Selama ini anda mungkin sering mendengar kata vegetarian dan vegetarian. Apalagi dalam dunia kebugaran dan diet istilah ini seringkali dilibatkan dan digadang-gadang merupakan pola diet yang sehat. Lantas apa sih itu vegetarian? Apa manfaatnya untuk tubuh dan seperti apa pengaruhnya? Nah, untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak di bawah ini.

Apa Itu Vegetarian?

Vegetarian adalah sebutan yang ditujukan pada mereka yang hanya mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari mahluk hidup seperti daging dan unggas. Meskipun para vegetarian hanya begitu menghindari daging hewani untuk dikonsumsi, akan tetapi beberapa orang masih mengkonsumsi makanan dari olahan tersebut seperti telur dan susu.

Baca Juga:

Bahkan beberapa diantara mereka ada yang masih mengkonsumsi ikan. Namun demikian, karena beberapa alasan adapula pelaku vegetarian yang tidak sama sekali mengkonsumsi bahan makanan tersebut selain dari tumbuh-tumbuhan saja.  Namun demikian, sebenarnya makanan para begetarian sendiri masih dibagi menjadi beberapa jenis. Sehingga hal ini membuat pantangannya pun berbeda-beda.

Di bawah ini mari kita kenali jenis-jenis vegetarian yang ada di dunia.

vegetarian.jpg

Jenis-Jenis Vegetarian

Bagi orang awam kita mungkin hanya tahu bahwa para pelaku vegetarian adalah mereka yang hanya mengkonsumsi makanan seperti sayuran, biji-bijian, buah-buahan, jamur dan makanan dari tumbuhan saja. Namun ternyata, jenis vegetarian sendiri punya variasi yang cukup banyak dimana hal ini membuat pantangan para vegetarian sendiri ada begitu banyak. Apa saja, jenis vegetarian yang bisa ditemukan? Mari simak di bawah ini.

Lacto-Ovo Vegetarian

Jenis vegetarian pertama yang bisa dijumpai adalah mereka yang mempraktikan pola makan vegetarian yakni dengan menghindari makan daging hewan. Namun untuk beberapa produk dairy (produk susu) dan telur. Sementara itu, dalam bahasa latin lacto berarti susu dan ovo berarti telur. Jadi demikian lacto-ovo vegetarian adalah mereka yang masih makan keju, es krim, yogurt dan mentega.

Lacto Vegetarian

Untuk jenis vegetarian yang satu ini adalah mereka yang tidak makan daging dan telur sama sekali. Namun untuk konsumsi produk susu masih menikmati. Anda yang mungkin pernah mendapati sahabat atau teman anda yang mengaku vegetarian namun masih mengkonsumsi produk susu maka jangan heran ia adalah pelaku vegetarian lacto.

Ovo Vegetarian

Vegetarian yang satu ini adalah mereka yang tidak mengkonsumsi produk daging dan produk susu. Akan tetapi untuk telur mereka masih mengkonsumsinya.

Vegan

Vegan adalah pelaku pola makan vegetarian yang benar-benar tidak mengkonsumsi semua produk daging hewan. Termasuk diantaranya adalah madu, gelatin dan sarang burung walet. Anda yang pernah menjumpai seseorang yang menolak saat ditawari konsumsi madu dan dibarengi dengan pola makan hanya hanya menyantap sayuran mungkin teman anda adalah seolah pelaku vegan.

Apakah Menjadi Seorang Vegetarian Menjadi Lebih Sehat?

Vegetarian adalah pola makan yang dapat mendatangkan banyak manfaat terhadap kesehatan di dalam tubuh. Akan tetapi, untuk menjawab apakah pola makan vegetarian lebih sehat dari pola makan biasa, tentu dibutuhkan banyak faktor pertimbangan penting untuk semua ini. Diantaranya adalah pilihan sumber makanan.

Selama anda tetap mampu memenuhi semua kebutuhan zat gizi di dalam tubuh dengan seimbang, maka menurut sejumlah penelitian membuktikan bahwa seorang vegetarian punya peluang menjadi pola makan yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang tidak mempraktikan pola makan tersebut.

Adapun secara umum beberapa manfaat menjadi seorang vegetarian diantaranya adalah:

  • Peningkatan kesehatan secara keseluruhan.
  • Berat badan yang lebih terkendali, hal ini dikarenakan umumnya makanan yang dikonsumsi para vegetarian tidak mengandung lemak dan kalori sebanyak pada pola makan biasa. Itulah mengapa secara berat badan mereka lebih ideal dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi aneka jenis makanan.
  • Penurunan risiko penyakit kanker seperti kanker usus besar, diabetes tipe 2 dan tekanana darah tinggi. Hal ini lagi-lagi dikaitkan dengan jenis makanan yang lebih sehat yang dikonsumsi oleh para pelaku vegetarian.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Para Vegetarian

Meskipun secara umum pola makan vegetarian adalah pilihan yang lebih bijak untuk kesehatan karena jenis makanan yang dikonsumsinya tidaklah terlalu ‘macam-macam’. Akan tetapi, anda pun perlu memperhatikan beberapa konsekuensi dari tidak mengkonsumsi makanan hewani untuk kesehatan. Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh mereka para pelaku vegetarian.

Kurangnya Asupan Zat Besi

Salah satu kekurangan yang mungkin rentan dialami oleh para vegetarian adalah kekurangan beragam zat besi penting yang memang biasanya ditemukan dalam daging. Meskipun asupan zat besi bisa ditemukan dalam sayuran dan biji-bijian akan tetapi jumlahnya tidak sebanyak yang ada pada daging.

Maka dari itu, hal ini penting menjadi perhatian pada saat seorang vegetarian menjalani pola makannya. Perhatikan dengan baik dan pastikan anda senantiasa mengasup kebutuhan zat besi dalam tubuh dengan konsumsi makanan atau sayuran yang kaya akan kandungan zat besi.

Terbatasnya Sumber Makanan

Karena tidak mengkonsumsi makanan dari olahan daging sementara dalam kehidupan sehari-hari jenis makanan ini banyak dilibatkan. Mungkin membuat para vegetarian harus memutar otak dalam menghadapi terbatasnya sumber makanan untuk mereka. Selain itu, para vegetarian yang hanya mengkonsumsi makanan itu-itu saja mungkin dibuat bosan dengan sajian yang sama setiap harinya.

Nah, oleh karenanya hal ini penting menjadi perhatian agar anda mampu memperhatikan variasi makanan yang anda buat di rumah. Namun sebenarnya belakangan ini para vegetarian sudah tidak lagi mendapatkan diskriminasi karena saat ini ada banyak restoran dan kafe yang menyediakan menu untuk para vegetarian.

Penuhi Kebutuhan Gizi dengan Suplemen

Kebanyakan para vegetarian seringkali didiagnosis menderita kekurangan zat besi, kalsium, vitamin B12, vitamin D dan asam lemak omega-3 sebab konsumsi makanan yang mereka asup ke dalam tubuhnya. Nah, untuk menghindari masalah semacam ini terjadi pada anda. Anda bisa mengasup kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi dari sayuran dengan asupan suplemen ke dalam tubuh.

Suplemen ini banyak dijual di pasaran dengan variasi. Atau anda bisa meminta saran dari dokter untuk mendapatkan resep suplemen yang sesuai dan aman untuk kondisi yang anda alami. Pastikan suplemen ini dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak terlengkapi oleh sayuran dan makanan vegetarian anda.

Langkah Awal Menjadi Seorang Vegetarian

Bagi anda yang tertarik menjadi seorang vegetarian tentu hal ini tidak akan bisa dilakukan dengan cepat. Jadi jangan harap anda akan bisa merubah pola makan anda hanya dalam hitungan singkat. Apalagi seumur hidup ini, kita telah diperkenalkan dengan pola makan apa saja. Maka dari itu, tubuh anda pun akan butuh adaptasi selama beberapa saat.

Jangan heran bila selama anda mempraktikan pola makan vegetarian tubuh anda merasakan beberapa keluhan seperti lemas, pusing atau mungkin pikiran yang tidak fokus. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan dari beberapa nutrisi mungkin membuat tubuh anda belum terbiasa.

Nah, adapun langkah awal menjadi seorang vegetarian diantaranya adalah:

Ketahui Terlebih Dahulu Tipe-Tipe Vegetarian

Hal penting pertama yang bisa anda lakukan untuk menjadi seorang vegetarian adalah dengan mengenali terlebih dahulu tipe-tipe vegetarian yang ada. Tentukan tipe vegetarian mana yang akan anda ikuti. Di atas sudah dijelaskan satu per satu mengenai aneka tipe jenis vegetarian yang ada.

Yang mana hal ini akanb tergantung dari jenis makanan yang anda konsumsi ke dalam tubuh sampai dengan apa saja pantangan yang perlu diperhatikan dalam asupan ke dalam tubuh. Penting pula untuk anda senantiasa memperhatikan asupan gizi seimbang ke dalam tubuh agar tubuh anda mampu menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Jangan kaget dengan perubahan yang terjadi dengan tubuh anda ketika anda mencoba mempraktikan menjadi seorang vegetarian untuk pertama kali.

Hal ini terjadi sebab tubuh anda sedang beradaptasi dengan kondisi yang baru dimana sistem pencernaan anda hanya mencerna serat dan nutrisi dari sayuran dan buah-buahan tanpa adanya asupan dari makanan bersumber daging. Namun tak perlu khawatir seiring berjalannya waktu tubuh anda akan terbiasa dengan kondisi yang satu ini.

Mencari Alternatif Makanan

Karena seorang vegetarian punya batasan makanan tertentu yang mana sebagian besar yang mereka hindari adalah makanan bersumber daging hewan. Maka mungkin di awal-awal langkah adaptasi menjadi seorang vegetarian akan sulit untuk anda lakukan.

Kebosanan menjumpai makanan yang itu-itu saja akan mungkin membuat anda jenuh dan butuh sesuatu yang baru. Namun jangan hancurkan pola diet anda hanya karena merasa jenuh menyantap makanan yang itu-itu saja.

Anda perlu mencari alternatif makanan yang mungkin mirip dengan makanan favorit anda sebelumnya. Misalkan dengan mengganti protein hewani dengan protein nabati. Anda bisa mengganti konsumsi daging dengan tempe, tahu dan masih banyak lagi.

Selain itu, saat ini sebenarnya para vegetarian tak perlu merasa khawatir sebab ada banyak makanan olahan ketika berkunjung ke restoran yang memang dibuat khusus untuk para vegetarian.

Makanan dari bahan sayuran dan buah disulap menjadi hidangan yang mungkin anda pun tidak akan menyangka jika hidangan tersebut adalah makanan yang bisa disantap para vegetarian. Dengan variasi menu yang kreatif semacam ini dijamin anda akan bisa menikmati makanan favorit anda namun dari bahan sumber yang masih bisa anda nikmati. Adapun beberapa alternatif yang bisa anda lakukan untuk mensiasati aneka hidangan makanan diantaranya adalah:

  • Daging merah, ikan atau unggas bisa anda ganti dengan konsumsi tempe, seitan (daging tiruan), jamur atau mungkin nangka.
  • Kaldu sapi yang biasa anda gunakan bisa diganti dengan kaldu jamur atau mungkin kaldu dari sayuran.
  • Susu sapi yang biasa anda ganti dengan susu almond atau susu kedelai.
  • Keju yang biasa dikonsumsi diganti dengan kacang mete, jamur ragi atau kedelai.

Mencermati makanan alternative untuk para pelaku vegetarian menjadi hal penting yang harus senantiasa diperhatikan dengan baik agar demikian kegiatan menyantap makanan tetap semenyenangkan saat anda belum beralih ke pola diet yang satu ini.

Cermati Label Kemasan Makanan

Hal lain yang juga menjadi faktor penentu keberhasilan menjadi seorang vegetarian adalah dengan memperhatikan label yang ada pada kemasan makanan. Hal ini dikarenakan bahan pangan nabati tak hanya tersedia dalam bentuk daging, telur ataupun susu. Anda pun perlu mencermati bahan lain yang ada dalam kemasan makanan. Cara ini akan penting dilakukan sehingga anda tidak terjebak mengkonsumsi makanan yang ternyata dibuat dari olahan hewani.

Beberapa label pada makanan dalam kemasan penting untuk anda perhatikan dengan baik. Terkecuali bila anda adalah seorang lacto vegetarian. Beberapa makanan yang perlu anda hindari diantaranya adalah:

  • Madu yang terdapat dalam makanan dan produk jadi seperti teh dan produk kecantikan lainnya.
  • Gelatin. Bahan ini biasanya terdapat pada permen dengan tekstur kenyal dan marshmallow. Perhatikan dengan baik konsumsi terhadap makanan yang satu ini.
  • Whey dan kasein yang ada pada keju, permen, krimer kopi dan juga pada roti.
  • L-sistein yang terdapat pada kue maupun roti.

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Menerapkan pola makan vegetarian memang bermanfaat salah satu manfaat yang bisa dirasakan adalah untuk kesehatan jantung serta menurunkan risiko kanker juga diabetes yang berbahaya bagi kesehatan. Akan tetapi, disamping itu pun anda berisiko mengalami kekurangan vitamin B12, zat besi dan asam lemak omega-3. Hal ini terjadi sebab anda tidak cukup mendapatkan nutrisi dari sayuran dan buah-buahan. Karena sebagian besar nutrisi tersebut terdapat dalam makanan dari daging hewani.

Namun demikian, bukan berarti menjadi seorang vegetarian itu adalah hal yang buruk. Anda dapat mensiasati hal ini dengan memperhatikan jika asupan nutrisi dalam tubuh anda tetap terjaga dengan seimbang. Adapun cara memperhatikan asupan gizi seimbang ke dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin yang ada di apotek dan toko obat.

ATau bila perlu anda bisa mendapatkan saran dokter tentang seberapa besar dosis suplemen nutrisi yang harus anda dapatkan untuk menjaga asupan gizi seimbang ke dalam tubuh. Dokter akan tentu memutuskan dosis ini tergantung dari kondisi yang anda alami saat ini.

Buat Makanan Sendiri

Salah satu kendala yang seringkali dihadapi para pelaku vegetarian adalah sulitnya menemukan makanan yang tidak mengandung bahan dari produk daging hewani. Hal inilah yang seringkali menjadi tantangan yang besar untuk menggapai kesuksesan menjadi seorang vegan. Bila terus menerus memberikan excuse pada diri sendiri karena sulitnya menemukan makanan tanpa campuran pangan daging hewani maka mungkin untuk menjadi seorang vegetarian yang sukses hanya akan menjadi angan-angan.

Nah, alih-alih tergantung dengan makanan yang ada di lingkungan anda akan lebih baik bila kita ciptakan sendiri makanan untuk dikonsumsi. Makanan buatan sendiri akan tentu menjadi panganan yang lebih sehat untuk dinikmati. Karena anda tentu sangat memperhatikan seperti apa bahan-bahan yang disertakan. Dan anda pun tahu betul seberapa besar takaran yang anda butuhkan untuk porsi makan anda.

Makanan yang dibuat tak perlu mewah atau sulit diracik. Anda cukup membuat hidangan makanan sederhana yang akan nikmat anda konsumsi. Misalkan membuat burger dari tempe, steak dari jamur dan masih banyak lagi. Sajian nikmat ini akan bisa anda nikmati untuk menemani waktu makan anda.

Loading...

Loading...