Di bulan Ramadhan kita banyak mengalami perubahan terhadap kebiasaan, seperti waktu makan, aktivitas, jam tidur dan lain sebagainya. Tanpa disadari perubahan kebiasaan ini juga bisa berpengaruh terhadap tubuh, termasuk pada kulit.

Beberapa masalah pada kulit terkadang muncul dan apabila dibiarkan akan bertambah parah. Yuk simak apa saja masalah kulit yang sering dialami saat puasa dan cara mengatasinya berikut ini.

Baca Juga:

Masalah-kulit-saat-puasa.jpg

Masalah Kulit yang Sering Dialami Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Agar tubuh dan kulit tetap sehat saat puasa, penting untuk menjaga pola hidup dan pola makan sehat. Karena ada beberapa masalah kulit yang nyatanya disebabkan karena kebiasaan makan yang tidak tepat. Nah, di bawah ini beberapa masalah kulit yang sering dialami saat puasa.

Kulit kering

Permasalahan kulit yang paling sering dialami oleh orang yang sedang menjalankan puasa yaitu kulit kering. Kondisi kulit kering saat puasa adalah hal yang wajar karena ketika puasa kita tidak mendapatkan asupan makanan ataupun cairan selama seharian. Padahal berbagai aktivitas dilakukan yang membuat produksi urin dan keringat. Akibatnya kulit akan menjadi dehidrasi, pecah-pecah dan kering.

Kondisi kulit kering saat puasa tentu jangan dibiarkan karena akan dapat mengganggu kesehatan dan kecantikan kulit anda. Untuk mengatasi masalah kulit kering saat puasa, anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam setiap harinya setelah buka puasa hingga sahur. Anda bisa mengatur jadwal minum agar kebutuhan cairan anda tercukupi.
  • Sebaiknya hindari konsumsi minuman yang mengandung soda atau kopi karena minuman ini akan dapat menyerap nutrisi dan kelembaban kulit anda yang pada akhirnya akan memicu kulit kering.
  • Lindungi kulit dari sinar matahari. Sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit seperti keriput, penuaan dan lain sebagainya. Anda sebaiknya membatasi paparan sinar matahari. Jika terpaksa harus beraktivitas di luar rumah, anda bisa menggunakan pakaian yang tertutup dan menggunakan tabir surya dengan kandungan minimal SPF 15.
  • Menggunakan pelembab akan dapat membantu mengatasi masalah kulit kering. Anda harus menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit anda.
  • Sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisi. Asupan nutrisi yang sehat akan dapat mengatasi masalah kulit kering. Anda bisa mengonsumsi banyak sayuran, buah-buahan, protein rendah lemak dan biji-bijian.

Kulit Kusam

Buka puasa adalah waktu yang ditunggu-tunggu. Aneka menu makanan disajikan untuk buka puasa, termasuk gorengan. Gorengan menjadi salah satu menu favorit saat buka puasa. Rasanya yang gurih dan enak, ditambah dengan tambahan sambal membuat ketagihan. Namun, meskipun begitu jangan terlalu berlebihan mengonsumsi gorengan. Pasalnya konsumsi gorengan yang berlebihan justru akan menyebabkan produksi minyak meningkat, yang akhirnya akan membuat kulit terlihat kusam.  Selain karena konsumsi makanan berminyak seperti gorengan, kulit kusam saat puasa juga dapat disebabkan karena kekurangan cairan, kurang tidur, mandi terlalu lama dan lain sebagainya.

Tentunya untuk mengatasi masalah kulit kusam anda harus membatasi konsumsi gorengan ketika sahur ataupun berbuka puasa, memenuhi waktu tidur, mencukupi kebutuhan cairan dan menghindari mandi terlalu lama. Anda juga harus mengonsumsi sayuran supaya kulit sehat dan cerah. Namun, selain itu, untuk mengatasi kulit kusam ada beberapa cara lainnya yang dapat dilakukan seperti berikut ini.

  • Rajin membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari.
  • Mengaplikasikan pelembab kulit.
  • Menggunakan sunscreen atau tabir surya.
  • Memakai masker pada wajah.
  • Eksfoliasi kulit untuk mengangkat sel kulit mati.

Wajah Terlihat Lelah dan Sayu

Akibat kekurangan nutrisi seperti vitamin, air dan mineral akan dapat menyebabkan kulit terlihat tidak sehat. Apalagi jika anda tidak cukup istirahat atau tidur saat malam hari. Hal ini akan membuat kulit wajah anda terlihat lelah dan sayu.

Untuk mengatasi masalah ini cobalah untuk mencukupi waktu istirahat anda. Bulan puasa akan membuat pola tidur anda mengalami perubahan. Anda harus bangun lebih pagi untuk sahur dan tidak semua orang memiliki waktu untuk tidur kembali. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak tidur larut malam. Jika sempat anda bisa tidur saat siang hari.

Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin dan mineral seperti buah-buahan, sayuran, susu, telur, ikan dan lain sebagainya.

Penumpukan Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang menumpuk akan dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Kurang tidur akan dapat menyebabkan proses regenerasi sel menjadi terganggu, yang pada akhirnya akan menimbulkan penumpukan sel kulit mati.

Penumpukan sel kulit mati pada wajah ini akan dapat diatasi dengan cara rutin melakukan scrub wajah dan menggunakan skincare yang tepat, seperti skincare dengan kandungan BHA, AHA dan retinol.

Kulit Berjerawat dan Bruntusan

Jerawat dan bruntusan pada kulit adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami. Keberadaan jerawat pada wajah tentu akan membuat rasa percaya diri menurun. Kulit berjerawat dan bruntusan juga menjadi salah satu masalah kulit yang biasanya dialami ketika puasa. Kebiasaan tidak sehat yang dilakukan saat puasa seperti kurang minum, minum minuman manis, terlalu banyak konsumsi gorengan, tidak mencukupi waktu istirahat dan kurang mengonsumsi serat akan dapat menyebabkan terganggunya metabolisme tubuh. Selain menyebabkan masalah pada sistem pencernaan, metabolisme tubuh yang terganggu akan dapat menyebabkan munculnya banyak jerawat.

Oleh karena itu, anda tetap harus menjaga asupan nutrisi dan air yang dikonsumsi, mencukupi waktu istirahat dan rajin membersihkan wajah. Selain itu, untuk membantu mengatasi jerawat beberapa tips di bawah ini bisa anda ikuti.

  • Walaupun wajah anda berjerawat, namun anda tetap membutuhkan pelembab agar wajah terhidrasi dan kondisi jerawat tidak semakin parah. Pilihlah pelembab yang ringan, oil free dan bahan dasarnya air.
  • Selain pelembab, sunscreen juga penting untuk digunakan sebelum anda pergi ke luar rumah. Sunscreen akan melindungi kulit dari sengatan matahari yang dapat memperparah keadaan jerawat. Selain itu, sunscreen juga akan dapat mencegah polusi dan debu yang bisa masuk ke dalam pori-pori kulit.
  • Makanan yang diolah dengan cara digoreng adalah musuh bagi jerawat. Oleh karena itu sebaiknya anda hindari mengonsumsi makanan yang digoreng. Anda bisa memilih makanan yang dikukus, direbus ataupun dipanggang. Mengolah makanan ini jauh lebih sehat dibandingkan dengan digoreng.

Selain masalah kecantikan kulit, masalah kecantikan lainnya yang biasanya dialami saat puasa yaitu mata sembab. Karena kurang tidur mata akan terlihat sayu dan sembab. Cara untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mencukupi waktu istirahat. Saat malam hari anda harus tidur lebih cepat agar esok harinya wajah menjadi segar dan mata sembab dapat memudar. Cukupi kebutuhan cairan dan konsumsi buah serta sayuran dengan kandungan vitamin A agar mata tetap sehat.

Loading...

Loading...