Mengembangkan bisnis sendiri bagi pebisnis pemula merupakan sebuah tantangan tersendiri. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk promosi produk yang ditawarkan. Apalagi bisnis yang berkaitan dengan fashion.

Sudah bukan rahasia lagi jika media sosial digunakan oleh sebagian besar pengguna smartphone. Media sosial yang dibuat untuk membuat penggunanya saling berbagi dan berinteraksi semakin memudahkan dalam promosi maupun penjualan. Ditambah adanya fitur chat menjadikan media sosial untuk bisnis adalah pilihan terbaik.

Baca Juga:

Misalnya untuk berbisnis item fashion seperti hijab. Untuk bisa mencapai target audience anak-anak, remaja dan dewasa, media sosial pun banyak digunakan sebagai media promosi. Ada beberapa jenis media sosial yang sering dijadikan sebagai media promosi bisnis yang telah diulas di sosial internet. Berikut beberapa diantaranya.

freeappshouse.girls.women.lady.burqa.niqab.hijab.faceapp header

Facebook

Facebook adalah media sosial pertama yang bisa dimanfaatkan untuk promosi maupun penjualan produk fashion seperti hijab. Facebook yang digunakan oleh jutaan pengguna dengan range usia yang merata menjadi salah satu kelebihannya.

Pengguna yang berasal dari berbagai usia ini menjadikan Facebook bisa mencapai target audience anak-anak, remaja dan dewasa sekaligus.

Hal ini bisa menguntungkan bagi bisnis hijab yang Anda jalankan karena semakin besar target yang bisa dicapai, maka potensi penjualan dan keuntungan pun semakin besar.

Instagram

Kalau mencari media sosial untuk menjual produk hijab atau mempromosikannya, Instagram tidak boleh dilewatkan dari daftar. Media sosial berbagi foto dan video ini rasanya menjadi media paling cocok untuk bisnis online apapun karena fitur-fitur yang disediakannya.

Instagram memiliki fitur berbagi foto dan video dengan kualitas yang cukup bagus. Dengan begitu para pemilik bisnis bisa menjadikannya sebagai salah satu media sosial untuk promosi dan berjualan yang cukup efektif.

Selain fitur berbagi foto dan video, di Instagram juga terdapat fitur saling berkomunikasi melalui direct message. Dengan begitu antara penjual dan pembeli bisa terjalin komunikasi yang lebih baik. Fitur ini akan sangat membantu untuk Anda melakukan promosi maupun berjualan.

Tiktok

Tiktok adalah aplikasi untuk hp android untuk berbagi video pendek. Durasi video yang dibagikan di Tiktok memang tergolong pendek, sehingga jika Anda menjadikannya sebagai media promosi, video yang dibuat harus semenarik mungkin.

Apalagi sekarang aplikasi tiktok sedang menjadi salah satu aplikasi yang trend. Maka tidak untuk mendapatkan pasar yang Anda butuhkan pun tidak akan terlalu sulit. Namun, sekali lagi memang promosi melalui aplikasi tiktok ini harus dibuat semenarik mungkin.

Youtube

YouTube juga menjadi salah satu media sosial untuk bisnis yang cukup banyak digunakan. Selain aplikasi pesan instan, Youtube juga menjadi aplikasi yang paling banyak diinstal oleh pengguna smartphone.

Aplikasi berbagi video ini memang memiliki kelebihan karena durasi video yang bisa diupload cukup panjang. Anda bisa membuat konten video yang menarik tanpa ada keterbatasan waktu. Nah, di dalam video tersebutlah nantinya Anda bisa menyelipkan media promosi produk Anda.

Sebagai salah satu media sosial untuk pemasaran, biasanya di dalam video hanya diselipkan video promosi produk. Selebihnya, biasanya akan dialihkan langsung ke link akun lain untuk melakukan transaksi pembelian ataupun sekedar bertanya tentang detail produk.

Hal ini karena YouTube tidak menyediakan fitur komunikasi layaknya Instagram. Jadi, jika Anda menggunakan YouTube untuk media promosi produk Anda seperti hijab misalnya, pastikan Anda juga menyertakan link sosial media lain yang lebih bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Line

Line adalah aplikasi sosial media dan pesan instan yang cukup populer di kalangan pengguna. Hal ini terbukti dengan jutaan pengguna yang sudah mengunduh Aplikasi ini.

Aplikasi untuk hp android ini memang tergolong lebih berat, namun fitur di dalamnya akan sangat membantu untuk promosi maupun untuk menjalankan bisnis.

Layaknya aplikasi chatting, Anda bisa berkomunikasi dengan calon konsumen yang berminat dengan produk hijab yang Anda jual. Di lain sisi, Like juga menyediakan berbagai fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan sebagai media promosi.

Misalnya lome square atau fitur story yang ada di aplikasi Line ini. Bahkan Line juga menjadi salah satu media sosial untuk perniagaan paling sering digunakan oleh para pelaku bisnis online. Keamanan, kemudahan serta keunggulan lain bisa Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi ini untuk berbisnis.

Whatsapp

Siapa yang tidak mengenal apliy perpesanan instan ini. Whatsapp masuk dalam deretan aplikasi yang paling banyak diunduh di Play Store. Ini membuktikan jika Whatsapp digunakan oleh banyak orang dan pastinya dengan rentang usia yang sangat beragam pula.

Dengan fakta ini Anda bisa menjadikannya sebagai aplikasi chatting untuk menjual produk hijab Anda. Anda bisa menjadikannya sebagai backup link untuk berkomunikasi dengan calon konsumen setelah Anda melakukan promosi menggunakan media sosial lain.

Aplikasi ini menawarkan banyak keunggulan. Selain karena aplikasinya relatif ringan, Anda juga bisa menggunakannya untuk mengirimkan berbagai file serta mengirimkan pesan broadcast. Anda bisa mengirimkan file berupa gambar maupun video melalui aplikasi chatting ini.

Bahkan, jika dibutuhkan, Whatsapp juga memberikan fitur whatsapp business. Fitur ini bisa Anda manfaatkan jika Anda menggunakan aplikasi ini khusus Untuk kebutuhan bisnis. Dengan begitu tidak akan mengganggu pesan pribadi Anda.

Messenger (Facebook)

Di Dalam aplikasi Facebook terdapat fitur chatroom yang memungkinkan Anda untuk saling bertukar pesan atau berkomunikasi dengan pengguna lain. Nah, fitur ini pun sudah dibuat dalam bentuk aplikasi sendiri.

Dengan menjadikan Facebook sebagai media sosial untuk pemasaran, Anda pun bisa menjadikannya sebagai media berkomunikasi dengan calon konsumen. Facebook kini juga sudah menyediakan fitur berbagi video dan gambar.

Memanfaatkan dua fitur ini untuk promosi serta memanfaatkan aplikasi messenger untuk berkomunikasi dengan calon konsumen bisa menjadi kombinasi yang bagus untuk menjalankan bisnis online Anda.

Messenger yang mudah diakses serta fitur yang memungkinkan Anda mengirimkan berkas berbentuk gambar atau jenis file lain adalah keunggulan lain Aplikasi ini.

Pinterest

Media sosial terakhir yang bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan bisnis adalah Pinterest. Pinterest ini adalah situs berbagi photo dengan kualitas tinggi.

Jika Anda mempromosikan produk hijab yang Anda jual disini, maka calon konsumen akan bisa melihat produk tersebut lebih baik.

Namun sebagai media sosial untuk perniagaan, pinterest memang tidak menyediakan fitur untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya dengan lebih nyaman.

Karena itu, jika akan melakukan transaksi Anda harus menyiapkan backup link yang memungkinkan Anda berkomunikasi lebih nyaman, seperti whatsapp atau Line.

Akses yang mudah untuk promosi, variasi promosi yang lebih beragam serta budget promosi yang lebih efektif menjadi alasan mengapa media sosial banyak dipilih. Melalui berbagai aplikasi untuk hp android di atas, bisnis jual hijab Anda pun bisa menjaring target pasar yang lebih luas.

Loading...

Loading...