Mengatasi Gigi Ngilu Saat Minum Air Dingin

Kesehatan mulut yang terjaga dengan baik akan memberikan manfaat yang menyenangkan untuk tubuh.

Selain anda terhindar dari resiko sakit gigi yang akan sangat mengganggu kebersihan mulut dan gigi yang terjaga dengan baik akan membuat nafas terasa segar. Hal inilah yang dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk orang lain.

Hembusan nafas dari mulut yang tercium dengan segar akan membuat oranglain senang berada dekat dengan anda. Hal ini tentu akan membuat anda lebih percaya diri dengan lingkungan dan oranglain yang berbicara dengan anda. Kejadian serupa, tentu tidak terjadi dengan mereka yang kurang mahir dalam merawat kesehatan mulutnya.

Kesehatan mulut yang kurang terawat akan mungkin mengundang kuman dan bakteri lebih mudah bersarang. Kondisi seperti ini selanjutnya akan membuat kuman tersebut bersarang dan membuat gigi terasa sakit pada saat berlubang.

Anda dan kita semua tentu paham betul bagaimana tidak nyamanya gejala sakit gigi yang dirasakan. Makan menjadi terkendala, mengunyah tidak bisa, suara bising akan sangat menjengkelkan dan semuanya menjadi terasa runyam. Untuk itulah, penting sekali menjaga kesehatan gigi sebaik-baiknya.

Terkadang banyak orang yang kurang sigap dalam menjaga kesehatan giginya, sebelum terjadi keluhan pada bagian giginya. Baru pada saat giginya terasa sakit dan ngilu maka kondisi ini akan mungkin membuat mereka kepayahan menahan sakit yang dirasakan.

Kondisi kesehatan gigi yang tidak terjaga dengan baik memang memberikan masalah untuk si penderita. Sebenarnya ada banyak penyebab yang membuat gigi menjadi bermasalah dan menimbulkan sakit yang terlalu. Salah satu pemicunya lebih banyak disebabkan oleh gaya hidup yang dijalankan oleh si penderita itu sendiri.

Banyak orang merasa tidak sadar dengan mengkonsumsi segala jenis makanan sesuka hatinya. Namun seiring dengan melakukan kebiasaan ini, kebersihan gigi diabaikan begitu saja. Yang seharusnya menyikat gigi dilakukan 2 kali dalam sehari dan dilakukan setelah mengkonsumsi makanan lantas diabaikan. Hal inilah yang pada akhirnya membuat sisa makanan yang menempel pada gigi dan tersangkut didalamnya.

Bila hal ini dibiarkan begitu saja tanpa segera dicari solusinya maka partikel dari sisa makanan tersebut akan menumpuk dan berubah menjadi plak pada gigi. Munculnya, plak gigi akan memungkin merusak keindahan gigi dan membuat gigi menjadi mudah berlubang. Kondisi gigi berlubang inilah yang akan mungkin membuat anda mengalami sakit gigi yang menganggu.

Bukan hanya itu, kesehatan gigi yang tidak terjaga dengan baik akan mungkin membuat gigi menjadi lebih rapuh. Kondisi seperti ini akan mungkin membuat anda mudah merasakan ngilu pada gigi. Kondisi seperti ini tentu membuat bagian ini menjadi terasa lebih sensitif. Alhasil, sewaktu anda makan atau minum sesuatu yang terlalu dingin atau terlalu panas maka gigi anda akan merasakan sesuatu yang tidak nyaman.

mengatasi-gigi-ngilu.jpg

Kondisi gigi ngilu yang dialami tentu akan membuat anda tidak nyaman dan membuat makan menjadi terkendala sehingga pada saat anda berada dalam sebuah acara bersama dengan oranglain dan disuguhi dengan beraneka ragam makanan dingin. Maka mungkin anda akan kesulitan berbaur dengan yang lain dan mencicipi aneka ragam makanan yang disuguhkan.

Nah, menghadapi kondisi yang seperti ini tentu akan memberikan masalah yang besar na perasaan tidak nyaman pada kesehatan anda. Untuk itulah, penting sekali mengetahui bagaimana menangani kasus ini dengan lebih baik. Untuk membantu anda mengatasi ngilu pada gigi mari kita kenali lebih dalam apa itu gigi ngilu.

Mengenal Gigi Ngilu

Gigi ngilu atau gigi sensitif merupakan gangguan yang terjadi pada gigi disebabkan oleh beberapa jenis makanan yang dimasukkan kedalam mulut. Seperti misalkan air es, kue dan makanan atau minuman lain yang memicu timbulnya kontraksi setelah mengkonsumsi jenis kedua jenis tersebut.

Pada gigi ngilu atau gigi sensitif, si penderita akan mungkin mengalami rasa nyeri pada gigi yang aktif. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya perasaan yang tidak nyama sewaktu memakan sesuatu. Meskipun kita sudah sering menyikat gigi namun perlu diketahui bahwa masalah gigi sensitif ini tidak dapat disembuhkan dengan menggunakan pasta gigi biasa

Penyebab Gigi Sensitif

Gigi sensitif atau perasaan ngilu yang muncul pada gigi umumnya bisa disebabkan oleh adanya penipisan pada email gigi (lapisan terluar pada igi). Sehingga kondisi ini membuat lapisan tengah pada gigi (dentin) akan menjadi terbuka. Dentin terdiri dari lubang-lubag kecil yang disebut dengan tabula. Perlu diketahui, tabula inilah yang menyambung dengan ujung syaraf yang dipeuhi dengan ciaran.

Apabila dentin terbuka ini terkena dengan rangsangan yang datang dari makanan atau minuman yang panas, asam atau teralu dingin. Maka hal ini akan menyebabkan cairan bergerak. Akhirnya gerakan inilah yang menyebabkan ujung syaraf menjadi aktif dan menimbulkan rasa ngilu pada bagian gigi.

Nah, untuk membantu anda mengatasi ngilu gigi pada saat mengkonsumsi minuman dingin, mari kita simak dibawah ini.

Mengatasi Gigi Ngilu Saat Minum Air Dingin

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan pada saat anda sudah tak tahan dengan perasaan ngilu yang ditimbulkan dari gigi sensitif. Beberapa hal ini bisa anda lakukan dirumah dengan mudah dan sederhana. Seperti apa saja? Simak dibawah ini.

Gunakan Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Saat ini sudah ada banyak jenis pasta gigi yang memang dibuat untuk mengatasi gigi senstif. Jenisnya pun beragam dimana anda akan dapat menentukan salah satunya dengan pilihan anda. Untuk itu, ketika gigi anda ngilu maka cobalah atasi kondisi ini dengan menggunakan pasta gigi khusus yang memang diformulasikan untuk mengatasi keluhan gigi sensitif yang anda alami.

Sikat Gigi dengan Air Hangat

Gigi sensitif umumnya akan menjadi kambuh pada saat ada rangsangan dari air yang terlalu panas, terlalu dingin atau makanan asam. Nah, untuk mengatasi kondisi seperti ini sebaiknya gunakan air yang hangat pada saat anda hendak menyikat gigi guna menghindari gigi sensitif terasa menyakitkan.

Gunakan Sikat Gigi dengan Bulu yang Lembut

Selain pasta gigi, jenis sikat gigi untuk gigi sensitive pun perlu diperhatikan dengan baik. Jangan asal menggunakan sikat gigi dan memilih sesuka hati anda. Untuk mengatasi gigi yang sensitive maka penting sekali untuk anda meilih sikat gigi dengan bulu yang lembut dan kepala sikat yang kecil. Jenis sikat gigi yang seperti ini akan menghindarkan anda dari luka yang mungkin ditinggalkan akibat penggunaan sikat gigi yang terlalu besar.

Perhatikan Asupan Makanan

Dalam hal mengatasi kondisi gigi sensitive yang dialami alangkah baiknya jika anda memperhatikan dengan betul makanan yang anda konsumsi. Selama mengalami gigi sensitive sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula yang terlalu banyak. Selain itu, makanan lain dengan rasa asam dan terlalu dingin pun menjadi pantangan untuk anda para penderita gigi sensitive.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari mengatasi gigi sensitive pada saat minum minuman dingin. Semoga bermanfaat dan dapat dipraktikan dirumah dengan mudah. 

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)