Beraktivitas secara aktif di luar ruangan dengan segudang kegiatan lapangan yang melelahkan seringkali membuat tubuh menghasilkan keringat dalam jumlah yang banyak. Tak masalah selama produksi keringat hanya terletak pada bagian yang mudah dijangkau seperti kening, leher dan bagian lainnya. Bagian ini akan tentu bisa dilap dengan cepat dan membuat keringat menghilang dengan cepat.

Akan tetapi, kebanyakan orang mengeluhkan keringat yang muncul pada bagian bokong dan selangkangan sewaktu melakukan banyak aktivitas. Keringat yang muncul pada bagian ini tak hanya membuat anda dan kita semua menjadi tidak nyaman. Akan tetapi, seringkali keringat yang muncul dibagian tersebut mudah menimbulkan lecet dan ruam.

Baca Juga:

Akibatnya aktivitas menjadi terganggu. Bahkan kegiatan yang seharusnya bisa dilalui dengan senyum dan ceria bisa mungkin berubah menjadi malapetaka karena kita tidak kuat menahan rasa sakit yang luar biasa dari ruam dan lecet yang ditimbulkan. Lantas mengapa bisa bagian bokong dan selangkangan berkeringat? Mari simak informasinya di bawah ini.

mencegah-keringat-pada-bokong-dan-selangkangan.jpg

Mengapa Bokong dan Selangkangan Sering Berkeringat?

Sebelum mengetahui cara mencegah keringat pada bagian selangkangan dan bokong yang mengganggu. Akan lebih baik bila terlebih dahulu kita ketahui kenapa sih bagian tersebut bisa berkeringat dengan sangat mudah?

Dalam tubuh, kulit kita dilengkapi dengan kelenjar keringat yang terbagi ke dalam dua bagian yakni kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin terdapat pada hampir seluruh bagian tubuh kita, termasuk diantaranya adalah bokong. Sementara kelenjar apokrin hanya ada pada bagian tertentu saja, seperti halnya selangkangan dan bagian ketiak.

Keringat akan dihasilkan kelenjar ekrin dalam rangka menstabilkan suhu tubuh. Sementara, kelenjar apokrin lebih cenderung menghasilkan keringat pada saat seseorang mengalami stress atau gangguan emosional seperti halnya ketika anda gugup, takut, cemas dan lain sebagainya. Kondisi ini akan dapat meningkat ketika anda merasa kepanasan, melakukan aktivitas atau bahkan pada saat anda stres.

Kondisi semacam ini akan tentu membuat kita merasa tidak nyaman dan ingin segera mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Nah, di bawah ini mari kita simak cara mencegah bokong dan selangkangan yang seringkali berkeringat.

Mencegah Keringat Pada Selangkangan dan Bokong

Bokong dan bagian selangkangan yang berkeringat sudah pasti akan membuat kita merasa tidak nyaman dengan kondisi yang satu ini. Basah dan lembab pada bagian ini akan bersatu dengan gesekan akibat aktivitas kedua bagian paha sewaktu anda bergerak. Pada kondisi yang lebih buruk hal tersebut bisa saja menimbulkan bau tidak sedap. Apalagi jika dibiarkan begitu saja maka bakteri bisa tumbuh subur dan menyebabkan iritasi berupa ruam dan lecet yang tidak nyaman.

Nah, oleh karenanya penting sekali mencari cara agar kondisi tersebut bisa menghilang dengan segera. Di bawah ini adalah langkah pencegahan terhadap masalah bokong dan selangkangan yang sering berkeringat.

Perhatikan Material Celana

Keringat yang muncul pada bagian bokong dan selangkangan bisa mungkin muncul sebab dari penggunaan celana yang terlalu ketat dan material celana yang tidak tepat. Kondisi semacam inilah yang seringkali tidak disadari banyak orang dan membuat mereka cenderung mengalami bokong dan selangkangan yang berkeringat dengan lebih mudah.

Nah, mulai saat ini untuk mencegah bagian bokong dan selangkangan yang berkeringat sebaiknya perhatikan dengan baik material pada celana yang anda gunakan. Pastikan pula anda tidak sering mengenakan celana yang terlalu ketat seperti bahan dari denim. Pilihlah celana dari bahan katun yang punya kemampuan dalam menyerap keringat dengan baik.

Selain itu, bahan celana dari katun pun lebih mungkin memberikan kesempatan pada kulit untuk bernapas dengan lebih baik. Hindari pula menggunakan celana yang terlalu tebal sebab hal ini akan mungkin membuat anda lebih mudah kegerahan akibatnya keringat akan sulit untuk dihindari.

Hindari Terlalu Lama Duduk

Salah satu penyebab keringat yang muncul pada bagian bokong dan selangkangan bisa terjadi karena aktivitas duduk yang terlalu lama. Biasanya mereka pekerja kantoran yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk dihadapan komputer dan pasif bergerak akan rentan mengalami keringat pada bagian bokong dan selangkangan.

Hal ini dikarenakan duduk dalam waktu yang lama akan membuat kulit sekitaran bokong dan juga selangkangan terhambat aliran udara. Akibatnya anda akan cenderung mudah menciptakan suasana panas yang membuat bagian tersebut menjadi lebih mudah berkeringat.

Oleh karenanya, jika anda adalah seorang pekerja kantoran yang menghabiskan sebagian besar waktu anda dengan duduk maka jangan terus menerus melakukan kebiasaan buruk ini. Ketika ada waktu luang cobalah berdiri dan dapatkan udara segar. Manfaatkan waktu ini untuk berjalan-jalan keliling kantor agar anda tidak mudah jenuh dengan kegiatan yang itu-itu saja.

Keringkan dengan Tisu

Keringat yang muncul pada bagian bokong dan selangkangan akan tentu membuat anda merasa tidak nyaman. Sebab hal ini akan sangat mengganggu aktivitas yang dilakukan. Belum lagi jika dibiarkan maka biasanya lecet dan ruam akan menimbulkan perasaan perih yang menyakitkan. Untuknya maka segera atasi masalah ini dengan cara bergegas ke toilet dan pastikan anda mengeringkannya dengan menggunakan tisue kering yang lembut.

Lap dengan perlahan dengan satu arah yakni dari bagian depan ke bagian belakang. Ganti tisue dengan yang baru dan ingat jangan menggosoknya ke kulit dengan terlalu keras karena mungkin hal ini bisa menyebabkan perasaan sakit yang sulit dihindarkan.

Taburkan Bedak Bayi

Selain menggunakan tisue kering cara lain yang akan dapat anda lakukan untuk mengatasi keringat pada bokong dan selangkangan adalah dengan menaburkan bedak bayi pada bagian tersebut dengan merata. Namun tetap saja, sebelumnya anda perlu mengelapnya terlebih dahulu sampai kering. Baru kemudian aplikasikan bedak secara merata.

Bedak akan membantu menyerap kelembaban kulit sekaligus mengurangi gesekan celana pada bagian kulit. Cara mengaplikasikannya adalah dengan menepuknya pada bagian selangkangan dengan merata dan lakukan dengan perlahan serta hati-hati. Jangan sampai bedak mengenai organ intim anda.

Gunakan Antiperspirant

Apabila bokong dan selangkangan anda seringkali berkeringat secara berkala maka anda bisa mencegah kondisi ini dengan menggunakan antiperspirant. Produk ini punya manfaat untuk menghambat produksi kelenjar keringat sehingga menjadi lebih sedikit. Produk yang satu ini biasanya seringkali digunakan pada bagian ketiak. Namun demikian, anda bisa menggunakannya pada bagian selangkangan juga. Hanya saja, perhatikan penggunaannya dengan hati-hati.

Anda tidak disarankan menggunakan produk ini pada bagian organ intim dan anus. Hal ini dikarenakan produk tersebut bisa saja berisiko membuat kulit sekitaran organ intim menjadi iritasi. Cukup bagian selangkangan dan bokong saja dan ratakan dengan lembut.

Loading...

Loading...