Memiliki mulut bersih dengan gigi yang putih tentu menjadi dambaan untuk setiap orang. Betapa tidak, senyum akan dua kali terlihat lebih menawan pada mereka yang mampu menjaga keindahan dan kesehatan gigi serta mulutnya. Sayangnya, menjaga gigi dan mulut tetap sehat tidak bisa dilakukan dengan mudah apalagi dewasa ini gaya hidup seolah semakin membuat gigi yang sehat jauh dari angan-angan.

Ya, perawatan gigi dan mulut yang bersih dan putih memang seyoganya harus dilakukan sejak kecil. Karena seperti sebuah bom waktu, keluhan pada gigi dan mulut yang dibiarkan akan berubah menjadi keluhan yang amat besar dan menyiksa pada gilirannya. Dari sekian banyak keluhan pada gigi, plak menjadi keluhan yang paling umum terjadi.  Terutama mereka yang punya gaya hidup buruk dan mempengaruhi kecantikan giginya secara terus menerus.

Baca Juga:

Kehadiran plak pada gigi seperti noda hitam dan tumpukan karang gigi tentu menjadi mimpi buruk untuk siapa saja. Apalagi mereka yang seringkali berhadapan dengan orang banyak, tentu hal ini akan menurunkan rasa percaya dirinya. Maka dari itu, ada banyak usaha dan upaya untuk mempercantik gigi dan mengembalikan warna putihnya kembali yakni dengan melakukan scaling.

apa-itu-scaling-gigi.jpg

Apa Itu Scaling Gigi?

Plak adalah lapisan tipis berwarna putih atau kuning yang menempel pada gigi. Plak dapat muncul sebab adanya bakteri yang bercampur bersama dengan dengan sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut, terutama ketika makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang mengandung gula dan tepung.

Plak yang dibiarkan begitu saja kemudian tercampur bersama dengan air liur akan memicu terbentuknya karang gigi. Penting diketahui bahwa plak dan karang gigi memiliki jutaan bakteri dan apabila tidak segera di atasi maka hal ini akan dapatmenyebabkan kerusakan gigi atau bahkan hilangnya gigi anda.

Membersihkan plak dan karang gigi akan lebih sulit jika dilakukan dengan sikatan biaya. Sehingga anda akan butuh tindakan atau alat yang khusus yang disebut dengan scaling gigi. Dalam dunia kedokteran scaling gigi diartikan sebagai sebuah prosedur non-operasi yang dilakukan dengan tujuan menghilangkan kedua keluhan tersebut.

Belakangan ini scaling banyak dipilih sebagai metode membersihkan gigi dari ancaman tersebut secara merata. Selain punya manfaat membersihkan gigi, scaling pun punya khasiat seperti halnya:

  • Mengurangi asam dan enzim yang berlebihan yang diproduksi oleh bakteri di dalam mulut yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan gigi.
  • Mencegah timbulnya penyakit periodontitis
  • Memelihara kesehatan gigi dan tulang gigi
  • Mengurangi risiko adanya pendarahan atau pembengkakan pada jaringan akibat dari respon kekebalan tubuh terhadap bakteri pada bagian plak.

Pasien yang Membutuhkan Tindakan Scaling Gigi

Karang gigi dan plak pada umumnya dapat menyerang siapa saja tak peduli usia. Dari anak-anak sampai orang dewasa mereka punya risiko yang sama terserang dengan plak dan karang gigi. Kemunculan plak biasanya tidak disadari, apalagi di bagian gigi yang tidak terlihat. Belum lagi, kemunculan plak gigi memang terjadi secara perlahan dan tidak menimbulkan gejala yang terlalu berarti.

Untuk itulah, demi mencegah permasalahan gigi dan kerusakan gigi akibat plak maka sebaiknya pasien amat disarankan melakukan pemeriksaan gigi dan mulut minimal setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi. Pemeriksaan rutinan ini akan membuat setiap keluhan pada gigi dan mulut bisa diketahui lebih dini sehingga tindakan yang lebih cepat pun bisa segera diberikan.

Sementara itu, ada beberapa orang yang rentan terhadap pembentukan plak dan karang gigi sehingga metode scaling akan sangat mereka butuhkan. Pasien yang membutuhkan perawatan scaling diantaranya adalah:

  • Para perokok aktif
  • Mereka yang senang mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Pencinta makanan dengan kadar tepung tinggi, permen, coklat dan bahkan pecinta kue.
  • Mereka yang jarang membersihkan giginya secara rutin.
  • Mereka yang senang konsumsi kafein dalam jumlah besar dan senang minuman bersoda.

Di atas adalah beberapa pasien dengan kondisi yang rentan menumbuhkan plak dan karang gigi sehingga metode scaling akan sangat dibutuhkan. Selain itu, pasien dengan periodontiisis yang kronis pun akan butuh tindakan tersebut untuk menghindari kondisi lebih buruk dari keluhan yang mereka alami.

Prosedur Sebelum Scaling Gigi

Sebelum memulai tindakan scaling biasanya ada beberapa prosedur yang dilakukan untuk menentukan apakah pasien siap menerima tindakan ini atau tidak berdasarkan dengan kondisi kesehatan yang mereka alami. Untuknya, prosedur dibawah ini biasanya dilakukan.

Pemeriksaan Riwayat Kesehatan

Pemeriksaan ini adalah tindakan pertama yang dilakukan sebelum anda akan dihadapkan pada tindakan scaling. Dokter akan menanyakan anda mengenai riwayat kesehatan pasien, termasuk bila andanya riwayat alergi atau riwayat penyakit yang pernah atau saat ini dimiliki. Tindakan ini dilakukan guna mencegah berbagai macam risiko yang bisa terjadi setelah scaling atau pada saat tindakan diberikan.

Pemeriksaan Kondisi Gigi dan Mulut

Tindakan lain yang mungkin dilakukan sebelum memulai scaling gigi adalah pemeriksaan kondisi kesehatan gigi dan mulut untuk memastikan seberapa parah kondisi plak dan karang gigi yang muncul. Pemeriksaan ini dilakukan dengan memasukkan cermin kecil khusus untuk mengidentifikasi lokasi plak dan tartar yang ada pada gigi anda.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Scaling Gigi

Biasanya setelah selesai dilakukan tindakan scaling dokter akan memperbolehkan anda pulang. Namun perasaan tidak nyaman yang anda rasakan akibat obat bius mungkin masih belum menghilang secara keseluruhan. Untuk menjaga hal-hal buruk terjadi biasanya dokter akan melarang anda makan dan minum minimal 30 sampai dengan 60 menit setelah menjalani scaling gigi.

Selain itu, obat untuk mengurangi perasaan nyeri dan mempercepat proses penyembuhan setelah scaling akan diberikan. Informasi tentang jadwal pemeriksaan gusi dan mulut pun akan mulai dijadwalkan oleh dokter dalam rangka memonitor kondisi anda agar pulih sepenuhnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pasien yang baru saja melakukan scaling gigi. Hal tersebut diantaranya adalah:

  • Menggosok gigi setidaknya dua kali dalam satu hari dengan pasta gigi yang punya kandungan fluoride dan triclosan. Bahan fluoride dapat membantu memperbaiki bagian email gigi yang rusak sementara triclosan bekerja memerangi bakteri yang ada pada plak gigi.
  • Gunakan dental floss untuk membersihkan plak yang terletak diantara gigi. Penanganan siaga ini akan mencegah timbulnya karang gigi pada  bagian yang sulit dijangkau.
  • Mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan gula dan tepung yang tinggi.
  • Berkonsultasi secara rutin ke dokter gigi untuk memastikan tidak ada keluhan atau bahaya serius setelah anda melakukan tindakan scaling.
Loading...

Loading...