ke salon.

Tak hanya mendatangkan pahala, akan tetapi puasa pun bermanfaat cukup masif terhadap kecantikan seseorang. Dengan puasa tubuh menjadi lebih sehat sebab ketika seseorang berpuasa sel-sel yang rusak di dalam tubuh akan diganti dengan yang baru. Karenanya tak mengherankan bila puasa akan sangat baik untuk kesehatan termasuk penderita diabetes, jantung, detoksifikasi bahkan untuk anda yang sedang mempercantik tubuhnya.

Baca Juga:

Agar lebih jelasnya mari kita simak manfaat puasa bagi kecantikan. Apa saja sih informasinya? Inilah dia beberapa ulasannya hanya untuk anda.

 

manfaat-puasa-untuk-kecantikan.jpg

Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan dari menjalani ibadah puasa adalah kecantikan wajah yang terbebas dari jerawat. Kehadiran jerawat adalah salah satu permasalahan yang paling umum menghampiri setiap orang. Jerawat seringkali muncul sebagai akibat racun tubuh yang tidak bisa dikeluarkan atau didetoksifikasi dengan sempurna.

Hal inilah yang membuat permasalahan jerawat seringkali menjadi hal yang menjengkelkan dan sulit di atasi. Akan tetapi tidak halnya bila anda menjalani ibadah puasa. Puasa bisa menjadi cara detoks alami yang baik untuk tubuh, termasuk dalam mengeluarkan kotoran dan racun penyebab jerawat sehingga jerawat akan lebih mudah di atasi dengan baik.

Bukan hanya itu, puasa pun mempermudah proses regenerasi berjalan dengan lebih cepat. Manfaat ini akan dapat dirasakan dengan cepat menghilangnya bekas jerawat yang tersisa. Sebagaimana kita ketahui bekas jerawat pun biasanya membuat banyak orang tidak percaya diri dengan kondisi yang satu ini.

Membuat Kita Lebih Awet Muda

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukan bahwa ibadah puasa yang dijalani seseorang akan dapat mendatangkan banyak manfaat. Bukan hanya terhadap kesehatan, akan tetapi manfaat yang sama bisa dirasakan terhadap kecantikan.

Seseorang yang menjalani ibadah puasa akan cenderung punya waktu yang cukup untuk memberikan kesempatan pada tubuh beristirahat dan membiarkan tubuh melakukan detoksifikasinya dengan lebih baik.

Hal inipula yang membuat proses regenerasi sel kulit yang rusak pada bagian tubuh dapat berjalan dengan lebih mudah tanpa gangguan. Akibatnya, kulit akan nampak lebih bercahaya dan berseri. Itulah mengapa, kulit pun menjadi tampak muda dari usianya. Secara kualitas pun kulit anda mengalami peningkatan yang jauh lebih baik dibandingkan mereka yang tidak berpuasa.

Mencegah Iritasi Kulit

Iritasi adalah gangguan yang terjadi pada kulit sebagai bagian dari reaksi akibat adanya bahan berbahaya yang bersentuhan bersama dengan kulit. Reaksi dari iritasi kulit bisa muncul berupa kulit kemerahan, ruam dan beruntusan yang disertai dengan perasaan panas yang tidak nyaman. Timbulnya ruam inilah yang akan tentu dapat mengganggu estetika kecantikan kulit seseorang.

Apalagi bila iritasi tersebut muncul pada bagian wajah maka tentu hal ini akan membuat banyak orang tidak percaya diri akibat kondisi tersebut. Nah, rupanya manfaat dari puasa akan dapat mencegah timbulnya iritasi kulit. Mengapa demikian? Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa iritasi kulit dapat terjadi sebab adanya kontak kulit bersama dengan zat berbahaya. Dan rupanya kontak tersebut akan dapat diminimalisir dengan adanya puasa.

Jadi demikian, jika ada kontak antara kulit bersama dengan zat berbahaya dalam tubuh maka dengan berpuasa kondisi ini akan lebih cepat pulih. Hitungannya dalam kurang dari 48 jam saja ketika anda berpuasa.

Nah, oleh karenanya melihat manfaat puasa yang amat sangat baik maka tidak ada salahnya jika anda ikut menjalani ibadah yang satu ini. Apalagi bila anda adalah seorang muslim  maka tentu ini menjadi kewajiban yang tidak boleh andaa lewatkan.

Memperindah Rambut dan Kuku

Sama halnya seperti kulit, rupanya ibadah puasa yang dijalani seseorang akan dapat mempercepat proses regenerasi rambut dan kuku yang mana tentunya ini akan semakin memperindah bagian tersebut. Apalagi, rambut dan kuku seringkali menjadi aset besar bagi seorang perempuan. Hal ini dibuktikan dengan larisnya salon perawatan rambut dan kuku yang ada saat ini.

Nah, daripada jauh-jauh ke salon untuk mempercantik bagian tersebut maka tidak ada salahnya manfaatkan ibadah puasa selain untuk menjalani kewajiban sebagai seorang Muslim yang baik. Pun manfaat yang besar ini bisa anda rasakan bagi kecantikan diri anda sendiri.

Selain itu, regenerasi rambut dan bagian kuku yang berjalan dengan lancar akan tentu mempertebal dan memperkuat dua bagian tubuh tersebut. Hasilnya rambut menjadi lebih sehat dan berkilau dan kuku anda pun terbebas dari ancaman kerapuhan.

Menggantikan Sel Tubuh

Bagi anda yang senantiasa menjalani ibadah puasa, terutama ibadah puasa Ramadhan mungkin seringkali merasakan bahwa pada saat puasa justru kulit anda malah menjadi kusam dan lebih kering dari biasanya. Hal inilah yang seringkali menjadi keluhan beberapa wanita yang menjalani ibadah yang satu ini.

Namun sebenarnya tak perlu khawatir karena kulit kering dan kusam adalah pertanda alami bahwa kulit anda akan mengalami pergantian sel-sel kulit dengan yang baru. Hal ini dikarenakan pada saat seseorang menjalani ibadah puasa maka tubuh punya kesempatan untuk bisa mengganti sel-sel yang rusak dengan yang baru bahkan waktunya pun lebih cepat daripada biasanya.

Hal inilah yang akan memberikan keuntungan bagi kita untuk bisa mendapatkan sel kulit yang baru. Hanya saja, untuk mendukung pergantian sel tubuh dengan sel yang lebih baik maka anda perlu mendukung hal ini dengan asupan makanan yang bergizi.

Pastikan optimalkan asupan makanan sehat pada saat sahur dan berbuka dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat dan vitamin. Makanan dengan kandungan air yang banyak pun bisa meminimalisir kulit kering dan kusam selama menjalani ibadah puasa.

Membersihkan Mata dan Memperindahnya

Hal lain yang juga bisa anda dapatkan dari manfaat puasa untuk kecantikan adalah memperindah bagian mata. Hal ini dikarenakan proses detoksifikasi yang dilakukan oleh tubuh tak hanya berlangsung pada bagian kulit saja. Namun bagian mata pun mendapatkan proses yang serupa.

Ketika puasa, kotoran dan debu yang ada pada mata akan dapat dikeluarkan dengan lebih maksimal. Mata yang bersih akan secara otomatis terlihat lebih indah dan bercahaya. Penglihatan anda pun akan jauh lebih tajam dan maksimal.

Untuknya, tidak ada alasan menunda menjalani ibadah puasa apalagi puasa Ramadhan tinggal menghitung hari dan bagi anda para Muslim ini adalah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Selamat menjalani ibadah puasa, semoga ibadah kita diterima Allah SWT! Aamin.

Loading...

Loading...