Membersihkan Cache Pada Memori Ponsel Berbasis Android

Bagi anda yang seringkali mengeluhkan kinerja android yang kurang optimal, salah satu solusinya anda dapat membersihkan cache pada memori ponsel android anda. Ternyata tidak hanya komputer yang membutuhkan perawatan, smartphone berbasis android sekalipun meski mempunyai perawatan. Perawatan yang dilakukan adalah dengan membersihkan cache. Cache memiliki manfaat untuk mempercepat dalam membuka aplikasi yang sudah pernah di buka sebelumnya.

Meski begitu cache harus dibersihkan agar tidak menghambat kinerja ponsel. Hal ini berkaitan dengan terlalu banyak cache di memori android maka akan menghambat kinerja ponsel anda. Meskipun pada awalnya hanya sedikit berpengaruh akan tetapi lambat laun akan menjadi besar dan akan membebani memori android. Dalam membersihkan cache pada memori ponsel anda dapat menggunakan dua cara yaitu manual dan menggunakan aplikasi.

Baca Juga:

Berikut adalah cara pertama dalam menghapus cache pada ponsel anda, menghapus cache tanpa aplikasi dapat dilakukan dengan langkah langkah berikut :

1.   Pertama-tama anda akan masuk ke settings kemudian ke applications dan selanjutnya menuju manage applications.

2.   Setelah berada pada halaman manage applications anda dapat menghapus cache. Salah satu contohnya menghapus Maps, klik pada icon maps kemudian akan tampil halaman dan anda klik hapus.

Kekurangan cara manual adalah membutuhkan waktu yang lama akan tetapi anda tidak harus menambahkan aplikasi yang membebani kinerja ponsel anda. Selanjutnya anda dapat menghapus cache dengan menggunakan aplikasi :

A. History Eraser

Anda dapat menghapus fungsi aplikasi dengan sederhana. Dengan langkah berikut ini :

1.   Anda dapat mengunduh history eraser di smartphone anda melalui play store. Kemudian install dan setelah proses selesai maka anda dapat membuka tampilan dari history eraser.

2.   Anda tinggal mencentang clear all apps cache kemudian clean.

Kelebihan menggunakan aplikasi lebih sederhana dan juga dapat membersihkan call log dan juga pada SMS/MMS seperti sent SMS/MMS , Draft hingga Failed SMS/MMS.

B. Super aTool Box-Cache BaterySuper aTool Box-Cache Batery

Anda dapat menggunakan aplikasi  dengan cara mendownload di play store. Berfungsi sama akan tetapi lebih detail dari history eraser. Lakukan langkah berikut :

1.   Anda dapat masuk ke google store atau play store kemudian cari Super aTool Box-Cache Batery.

2.   Setelah Super aTool Box-Cache Batery ditemukan klik dan kemudian install, tunggu hingga proses selesai setelah itu anda dapat membuka halamannya.

3.   Anda dapat melihat data cache yang lengkap sehingga dapat mengikuti perbandingan dalam ukuran yang diberikan. Disarankan untuk menghapus aplikasi yang jarang digunakan dan menghabiskan memory anda.

4.   Selain itu pada aplikasi Super aTool Box-Cache Batery, Anda dapat memilih task killer untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan sehingga dapat menghemat baterai.

Loading...

Loading...