Masalah dan kecelakaan seringkali menjadi hal yang tak terduga.

Meski kita sudah berupaya untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang akan terjadi. Akan tetapi, ketika Tuhan berkehendak lain maka apa mau dikata yang bisa kita lakukan hanyalah berserah dan berpasrah. Selain menyerahkan segalanya kembali pada Sang Maha Kuasa dan berlapang dad serta berharap agar semuanya cepat berlalu, tidak banyak yang bisa kita lakukan. 

Baca Juga:

Ada banyak hal yang membuat masalah bisa terjadi, baik itu di tempat kerja, di luar rumah, di tempat orang lain, di sekolah dan bahkan di rumah sendiri. Ketidak siapan dalam menghadapi beberapa hal yang tidak terduga seringkali membuat seseorang merasa panik dan shock dengan kondisi seperti ini. 

Akan tetapi, wajar tentunya pada saat hal tidak terduga tiba-tiba terjadi kita akan dibuat tidak siap menerima semua itu. Akan tetapi, hendaknya tidak berlarut-larut dalam kesedihan yang mendalam. Sebab bagaimanapun hidup ini terus berlanjut dan kita harus dapat kembali bangkit dan membangun kembali dari serpihan-serpihan kehancuran yang sebelumnya terjadi

Seperti halnya dengan kecelakaan yang menimpa tatkala tersiram dengan air panas. Meski pada saat itu kita sudah benar-benar berhati-hati dalam mengantisipasi segala halnya dengan baik. Akan tetapi, masalah semacam ini bisa terjadi. 

Kondisi kulit yang tersiram dengan air panas tentu akan menimbulkan banyak masalah dan membuat siapa saja yanga mengalaminya dibuat panik menahan rasa menyakitkan ini. Jangankan mereka yang merasakannya, kita saja yang melihatnya akan mungkin shock dan bingung menghadapi kondisi ini.

mengatasi-luka-terkena-air-panas.jpg

Padahal, kondisi panik yang dialami ketika tersiram dengan air panas akan mungkin membuat kondisi ini menjadi lebih runyam. Pada saat panik, tekanan disekitar menjadi lebih tinggi belum lagi perasaan sakit yang dialami akan mungkin membuat anda semakin tidak nyaman dengan hal ini.

Akibatnya, penanganan terhadap kondisi ini seringkali kurang tepat karena mereka memberikan hal apa saja terhadap luka tersiram. Seharusnya, kondisi tersebut diatasi dengan cara yang ini, namun pada saat panik malah memberikan itu. Tentu saja, kondisi ini malah akan membuat luka tersiram air panas menjadi lebih besar dan menakutkan.

Kecelakaan tersiram dengan air panas akan sangat menyakitkan dimana kulit akan terasa perih, merah dan bahkan melepuh seperti luka bakar. Kondisi luka yang ditimbulkan dari tersiram air panas haruslah segera mendapatkan tindakan yang tepat sebab bila tidak akan cukup sulit menghilangkan bekas luka yang akan membekas. Selain itu, keterlambatan penanganan luka ini akan mungkin membuat kondisi ini malah semakin membengkak dan mengeluarkan gelembung air didalamnya.

Bukan hanya itu, akan lebih baik jika luka melepuh yang mirip dengan luka bakar pada luka tersiram air panas untuk tidak dipencet atau berusaha untuk mengeluarkan cairan didalamya. Hal ini dikarenakan kondisi memaksa luka untuk segera sembuh akan membuat bekas luka hitam ditinggalkan. Akibatnya, hal ini malah akan membuat estetika kecantikan kulit anda menjadi berkurang.

Sebaliknya, setelah dilakukan penanganan diamkan luka dan terus konsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter sampai habis. Agar luka cepat sembuh dan meminimalisir bekas luka yang mungkin ditinggalkan.

Akan tetapi, bila pada suatu kondisi anda mendapati orang sekitar anda mengalami luka akibat siraman air panas maka tak perlu khawatir. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi luka tersiram air panas yang tepat dan cepat. Seperti apa saja? Simak dibawah ini.

Mengatasi Luka Tersiram Air Panas dengan Baik dan Cepat

Ada beberapa cara penting yang dapat dilakukan untuk mengatasi luka tersiram air panas yang bisa dipraktikan dirumah dengan mudah. Yang terpenting yang harus dilakukan adalah jangan panik pada saat kondisi ini terjadi dan tenangkan diri anda atau korban yang mengalami kondisi ini. Upayakan untuk segera melakukan beberapa pertolongan ini dengan baik. Apa saja cara mengatasi luka tersiram air panas? Simak dibawah ini.

1. Gunakan Cuka Putih

Untuk kulit yang terkena dengan air panas, maka cobaah untuk mengobati kondisi ini dengan menggunakan cuka putih dimana didalamnya terdapat kandungan asam asetat yang dapat membuat rasa sakit menjadi lebih ringan.

Hal ini dikarenakan senyawa pada cuka puith masih menjadi bagian dari komponen aspirin sehingga dengan menggunakan bahan ini luka perih dan sakit yang ditimbulkan dari kondisi ini akan perlahan diminimalisir.

Selain itu, bila terjadi radang pun jangan merasa khawatir karena terdapat zat antiseptik didalam cuka putih. Sehingga demikian, kondisi ini pun akan dapat membantu memproteksi kulit agar terhindar dari infeksi.

Sensasi panas yang terbakar yang dirasakan pada kulit pun akan dapat ditarik oleh cuka. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan merendam handuk dalam cuka yang encer lalu setelah itu kompres perlahan dengan pada bagian luka dan diamkan sampai menyerap.

2. Gunakan Aloe Vera

Aloe vera akan dapat memberikan efek menenangkan dan sejuk pada bagian kulit. Selain itu, penggunaan bahan ini akan dapat memberikan rasa menenangkan pada perasaan perih yang ditimbulkan dari luka tersiram air panas.
Penggunaan bahan ini akan lebih baik dari menggunakan es batu. Karena aloe vera merupakan jenis tanaman umum yang banyak ditanam dirumah maka bahan ini akan dapat dijadikan sebagai obat paling baik guna menghindari peradangan dan menurunkan resiko pembengkakan.

Adapun cara yang dapat dilakukan adalah dengan memotong lidah buaya dan mengambil bagian tengahnya. Selajutnya oleskan pada bagian luka dengan perlahan.

3. Minyak Kelapa

Untuk mengobati luka akibat siraman air panas silahkan gunakan minyak kelapa pada bagian luka. Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk kulit dimana didalamnya terdapat kandungan antibakteri, anti jamur dan juga asam lemak. Kondisi ini akan membuat kulit terhindari dari infeksi.

Luka pada kulit yang melepuh akan bisa menyakitkan dan mungkin menimbulkan bekas. Untuk mengobati kondisi ini anda bisa memberikan lemon bersama dengan minyak kelapa dan aplikasikan pada bagian luka dengan perlahan.

4. Gunakan Susu

Jangan ragu untuk menggunakan susu sebagai obat untuk mengatasi luka melepuh akibat siraman air panas. Selain manfaatnya yang banyak, susu juga memiliki kandungan tinggi akan lemak dan proteinnya. Dimana bahan ini akan dapat membuat luka menjadi lebih rileks dan bahkan dapat membuat penyembuhan berjalan dengan lebih cepat.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk hal ini adalah dengan merendam bagian yang terluka pada air susu dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Rasakan efek menenangkan dari bahan ini pada kulit anda.

Itulah dia beberapa cara mengatasi luka melepuh akibat siraman air panas. Dengan mengaplikasikan beberapa cara diatas gejala perih dan sakit yang menyakitkan dari hal ini akan dapat diredakan dengan lebih baik. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Loading...

Loading...