Menelaah Manfaat dan Efek Samping Suntik Vitamin C Untuk Putihkan Kulit

Kulit tubuh yang mulus, kencang, tanpa masalah dan putih seringkali dianggap sebagai standar kecantikan seseorang, terutama dalam hal ini adalah kaum wanita.

Lewat kondisi kulit tubuh yang satu ini seorang wanita akan terlihat lebih cantik dan mempesona. Hal inilah yang pada akhirnya membuat banyak wanita ingin tampil menawan dengan cantik yang mulus dan terlihat lebih putih cerah.

Kondisi kulit yang menawan akan tentu saja mampu meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita. Lewat kulitnya yang seperti ini seorang perempuan tidak akan malu untuk tampil dimuka umum dengan percaya diri. Meski menggunakan baju yang lebih terbuka atau gaun malam yang memperlihatkan beberapa bagian tubuh, mereka akan tentu merasa lebih leluasa tanpa harus dibuat khwatir kekurangan pada bagian kulitnya akan terlihat oleh oranglain.

Alasan kecantikan dan penampilan inilah yang pada akhirnya seringkali dijadikan alasan oleh para wanita untuk dapat terlihat lebih menawan. Tak heran segala cara dan metode pun akan ikut dijalankan. Mulai dari melakukan perawatan mudah dan sederhana dirumah sampai dengan tergoda untuk mengikuti metode perawatan tubuh yang rumit dan menghabiskan banyak biaya di dokter kecantikan.

Nah, dari serangkaian metode perawatan untuk mendapatkan kulit yang putih dan mulus. Salah satu metode yang saat ini banyak dibicarakan adalah metode suntik vitamin C. Metode ini banyak dilakukan oleh para selebritits baik tanah air maupun manca negara. Mereka meyakini lewat metode perawatan ini kulit yang putih cerah bisa lebih cepat didapatkan. Bahkan perubahannya yang drastis pun bisa langsung terlihat.

Selain memberikan manfaat untuk mencerahkan kulit yang kusam dan mengangkat sel-sel kulit mati. Hal ini pun dipercaya memberikan banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh. Namun apakah benar demikian? Apakah suntik vitamin C akan dapat memberikan kulit yang putih? Lalu apa saja manfaat dari vitamin? Adakan efek samping dari metode perawatan tubuh ini? Untuk mendapatkan jawabannya, mari kita simak penjelasan dibawah ini.

manfaat-dan-efek-samping-suntik-vitamin-c.jpg

Apa Itu Suntik Vitamin C?

Suntik vitamin C adalah sebuah metode yang dilakukan dengan menyuntikan sejumlah dosis vitamin C langsung kedalam tubuh melalui pembuluh darah, sehingga dapat langusng tersebar kedalam seluruh bagian tubuh.

Metode injeksi atau suntik ini dipilih sebab dapat memberikan efek yang lebih cepat terhadap kesehatan tubuh, terutama untuk mereka yang menginginkan kulit tubuhnya terlihat lebih putih. Hal ini dikarenakan melalui metode injeksi, vitamin akan lebih mudah diserap oleh tubuh sehingga efeknya bekerja dengan lebih instan.

Selain itu, metode injeksi ini banyak digunakan karena vitamin C dengan dosis yang tinggi tidak mungkin diberikan secra oral atau dikonsumsi lewat mulut baik dimakan atau minum sebab akan dapat menyebabkan gangguan pada bagian lambung.

Pada dasarnya vitamin C memang memiliki banyak manfaat untuk kulit, salah satunya adalah dengan menjaga struktur dan elastisitas kulit yang membentuk kulit agar tetap kenyal dan tehindar dari kerutan. Namun, vitamin C tidak mampu membuat kulit menjadi putih, melainkan hanya membantu kulit menjadi lebih cerah dan mengangkat sel kulit mati akibat kulit yang telah terbakar oleh paparan sinar matahari.

Jadi demikian, suntik vitamin C pada dasarnya tidak dapat diperuntukan untuk mengubah warna kulit seseorang dari hitam ke putih. Namun hanya membantu membuat kulit anda menjadi lebih cerah.

Adapun tujuan utama dari injeksi vitamin C kedalam tubuh sebenarnya dapat membantu memulihkan stamina tubuh yang sering merasa lelah berlebihan. Jadi demikian, fungsi utama dari metode ini lebih difokuskan untuk kesehatan dibandingkan kecantikan. Namun, penggunaan injeksi vitamin C dewasa ini lebih banyak diperuntukan untuk tujuan estetika, yakni membuat kulit tampak lebih putih, kencang dan terbebas dari kerutan.

Dosis dan Prosedur Suntik Vitamin C

Tidak semua orang memiliki kebutuhan vitamin yang sama. Dengan demikian, dosis vitamin C yang diberikan pada setiap orang tidaklah dapat diberikan dengan serentak. Hal ini akan berbeda-beda tergantung pada beberapa hal seperti berat badan dan jenis aktivitas yang dilakukan oleh si orang yang bersangkutan.

Adapun kebutuhan normal akan vitamin C untuk pria dewasa adalah sebanyak 90mg, sementara untuk wanita dewasa hanyalah sekitar 75mg. Sementara untuk wanita hamil sebanyak 85 mg dan untuk wanita menyusui mereka membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 120 mg dalam setiap harinya. Batasan asupan vitamin C maksimal per harinya adalah 2.000 mg.

Hanya saja untuk mereka yang terbiasa mendapatkan injeksi vitamin C secara langsung, biasanya khusus untuk vitamin C, dosis yang biasanya diberikan adalah berkisar antara 500-1000 mg untuk sekali suntik. Normalnya, injeksi vitamin C dilakukan 1 kali dalam satu bulan atau 2 minggu sekali. Setelah dilakukan sebanyak 6-8 kali injeksi perubahan baru dapat terlihat kulitpun umumnya akan berubah menjadi lebih cerah karena sel kulit mati pada tubuh anda dapat terangkat dengan lebih baik.

Untuk anda yang tertarik melakukan metode perawatan kecantikan yang satu ini. Sebaiknya injeksi vitamin C tidak dilakukan sembarangan. Pastikan apabila bahan yang digunakan memang telah terdaftar di badan POM (BPOM).

Selain itu, penggunaan jarum suntik pun sebaiknya diperhatikan sebab alat ini harus benar-benar steril pada saat digunakan. Bukan hanya itu, faktpr lain yang juga penting diperhatikan adalah dosis yang tepat yang disuntikkan kedalam tubuh dan metode ini harulah tepat sasaran.

Untuk itu, sebaiknya gunakan metode ini lewat ahlinya baik dokter atau perawat yang memang sudah ahli dibidangnya. Jangan sesekali melakukan metode ini seorang diri atau meminta bantuan oranglain yang tidak memiliki basic pengetahuan dibidang kedokteran.

Sebab bila tidak tepat, maka vitamin C yang disuntikan kedalam tubuh akan rusak dan dapat menimbulkan efek samping berupa kebiruan yang timbul pada kulit dan lebam.

Suntik Vitamin C Oleh Dokter

Pada saat anda hendak melakukan suntik atau injeksi vitamin C oleh dokter, maka ada beberapa prosedur yang akan dilakukan sebelum hal ini dilakukan, diantaranya adalah:

  • Pemeriksaan riwayat kesehatan dan medis pasien. Orang yang memiliki penyakit berat seperti penyakit ginjal atau masalah kadar gula yang tinggi tidak diperkenankan melakukan metode ini.
  • Pemeriksaan resiko alergi tubuh pasien melalui tes pada kulit. Tujuannya guna mengantisipasi kemungkinan resiko alergi terhadap kandungan yang ada dalam vitamin C, bukan resiko alergi terhadap vitamin C.
  • Untuk lansia yang berusia 60 tahun ke atas, perlu melakukan pemeriksaan fungsi ginjal.

Itulah dia beberapa prosedur pemeriksaan yang akan dilakukan oleh tim medis sebelum melakukan injeksi vitamin C pada pasien.

Adakah Efek Sambil Suntik Vitamin C?

Meskipun memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh, namun penggunaan dosis yang tinggi pada suntik vitamin C kedalam tubuh juga rupanya memberikan efek samping yang cukup membahayakan untuk tubuh anda.

Menghentikan injeksi ini pada tubuh akan dapat menimbulkan sejumlah dampak dan egek samping berupa kulit yang kusam, muncul keriput dini dan daya tahan tubuh melemah. Hal ini dikarenakan kebiasaan anda mendapatkan sejumlah vitamin C dalam dosis yang lebih tinggi membuat tubuh kembali pada kondisi yang seharusnya.

Selain itu, dampak lain yang perlu diwaspadai dari masalah ini adalah dosis yang tidak tepat yang digunakan saat suntik vitamin C akan dapat menimbulkan masalah seperti rasa perih, reaksi alergi, iritasi kulit dan resiko kerusakan hati dan ginjal.

Loading...

Loading...